Dampak Literasi bagi Anak Usia Dini di Indonesia

Rosadina Nur Fadhilah, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Dampak literasi bagi anak usia dini di Indonesia sangatlah penting bagi pertumbuhan pemikiran anak. Literasi sangat dibutuhkan bagi kita saat ini karena sekarang banyak mengunakan teknologi sehingga banyak orang tidak mementingkan literasi. Literasi sangat bermanfaat bagi anak usia dini, yaitu untuk mengembangkan pemikiran anak sejak dini dan mengenal pentingnya literasi bagi masa yang akan datang. Penelitian ini adalah jenis penelitian literatur review dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari artikel dan jurnal karena sangat sesuai pada tema penelitian seperti literasi dan anak usia dini. Penelitian ini mengangkat tentang dampak literasi dan pengaruh  terjadinya  literasi pada pengembangan anak usia dini di Indonesia dengan cara di imbangi pendidikan literasi untuk masa mendatang. yaitu 1) meningkatkan kemampuan berfikir kritis, 2) mengembangkan kemampuan verbal anak, 3) mengoptimalkan kinerja otak.

Kata kunci—Literasi, Anak Usia Dini, Indonesia

 

Abstract— The impact of literacy on early childhood in Indonesia is very important for the growth of children's thinking. Literacy is very much needed for us at this time because now many people use technology so that many people do not attach importance to literacy. Literacy is very beneficial for early childhood, namely to develop children's thinking from an early age and recognize the importance of literacy for the future. This research is a type of literature review research using secondary data derived from articles and journals because it is very suitable for research themes such as literacy and early childhood. This research raises the impact of literacy and the influence of literacy on early childhood development in Indonesia in a balanced way with literacy education for the future. namely 1) improving critical thinking skills, 2) developing children's verbal abilities, 3) optimizing brain performance.

Keywords— Literacy, Early Childhood, Indonesian


Keywords


Literacy, Early Childhood, Indonesian

Full Text:

PDF

References


Anindyarini, A., Sumarwati, S., Waluyo, B., Hastuti, S., & Mujiyanto, Y. (2019). Strategi menghidupkan budaya literasi melalui dongeng. SENADIMAS. Retrieved from http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3257

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2). http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9253

Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134. Retrieved from http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/viewFile/646/476

Damayantie, A. R. (2015). Literasi dari era ke era. Sasindo, 3(1). DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v3i1.2076

De Potter, B & Hernacki, M. (1999). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. Retrieved from https://www.academia.edu/download/53400128/Sadiqin_dkk_2017.pdf

Devianty, R. (2019). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 3(1). Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1086842&val=13296&title=MANFAAT%20LITERASI%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20MUTU%20PENDIDIKAN

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem-based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Noviyasari, D. (2020).Penerapan microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan:LPPM IKIP Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrived from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan anak usia dini perspektif Ki Hajar Dewantara. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9(2), 249-258. DOI: https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i2.89

Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190-1196. Retrieved from file:///C:/Users/userupgrk/Downloads/1183-7944-1-PB%20(2).pdf

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 110-119. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Junaedi, J., & Dimiyati, A. (2020). Hakikat Dan Fungsi Negara: Telaah Atas Persoalan Kebangsaan Di Indonesia. Logika: Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, 11(01), 1-9. DOI : https://doi.org/10.25134/logika.v11i01.2717

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28. Retrieved from https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kharizmi, M. (2021). KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI. Jurnal Ragam, 2(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/rg/article/view/917

Loita, A. (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 44-57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.52

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 9(1). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/7167/4160

Muhadjir., Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model permainan tradisional “boy-boyan” untuk meningkatkan perkembangan sosial anak SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b). DOI : http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1062

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395

Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2913/2434

Rahman, U. (2009). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Salim Nahdi, D. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis siswa melalui model brain based learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.341

Subandiyah, H. (2017). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). DOI: https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%p

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan literasi pada anak usia dini dengan metode mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117-125. DOI: http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(02), 154-163. Retrieved from http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1312

Wahyuddin, W. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148–160. DOI: https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.9

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111. DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zati, V. D. A. (2018). Upaya untuk meningkatkan minat literasi anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21. DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11539

Zed Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. M. K. (2019). Studi kepustakaan mengenai landasan teori body image bagi perkembangan remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121-135. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/230614757.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.