Melestarikan Sastra sebagai Perkembangan Karakter Bangsa di Era Generasi Z

Widiya Ningsih, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Melestarikan sastra di era generasi Z sangat penting, hal itu juga harus diimbangi dengan pengembangan karakter agar nantinya tetap tertanam dalam diri mereka tentang perkembangan karakter bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library Research) dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku referensi dan artikel-artikel jurnal ilmiah. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pemanfaatan secara terbuka peran karya sastra sebagai penghubung pendidikan karakter dilaksanakan ada 2 langkah meliputi: pemilihan bahan ajar, dan pengelolaan proses pembelajaran.

Kata kunci— Sastra, Generasi Z, Pendidikan Karakter

 

Abstract— Preserving literature in the era of generation Z is very important; this must also be balanced with character development so that later it will remain ingrained in them about the development of national character. This is library research using data sources in the form of reference books and scientific journal articles. The results of the study explain that openly utilizing literary works as a link for character education is carried out in two steps, including selecting teaching materials and managing the learning process.

Keywords— Literature, Generation Z, Character Education


Keywords


Literature, Generation Z, Character Education

Full Text:

PDF

References


Asriati, N. (2012). Mengembangkan karakter peserta didik berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2), 106-119. Doi http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v3i2.3663.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun karakter bangsa melalui pendidikan berbasis multikultural di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221-230.

Budianta, M (2002) Membaca sastra: pengantar memahami sastra untuk perguruan tinggi. Yogyakarta. IndonesiaTera.

Dharmawan, N. S. (2014). Implementasi pendidikan karakter bangsa pada mahasiswa di perguruan tinggi. Makalah dipresentasikan pada Pembinaan Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII, Universitas Udayana Denpasar, 28(2), 1-13. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/451.

Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). Doi https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1179.

Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 80-94. Retrived from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/442.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23-25. Retrived from http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf.

Ghufron, A. (2010). Integrasi nilai-nilai karakter bangsa pada kegiatan pembelajaran. Cakrawala pendidikan, 1(3), 13-24. Retrived from https://www.neliti.com/publications/81961/integrasi-nilai-nilai-karakter-bangsa-pada-kegiatan-pembelajaran.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrived from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. Doi https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.

Hendayani, M. (2019). Problematika pengembangan karakter peserta didik di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. Doi https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368.

Ismawati (2010). Pengantar ilmu sastra. Medan. USU Press.

Kanzunnudin, M. (2012, June). Peran sastra dalam pendidikan karakter. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Pendidikan untuk Kejayaan Bangsa (pp. 195-204). Retrived from https://eprints.umk.ac.id/384/7/PERAN%20SASTRA.pdf.

Ma’rifah, I. (2020). Peran sastra dalam membangun karakter bangsa (Perspektif Pendidikan Islam). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(2), 172-188. Retrived from https://online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/11343.

Mahardika, A. (2017). Penanaman karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 16-27. Doi http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4264.

Marta, R. A. (2015). Peran sastra dalam pembentukan pendidikan karakter anak bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(3), 63-73. Retrived from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/61/0.

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80-86. Doi https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277.

Naway, F. A. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nurhayati, N. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Retrived from http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3723.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464-468. Retrived from https://www.neliti.com/publications/270930/pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-dunia-pendidikan.

Prayitno, E. H., Karomah, N. G., & Badriyah, B. (2021). Media sosial broadcast sebagai multimedia terintegrasi industri kreatif bagi digital native generasi z. Jurnal lentera bisnis, 10(1), 25-35. Doi http://dx.doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.403.

Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha. Doi https://doi.org/10.31227/osf.io/4m7kz.

Putra, F. A. D. (2019). Karakteristik generasi z di Yogyakarta tahun 2019. Jurnal Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Retrived from https://repository.usd.ac.id/36688/2/151324021_full.pdf.

Putri, A. D. (2021). Maksimalisasi media sosial untuk meningkatkan pendapatan dan pengembangan diri generasi z di MAN 1 Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 37-42. Doi https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1180.

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 17(2), 59-66. Retrived from https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/view/145.

Sakitri, G. (2021). Selamat datang gen z, sang penggerak inovasi!. In Forum Manajemen, 35(2), 1-10. Retrived from https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/FM/article/view/596.

Samsiyah, N. (2019). Internalisasi literasi sastra berbasis kearifan lokal untuk menanamkan karakter siswa sd. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V, 5(1), 204-208. Retrived from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12892.

Sugiarti, S. (2019, March). Literasi sastra perspektif ekologi budaya. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) 3(1), 1-9. Doi https://doi.org/10.22219/.v3i1.2581.

Suhardi, D. (2012). Peran SMP berbasis pesantren sebagai upaya penanaman pendidikan karakter kepada generasi bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 316-328. Doi https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1248.

Supriadi, U. S. (2014). Efektivitas pengembangan nilai-nilai karakter bangsa melalui kstrakurikuler Pramuka. Edutech, 13(3), 374-385. Doi https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3091.g2112.

Suwondo, T. (2011). Studi Sastra. Yogyakarta: Gama Media.

Syahrul, N. (2016). Peran sastra sebagai sarana pembangun karakter bangsa. SASTRA DAN POLITIK PARTISAN, 201(6), 79. Retrived from https://www.usd.ac.id/fakultas/sastra/sasing/f1l3/Downloads/Prosiding%20HISKI%202016.pdf#page=86.

Wulandari, E. R., Rizal, E., & Lusiana, E. (2020). Strategi promosi e-journal untuk generasi z di perpustakaan Universitas Padjadjaran. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 11-20. Retrived from https://pdfs.semanticscholar.org/9d71/d2ac316aafe9582fdefb5dba733b237e7187.pdf.

Wurianto, A. B. (2018). Literasi sastra dalam masyarakat belajar (Learning Society). In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) 1(1), 24-29. Doi https://doi.org/10.22219/.v1i1.1742.

Yudiono, K. S (2007). Pengantar sejarah sastra Indonesia. Jakarta. Grasindo.

Zain, M. (2017). Pengembangan Strategi Pembelajaran Dan Pemilihan Bahan Ajar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(1), 172-178. Doi https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4925.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.