Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Siti Nurjanah

Abstract


abstrak—Awal mula covid 19 ini menyebabkan penyakit yang sangat menular yang disebut penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Virus ini pertama kali dilaporkan dari kota Wuhan diChina pada Desember 2019, yang dalam waktu kurang dari tiga bulan menyebar ke seluruh dunia dan dinyatakan sebagai global pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. Sejauh ini, pandemi yang sedang berlangsung parah merusak negara-negara paling maju di dunia dan menjadi ancaman besar bagi negara berpenghasilan rendah dan menengah negara. Benua termiskin, Afrika dengan populasi paling rentan terhadap penyakit menular, diprediksi akan terjadi COVID-19 di Afrika, yang dapat berguna dan memberikan informasi yang diperlukan tentang pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dibenua. Kami juga merangkum secara singkat kontribusi pandemi COVID-19 dan pemanasan global

Kata kunci— Covid-19, Oraganisasi Kesehatan, Penularan

 

Abstract— The poorest continent, Africa with the most vulnerable population to infec -tious diseases, is predicted to besignificantly affected by the ongoing COVID-19 outbreak. Therefore, in this review we collected and summarized the currently available literature on the epidemiology, etiology, vulnerability, preparedness and economic impact of COVID-19 in Africa, which could be useful and provide necessary information on ongoing COVID-19 pandemics in the continents. We also briefly summarized the contribution of the COVID-19 pandemic and global warming.

Keywords— Covid-19, Health Organization, Contagion


Keywords


Covid-19, Health Organization, Contagion

Full Text:

PDF

References


Aisyah. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118-123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23Aisyatinnaba,

Azwar, S. (2016). Konstruksi tes kemampuan kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barovih, G., Sugara, E. P. A., & Nurussama. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150-158. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3339Blackwell,

C. K., Lauricella, A. R., & Wartella, E. (2014). Factors influencing digital technology use in early childhood education. Computers and Education, 77, 82-90. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.04.013Brooks,

Edy, A. (2015). Ayah Edy menjawab problematika orangtua ABG dan remaja. Jakarta: Noura Book Publising.

Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16-31. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4669Farida,

F. S., Raharja, R. M., & Iman, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pendiidkan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 120-125.

Hanafiah, S. U., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget dan Implikasinya terhadap Pola Asuh Anak. Journal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701-1710. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.316Farkhatin,

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah

J. M. (2013). Asesmen Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Krida Wacana.Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225-230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959Fujiawati,

J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.Davidson, C. (2011). Seeking The Green Basilisk Lizard: Acquiring Digital Literacy Practices in The Home. Journal of Early Childhood Literacy, 12(1), 24-45. https://doi.org/10.1177/1468798411416788Ebi,

M. (2009). Drawing, visualisation and young children's exploration of "big ideas." International Journal of Science Education, 31(3), 319-341. https://doi.org/10.1080/09500690802595771Chusna,

N. (2018). Implementasi Software Berhitung Berbasis Android di Taman Kanakkanak Kecamatan Jagakarsa. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 2(3), 249. https://doi.org/10.30998/string.v2i3.2432Ferliana,

N., & Sutoyo, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(3), 52-57. https://doi.org/10.15294/ijgc.v5i4.13520Alia,

P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84Creswell,

S. (2017). Golden Age Parenting: Memaksimalkan Potensi Anak di Usia Emas. Psikologi Center.

T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 65-78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639Arifin,

Z. (2019). Pemanfaatan Media Game Monopoli Ayo Mengaji Dalam Meningkatkan Gemar Mengaji Al-Qur ' an. Jurnal Penelitian, 13(2), 197-214.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.