Urgensi Menyimak Sosial dalam berinteraksi dengan Masyarakat dalam Pemilu
Abstract
abstrak—menyimak sosial memiliki peran penting dalam berbagai kasus. Tujuan dari penelitian ini ingin meningkatkan urgensi menyimak sosial dalam berinteraksi dengan masyarakat dalam pemilu. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bawa terdapat 1) Menjaga kerukunan dan persatuan masyarakat 2) Menghindari hoaks dan informasi palsu 3) Meningkatkan partisipasi politik yang sehat 4) Meningkatkan kepercayaan terhadap proses demokrasi. Yang dapat dilakukan sebagai urgensi menyimak sosial dalam berinteraksi dengan masyarakat dikalangan pemilu. Simpulan didalam penelitian ini bahwa terdapat 4 urgensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan menyimak sosial untuk menghindari informasi hoax yang beredar di masyarakat.
Kata kunci—menyimak sosial, masyarakat, pemilu
Abstract—Observing social interactions plays an important role in various cases. The purpose of this study is to enhance the urgency of social listening in interacting with the community, especially during elections. This research employs the Systematic Literature Review (SLR) method. The data used in this study are secondary data in the form of words, phrases, or clauses obtained from national journals and books. Data collection techniques include observation and note-taking, while data validation employs theoretical triangulation. The study results indicate that 1) Maintaining harmony and unity within society 2) Avoiding hoaxes and false information 3) Enhancing healthy political participation 4) Increasing trust in the democratic process. These findings highlight the urgency of social listening in engaging with communities during elections. The conclusion of this research emphasizes that there are five strategies to enhance social listening to prevent the spread of hoaxes within the community.
Keywords—Social listening, society, election.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amandha, N., Suanto, S., & Nurdiyana, N. (2023). Fungsi sosial pagelaran seni reog ponorogo untuk mempererat kerukunan masyarakat. Jurnal moral kemasyarakatan, 8(2), 204-213. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8895.
Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jurnal Holistika, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120
Azmi, A. F., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Kenali Diri Agar Bahagia: Kajian Filosofis Fahruddin Faiz. Jurnal pendidikan transformatif, 2(1), 1-5.
Brutu, S., Sihombing, F. T., & Aridho, A. (2023). Konsep Filosofis Pertuturen Sulang Silima Suku Pakpak Dalam Menjaga Persatuan Dan Kerukunan Di Tengah Keluarga. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 53-61. https://doi.org/10.51178/jpspr.v3i2.1350
Budyawati, L. P. I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi metode bermain peran untuk peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. Jurnal pendidikan ekonomi: Jurnal ilmiah ilmu pendidikan, ilmu ekonomi dan ilmu sosial, 11(2), 24-32. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331
Dedy, F., Saleh, M., & Sahar, S. (2023). Pola interaksi sosial masyarakat muslim dan non muslim di kelurahan tengan Kecamatan Mangkendek Kabupaten Tana Toraja. Macora, 2(1), 1-9. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/36136.
Faiz, P. M. (2017). Memperkuat prinsip Pemilu yang teratur, bebas, dan adil melalui pengujian konstitusionalitas undang-undang (Strengthening the principle of regular, free and fair elections through constitutional review). Jurnal Konstitusi, 14(3), 672-700. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3100685.
Gultom, M. M. (2023). Pendidikan pengawasan pemilu bagi masyarakat untuk mewujudkan pemilu berintegritas. Ensiklopedia education review, 5(1), 6-12. Retrieved from https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/education/article/view/1727/1792.
Hamidah, H., Asbari, M., Qodri, R., & Santoso, G. (2022). Sisi Lemah Spesialis: Haruskah Menjadi Generalis?. Jurnal pendidikan transformatif, 1(1), 13-19.
Hendrawati, S. (2024). ANALISIS fungsi pemilu dan tujuan partai politik dalam hukumtata negara. Jurnal res justitia: Jurnal ilmu hukum, 4(1), 140-147. https://doi.org/10.46306/rj.v4i1.108
Hidayanti, A. R. (2019), Menyimak sosial.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Indiaswari, T. K., & Katoningsih, S. (2023). Evaluasi peran guru dalam pembelajaran bercerita guna mengembangkan kemampuan menyimak anak usia dini. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 7(3), 3675-3683. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/2f3b/cd17c2a72b0e902929b588dc1f5345e024d1.pdf.
