Mengembangkan Nilai-nilai Pendidikan melalui Kreativitas

Miftah Amala Sari, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pendidikan merupakan kegiatan belajar-mengajar untuk perkembangan individu maupun social seseorang, yang berguna bagi bangsa karena dapat mengurangi angka kebodohan dan angka kemiskinan dinegara kita. Kreativitas adalah suatu kemampuan seseorang  menumbuhkan inovasi yang baru, kreativitas penting untuk pendidikan karena dengan adanya kreativitas dalam diri anak-anak yang  dapat menciptakan suatu karya sehingga dapat berguna untuk perkembangan anak teersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah literature rivew dengan pengumpulan beberapa data sesuai topic pembahasan. Penelitian ini membahas bagaimana caranya mengembangkan pendidikan melalui kreativitas anak yang akan berguna untuk pengkatan pendidikan dan kualitas anak.

Kata kunci—Nilai-nilai Pendidikan, Kreativitas

 

 

Abstract— Education is a teaching and learning activity for the individual and social development of a person, which is useful for the nation because it can reduce the number of ignorance and poverty in our country. Creativity is a person's ability to foster new innovations, creativity is important for education because with creativity in children who can create works that can be useful for the development of these children. The research method used is literature review by collecting some data according to the topic of discussion. This research discusses how to develop education through children's creativity which will be useful for improving children's education and quality.

Keywords— Educational Values, Creativity


Keywords


Educational Values, Creativity

Full Text:

PDF

References


Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.395

Ahmadi, (1992). Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Cet. I; Yokyakarta: Aditya Media. Retrived from http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/58/

Ali, M. (2016). Membedah tujuan pendidikan muhammadiyah. Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(01), 43-56. Retrived from https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/download/2099/1489.

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan kemampuan kreativitas dalam pembelajaran IPS. Jurnal pendidikan ekonomi UM Metro, 3(1), 61-72. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.143.

Dewi, R. P. (2019). Studi Kasus-Metode Penelitian Kualitatif. Retrived from https://osf.io/preprints/inarxiv/f8vwb/download.

Elihami, E., & Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 51-60. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i2.25.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200. Retrived from https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/84.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). DOI: http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103.

Haylock, Derek. 1997. Recognising Mathematical Creativity in Schoolchildren. ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Download 6 Agustus 2002. Retrived from http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm.

Kosasih, A. (2015). Konsep Pendidikan Nilai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. Retrived from https://www.academia.edu/download/36112726/Konsep_Pend._Nilai.pdf.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2). Retrived from https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/3250/2264.

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. DOI: https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Retrived from http://a-research.upi.edu/operator/upload/s_pkn_032713_chapter3.pdf

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Sauri, H. S. (2019). Pengertian Nilai. Diakses Melalui file. upi. edu, Retrived from http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/195604201983011-SOFYAN_SAURI/makalah2/NILAI.pdf.

Siswono, T. Y. E., & Novitasari, W. (2007). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah tipe” What’s Another Way”. Jurnal Trasformasi, 1(1), 1-13. Retrived from https://www.academia.edu/download/31599022/Paper07_jurnalpgriyogja.pdf.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sumantri, E. (2003). Resume Perkuliahan Filsafat Nilai dan Moral. Bandung: Pascasarjana UPI.

Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 212-220. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559.

Torrance, E. P. (1984). Torrance Tests of Creative Thinking. Bensenville, IL: Scholastic Testing Service

Widyaningrum, H. K., & Rahmanumeta, F. M. R. (2016, May). Pentingnya strategi pembelajaran inovatif dalam menghadapi kreativitas siswa di masa depan. In Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education) (pp. 268-277). Retrived from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PIS-FoE/article/view/98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.