Bentuk-bentuk Penanaman Nilai Pendidikan Karakter untuk Siswa di Indonesia
Abstract
Abstrak— Pendidikan karakter sangat penting bagi para siswa dikarenakan dengan adanya Pendidikan karakter, siswa dapat mengetahui 1. Bagaimana cara memiliki sikap yang baik, 2. Taat pada aturan, dan 3. Mampu menjadi pribadi yang baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka, dimana menggunakan data sekunder yang berasal dari artikel jurnal nasional yang sesuai dengan topik. Hasil penelitian ini memberitahu bagaimana pentingnya sebuah Pendidikan karakter untuk siswa.
Kata kunci— Pendidikan, karakter, siswa
Abstract— Character education is very important for students because with character education, students can know1. How to have a good attitude, 2. Obey the rules, and 3. Be able to be a good person. This research is a type of literature study, which uses secondary data from national journal articles that are appropriate to the topic. The results of this study tell how important character education is for students.
Keywords— Education, character, students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69-74.DOI: https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249-5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Fiana, F. J., Daharnis, D., & Ridha, M. (2013). Disiplin siswa di sekolah dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 2(3).DOI: https://doi.org/10.24036/02013231733-0-00
Hasanudin,C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan Microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding /article/view/1054
Hasanudin, C., Supriyanto, R.T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=pengertian+studi+pustaka&ots=XvIjl-X7mr&sig=rC0h7J2cMefQdCjggQjFSVTXqkg&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20studi%20pustaka&f=false
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.
Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan fisika AL-Biruni, 3(2), 24-40. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i2.71
Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan fisika AL-Biruni, 3(2), 24-40. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i2.71
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Mentari, K. S. (2020). Sinergitas Kepala Sekolah dengan Komite dalam Membangun Karakter Siswa di SD Negeri 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education, 4(1), 1-8. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/24320/14709.
Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di smp katolik Santa Rosa siau Timur kabupaten sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. DOI:10.36412/ce.v2i2.772
Pantu, A., & Luneto, B. (2014). Pendidikan Karakter dan Bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153-170.
Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini. DOI: 10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Pratiwi, N. K. S. P. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-90. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825
Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 779-790. DOI: 10.30863/ekspose.v18i1.368
Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta. Retrieved from: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dra.%20Yuli%20Sectio%20Rini,%20M.Hum./PENDIDIKAN%20HAKEKAT,%20TUJUAN,%20DAN%20PROSES%20Makalah.pdf
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17-27. DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10
Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suradi, S. (2017). Pembentukan karakter siswa melalui penerapan disiplin tata tertib sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 522-533. 10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling Dialectical Behavior Therapy. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 11, 53-59. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/31687
Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29
Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iIV8zwHnGo0C&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+studi+pustaka+menurut+mestika+zed&ots=nfkh6T2aXl&sig=1CcBrg7blUVlbgpDcdWoBtR5yAQ&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20studi%20pustaka%20menurut%20mestika%20zed&f=false
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.