Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pemahaman Teks Biografi

Devi Ayu Febriani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penelitian ini menguji validitas dan reliabilitas instrument yang digunakan dalam mengukur pemahaman teks biografi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Sumberjo. Pemahaman teks biografi merupakan keterampilan penting dalam menganalisis kisah hidup seseorang, termasuk fakta-fakta, prinsip hidup, serta perjuangan tokoh. Instrument penelitian, berupa angket dan tes, dikembangkan berdasarkan indikator yang relevan dan divalidasi oleh dua guru sebagai validator. Data kuantitatif diperoleh dari hasil uji coba instrumen pada siswa dan dianalisis untuk mengevaluasi keabsahan dan konsistensi instrument. Hasil menunjukkan bahwa instrument memiliki validitas tinggi, mampu mengukur pemahaman secara akurat dan realibititas yang konsisten, sehingga menghasilkan data yang stabil.
Kata kunci—Instrumen penelitian, Validitas, Reliabilitas.

Abstract—This research tested the validity and reliability of the instrument used to measure understanding of biographical texts in class X SMA Muhammadiyah 2 Sumberjo. Understanding biographical texts is an important skill in analyzing a person's life story, including facts, life principles and the character's struggles. Research instruments, in the form of questionnaires and tests, were developed based on relevant indicators and validated by two teachers as validators. Quantitative data was obtained from the results of testing the instrument on students and analyzed to evaluate the validity and consistency of the instrument. The results show that the instrument has high validity, is able to measure understanding accurately and with consistent reliability, thus producing stable data.
Keywords—Research instruments, Validity, Reliability.

Keywords


Research instruments, Validity, Reliability

Full Text:

PDF

References


Arifin, M., & Asfani, K. (2014). Instrumen penelitian. Applied MicrobiologyAnd Biotechnology, 85(1), 2071-2079. https://www.academia.edu/download/37228344/Muhamad_Arifin_UM_Paper5.pdf.

Zainal, A. (2013). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013b. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Cahyadiantari, D., Darmayanti, I. A. M., Indriani, M. S., & Hum, M. (2017). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Teks Biografi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha, 7(2).

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Efendi, Y., & Widodo, A. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrumen tes shooting sepak bola pada pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 367-372. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/29565.

Efendi, Y., & Widodo, A. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrumen tes shooting sepak bola pada pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 367-372. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/29565.

Fau, Y. T. V. (2020). Validitas handout bergambar dilengkapi peta konsep pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas viii smp negeri 6 susua tahun pembelajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development, 8(1), 244-244. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1543.

Fitriani, N. (2021). Analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh soal pelatihan kewaspadaan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199-205. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956.

Fuad, Z. (2012). The secret of biography: Rahasia menulis biografi Ala Ramadhan K.H. Jakarta: Akademia Permata.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Fitriyana, N., & Ulfaida, N. (2024). Design and validity of local-wisdom-based reading apps using Adobe Animate CC 2022. International Journal of Information and Education Technology, 14(1), 1-11. https://www.ijiet.org/show-199-2634-1.html.

Hasanudin, C., Subyantoro, Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2023). Learning materials and their prototypes for academic writing skills: the needs of indonesian lecturers in the post-COVID-19 era. European Journal of Educational Research, 12(1), 435-453. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.435.

Puspitasari, P. D., Suwandi, S., & Suhita, R. (2018). Penerapan model pembelajaran think talk write dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan media cetak. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 232-244. https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/37717.

Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis kualitas soal ujian matematika semester genap kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37-47. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i1.250.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615.

Saputra, A. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan ahmar cendekia indonesia.

Sarimanah, E., & Nashir, M. R. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Penerapan Metode Quantum (Tandur) pada Siswa Kelas X SMA Yayasan Purwa Bhakti Ciawi Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 1(1), 65-75. https://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/3223.

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61. https://jurnalketerapianfisik.com/index.php/jpt/article/view/167.

Sugiyono, S. (2005). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.