Peran Media Koran dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Berita
Abstract
abstrak—Keterampilan menyimak berita sangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, namun banyak siswa kesulitan memahami berita dari media. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media koran dalam meningkatkan keterampilan menyimak berita siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan SLR dengan data sekunder dari buku dan jurnal nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media koran secara signifikan meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Siswa yang menggunakan media koran menunjukkan kemampuan menyimak yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Oleh karena itu, penggunaan media koran sebagai sumber belajar efektif perlu dipertimbangkan oleh pendidik.
Kata kunci—berita, media Koran, dan keterampilan menyimak
Abstract—News listening skills are very important in Indonesian language learning, but many students have difficulty understanding news from the media. This study aims to explore the role of newspaper media in improving students' news listening skills. The method used is the SLR approach with secondary data from books and national journals. The results showed that newspaper media significantly improved students' listening skills. Students who use newspaper media show better listening skills than those who do not. Therefore, the use of newspaper media as an effective learning resource needs to be considered by educators.
Keywords— news, newspaper media, and listening skills
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminawati, B. F. (2019, May 18). Keterampilan menyimak pidato .pendidikan bahasa Indonesia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sebelas Maret https://doi.org/10.31227/osf.io/6j9ef
Antoni, A. (2004). Riuhnya Persimpangan Itu Profil dan pemikiran para penggagas kajian ilmu komunikasi. Solo. Indonesia: Tiga serangkai.
Aryani, S., Rodiyana, A., & Mahpudin, M. (2021). Media audio visual untuk ketrampilan menyimak siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(3), 266-270. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605.
Ayuanita, k., Efendy, H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. Madura. Indonesia: IAIN Madura press.
Azaar, A. (2018). 4 Pilar jurnalistik pengetahuan dasar belajar jurnalistik edisi pertama. Jakarta. Indonesia: Prenadamedia group..
Dewi, L. S., & Ginting, G. (2020). Bahasa Indonesia SD 2 pendidikan guru sekolah dasar. Bogor. Indonesia: Guepedia.
Fachruddin, A (2019). Journalism today. Jakarta. Indonesia: Kencana.
Fadhillah, G. (2022). Aspek pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI kelas tinggi. Jawa Barat. Indonesia: CV Jejak.
Frawan, A (2020). 101 Amazing sales ideas. Yogyakarta. Indonesia: Anak hebat Indonesia..
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Jasafat, J (2020). Konvergensi Media Dakwah. Aceh. Indonesia: Ar-Raniry Press.
Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita.Jawa Tengah. Indonesia: Muhammadiyah University Press. KOMPAS GRAMEDIA
Kemendikbud. (2019). Pedoman Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jakarta. Indonesia: Kemendikbud.
Kriyantono, R. (2019). Teknik Analisis Media. Yogyakarta. Indonesia: Pustaka Pelajar.
Kurnia, S. S. (2017). Jurnalisme kontemporer edisi kedua. Jakarta. Indonesia: Yayasan pustaka obor Indonesia.
Latief, R. (2021). Jurnalistik sinematografi. Jakarta Timur.Indonesia: Prenanda media.
Liliweri, A. (2021). Komunikasi serba ada serba makna. Jakarta. Indonesia: Kencana.
Mahi, H., Hikmat, M (2018). J Jurnalistik literary journalism. Jakarta Timur. Indonesia: Prenadamedia group.
Massitoh. E. I(2021). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 330-333. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/614
McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. London: Sage Publications.
Mulyadi, E. (2005). Muslimah at work strategi sukses pribadi dan karir. Tangerang. Indonesia: Qultum Media.
Muzakkir, M. (2022). Jurnalistik qur'ani solusi cerdas penulis bijak. Jakarta. Indonesia: Prenada.
Nuryaningsih, W, D. (2021). Peta pikiran untuk memahami teks berita. Jawa Tengah. Indonesia: NEM.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahardi, F. (2006). feature, dan esai Panduan lengkap menulis artikel,. Jakarta. Indonesia: PT Agro media pustaka
Sa'idah, Z (2024). Sistem komunikasi Indonesia. Yogyakarta. Indonesia: Jejak pustaka
Sanulita, H., Lestari, S. C., Syarmila, S., Yustina, I. Atika, A., Nurillah, S., Iqbal, M., Elofhia, L., & Annisa, A. (2024). Keterampilan berbahasa reseptif. Jambi. Indonesia: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Soegoto, E. S. (2014). Entrepreneurship menjadi pebisnis ulung. Jakarta. Indonesia: PT Elex Media Komputindo
Sudarsono, S. (2022) .Komunikasi bisnis. Jakarta. Indonesia: Kencana
Suhari, I (2015 Gampang cari uang dengan menulis opini. Jakarta. Indonesia: PT Elex media komputindo.
Trianto, A. (2007). Pasti bisa pembahasan tuntas kompetensi bahasa Indonesia. Jakarta Timur. Indonesia: Erlangga.
Tuginem, T., Trisiyani, R. (2018). Otomatis dan tata kelola humas dan keprotokolan. Jakarta. Indonesia: Gramedia wialiasatana Indonesia.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.