Pemanfaatan Media Sosial sebagai Bisnis Online

Melawati Melawati

Abstract


abstrak— Media sosial adalah media online yang berbasis web untuk mencari informasi dan berinteraksi secara online dan juga sebagai tempat untuk mengekspresikan diri, pada zaman sekarang ini media sosial sangat berperan untuk mempermudah mencari informasi yang kita cari. selain menjadi sumber pencarian informasi media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana bisnis.Penelitian ini menggunkan metode studi pustaka untuk pencarian data dan dalam pengolahan dan penyajian datanya menggunakan metode kualitatif. Media sosial sebagai tempat unutk mengekspresikan diri dan men jadi media untuk berbisnis. Dampak positif media sosial yaitu dapat memudahkan komunikasi dengan teman atau kerabat yang jauh, sebagai sarana media bisnis, dan bisa mengetahui informasi dengan mudah dan memudahkan proses pembelajaran.

Kata kunci— Media sosial, Bisnis Online

 

Abstract—Social media is a web-based online media for finding information and interacting online and also as a place to express oneself, in this day and age social media plays a very important role in making it easier to find the information we are looking for. Apart from being a source of information search, social media can also be used as a business tool. This study uses literature study methods to search for data and in processing and presenting the data using qualitative methods. Social media as a place to express oneself and become a medium for doing business. The positive impact of social media is that it can facilitate communication with distant friends or relatives, as a means of business media, and can find information easily and facilitate the learning process.

Keywords— Social media, Online Business


Keywords


Social media, Online Business

Full Text:

PDF

References


Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2021). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215-222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Fauziah, F. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 45-53.https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.792.g439

Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52-62. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152. https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120

Jannah, A. M. (2020). Penegakan Hukum Pidana Terhadap Tindak Pidana Penipuan Bisnis Online Di Polda Metro Jaya Menurut Hukum Positif dan Hukum Islam (Bachelor's thesis, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved fromhttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50258

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106.http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.693

Komputer, W. (2013). Membangun usaha bisnis dropshipping. Elex Media Komputindo.Retrieved fromhttps://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9ttMDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pengertian+bisnis+online+&ots=f-4d_za4WY&sig=TPfUmN6qaQSuiMquwTqgw4KG_iE&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20bisnis%20online&f=false

Maghfuroh, W. (2020). Jual Beli Secara Online Dalam Tinjauan Hukum Islam. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS), 2(1), 33-40.Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/JAS/article/view/6824

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18-29. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/327205602.pdf

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18-29. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/327205602.pdf

Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154-161. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965

Rusdiono, R. (2019). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop Pada Online Shop Antler MakeUp-@ antler. makeup. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 195-202.Retrieved from file:///C:/Users/ACER/Downloads/5356-17902-2-PB%20(1).pdf

Solihin, S. R., & Fiandra, Y. (2021). Perancangan Handbook Fotografi Produk Menggunakan Smartphone Untuk Pemilik Bisnis Online Di Kabupaten Bandung. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, 3(2), 17-26. https://doi.org/10.53580/files.v3i02.32

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4387/2658

Widada, C. K. (2018). Mengambil manfaat media sosial dalam pengembangan layanan. Journal of Documentation and Information Science, 6003, 23-30. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1111932&val=16773&title=MENGAMBIL%20MANFAAT%20MEDIA%20SOSIAL%20DALAM%20PENGEMBANGAN%20LAYANAN

Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2021). Penyuluhan hukum tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget dan media sosial. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 78-84. https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i01.4028


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.