Bentuk-bentuk Penanaman Nilai Pendidikan Karakter untuk Siswa di Indonesia

Elisa Nanda Syafitri, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Pendidikan karakter sangat penting bagi para siswa dikarenakan dengan adanya Pendidikan karakter, siswa dapat mengetahui 1. Bagaimana cara memiliki sikap yang baik, 2. Taat pada aturan, dan 3. Mampu menjadi pribadi yang baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka, dimana menggunakan data sekunder yang berasal dari artikel jurnal nasional yang sesuai dengan topik. Hasil penelitian ini memberitahu bagaimana pentingnya sebuah Pendidikan karakter untuk siswa.

Kata kunci— Pendidikan, karakter, siswa

 

 

Abstract— Character education is very important for students because with character education, students can know1. How to have a good attitude, 2. Obey the rules, and 3. Be able to be a good person. This research is a type of literature study, which uses secondary data from national journal articles that are appropriate to the topic. The results of this study tell how important character education is for students.

Keywords— Education, character, students


Keywords


Education, character, students

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69-74.DOI: https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249-5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fiana, F. J., Daharnis, D., & Ridha, M. (2013). Disiplin siswa di sekolah dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 2(3).DOI: https://doi.org/10.24036/02013231733-0-00

Hasanudin,C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan Microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding /article/view/1054

Hasanudin, C., Supriyanto, R.T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=pengertian+studi+pustaka&ots=XvIjl-X7mr&sig=rC0h7J2cMefQdCjggQjFSVTXqkg&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20studi%20pustaka&f=false

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan fisika AL-Biruni, 3(2), 24-40. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i2.71

Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan fisika AL-Biruni, 3(2), 24-40. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i2.71

Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Mentari, K. S. (2020). Sinergitas Kepala Sekolah dengan Komite dalam Membangun Karakter Siswa di SD Negeri 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education, 4(1), 1-8. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/24320/14709.

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di smp katolik Santa Rosa siau Timur kabupaten sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. DOI:10.36412/ce.v2i2.772

Pantu, A., & Luneto, B. (2014). Pendidikan Karakter dan Bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153-170.

Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini. DOI: 10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Pratiwi, N. K. S. P. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-90. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825

Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 779-790. DOI: 10.30863/ekspose.v18i1.368

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta. Retrieved from: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dra.%20Yuli%20Sectio%20Rini,%20M.Hum./PENDIDIKAN%20HAKEKAT,%20TUJUAN,%20DAN%20PROSES%20Makalah.pdf

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17-27. DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suradi, S. (2017). Pembentukan karakter siswa melalui penerapan disiplin tata tertib sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 522-533. 10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling Dialectical Behavior Therapy. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 11, 53-59. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/31687

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iIV8zwHnGo0C&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+studi+pustaka+menurut+mestika+zed&ots=nfkh6T2aXl&sig=1CcBrg7blUVlbgpDcdWoBtR5yAQ&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20studi%20pustaka%20menurut%20mestika%20zed&f=false


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.