Karosekali, E. K., Sihombing, P. K., & Sinulingga, J. (2024). Fungsi dan motif ulos mangiring pada etnik batak toba kajian semiotika. Jurnal pendidikan tambusai, 8(1), 11737-11743.
Laila, A. (2020). Menyimak sosial, Banyumas, Penerbit Lutfi Gilang.
Lengkoan, I. C. J., Liando, D. M., & Kumayas, N. (2022). Efektivitas Program Relawan Demokrasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum 2019 Di Kota Bitung. Governance, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/37899.
Liando, D. M. (2016). Pemilu dan partisipasi Politik masyarakat (studi pada pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan calon wakil presiden di Kabupaten Minahasa tahun 2014). Jurnal LPPM bidang EkoSosBudKum (ekonomi, sosial, budaya, dan hukum), 3(2), 14-28. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lppmekososbudkum/article/view/17190/16738.
Lubis, M. A., Gea, M. Y. A., & Muniifah, N. (2022). Penerapan asas Pemilu terhadap electronic voting (E-Voting) pada pemilu tahun 2024. Jurnal ilmiah penegakan hukum, 9(1), 44-56. 10.31289/jiph.v9i1.6491
Millah, N. S., & Dewi, D. A. (2021). Skpp Bawaslu Sebagai Sarana Pendidikan Politik Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Warga Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 355-363. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1583
Mulyadi, Y. Y., & Liauw, F. (2020). Wadah interaksi sosial. Jurnal sains, teknologi, urban, perancangan, arsitektur (Stupa), 2(1), 37-44. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i1.6776
Mutiarsih, Y., & Mulyadi, Y. (2017). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyimak materi audio bahasa Perancis pada perkuliahan comprehension oral. Barista: Jurnal kajian bahasa dan pariwisata, 4(1), 71-81.
Pulungan, M. C., Rahmatunnisa, M., & Herdiansah, A. G. (2020). Strategi komisi pemilihan umum kota Bekasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu serentak tahun 2019. Politea: Jurnal politik islam, 3(2), 251-272. https://doi.org/10.20414/politea.v3i2.2439
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil pelajar pancasila sebagai upaya dalam membentuk karakter masyarakat global. Visipena, 14(1), 14-28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035
Rahma, A., Aprilia, P. D., Nuari, P. A., Rahmadian, R., Fatmawati, R. F., & Lestari, S. A. (2022). Aspek kemampuan menyimak anak usia dini. Jurnal PAUD Emas, 1(2), 18-27.
Rini, E. I. H. A. N. (2017). Karakteristik masyarakat Jepang. Jurnal Kiryoku, 1(3), 30-38. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku.
Sebayang, S. K. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada sosiall media instagram dalam postingan, komentar, dan cerita singkat. Jurnal serunai bahasa indonesia, 16(1).
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31-37.
Susilawati, Y. (2023). Penguatan fungsi partai politik sebagai pencegahan polarisasi partai politik pada pasa Pemilu 2024. As-Syifa: Journal of islamic studies and history, 2(2), 110-123. https://doi.org/10.35132/assyifa.v2i2.527
Tara, F., Sari, B. P., Agustina, R. A., Maharani, T. A., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak sosial di kalangan Karang Taruna di Daerah Pedesaan. Jubah raja: Jurnal bahasa, sastra, dan pengajaran, 2(2), 29-40. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/3810
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wardhani, P. S. N. (2018). Partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilihan umum. Jupiis: Jurnal pendidikan ilmu-ilmu sosial, 10(1), 57-62. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407.
Widianto, A. A., & Lutfiana, R. F. (2021). Kearifan lokal kabumi: Media internalisasi nilai-nilai karakter masyarakat Tuban Jawa Timur. Satwika: Kajian ilmu budaya dan perubahan sosial, 5(1), 118-130. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15929.
Yani, C. (2019). Pencegahan hoax di media sosial guna memelihara harmoni sosial. Jurnal Lemhannas RI, 7(4), 15-21. https://doi.org/10.55960/jlri.v7i4.107.
Yuhandra, E., Rifa’i, I. J., Akhmaddhian, S., Budiman, H., & Andriyani, Y. (2023). Efektivitas fungsi pencegahan badan pengawas pemilihan umum dalam melakukan pencegahan pelanggaran pemilu. Jurnal Ius Constituendum, 8(1),1-18. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i1.4137.
Zanah, S. W. S., & Bangsa, A. B. A. H. (2021). Analisis wacana iklan pakaian di media sosial facebook berdasarkan struktur dan fungsi bahasa. Jurnal caraka, 7(2), 29-43.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.