Urgensi Menyimak Kreatif dalam Proses Pembelajaran Puisi Siswa SMA
Abstract
Menyimak kreatif adalah aktivitas mendengarkan yang melibatkan indera dan imajinasi untuk memahami makna mendalam. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi urgensi menyimak kreatif dalam pembelajaran puisi pada siswa SMA. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan teknik pengumpulan data simak dan catat, serta validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menyimak kreatif memberikan manfaat signifikan dalam lima aspek utama. 1) meningkatkan pemahaman makna puisi, 2) meningkatkan keterampilan literasi siswa, 3) mengembangkan kemampuan berpikir kritis, 4) meningkatkan kemampuan ekspresi emosional, 5) mempererat hubungan antara sastra dan kehidupan sehari-hari.
Kata kunci—menyimak kreatif, pembelajaran puisi, siswa SMA
Abstract—Creative listening is a listening activity that involves the senses and imagination to understand deep meaning. This study aims to explore the urgency of creative listening in learning poetry in high school students. The method used is Systematic Literature Review (SLR) with data collection techniques of listening and recording, and validation using theoretical triangulation. The results showed that creative listening provides significant benefits in five main aspects. 1) improve understanding of the meaning of poetry, 2) improve students' literacy skills, 3) develop critical thinking skills, 4) improve emotional expression skills, 5) strengthen the relationship between literature and daily life.
Keywords—creative listening, poetry learning, high school students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananti, H. F., Jumadi, J., & Dewi, D. W. C. (2023). Tinta Emosi: Petualangan puisi saat galau yang menginspirasi. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.625.
Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.
Darihastining, S., Islam, A. F., & Sulistiyowati, H. (2021) Menyimak kritis dengan bahan ajar e-pub responsif budaya local. Yogyakarta: Gambang Buku Budaya.
Djojosuroto, K. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran dan penguasaan semantik terhadap peningkatan pemahaman makna puisi. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 9(1), 9-19.https://doi.org/10.18860/ling.v9i1.2560.
Hajati, D. I., Artiningsih, D. W., & Wahyuni, N. (2018). Pengaruh karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan karakteristik organisasi terhadap kinerja pegawai (Studi pada Politeknik Kotabaru). Jurnal bisnis dan Pembangunan, 7(1), 1-10.http://dx.doi.org/10.20527/jbp.v7i1.4739.
Hamidah, H., Asbari, M., Qodri, R., & Santoso, G. (2022). Sisi lemah spesialis: haruskah menjadi generalis? Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(1), 13-19. https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.237.
Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Analisis keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning. Journal of Literature and Education, 1(1), 9-18. https://doi.org/10.69815/jle.v1i1.7.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Krismiati, A. (2013). Penerapan pembelajaran dengan pendidikan matematika realistik (PMR) secara berkelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA. Infinity Journal, 2(2), 123-135. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p123-135.
Maharani, J. F., Pujianto, A., Sawab, M. N., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi menyimak kreatif pada pembelajaran era digital di kalangan remaja. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 155-161). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2257/pdf.
Masduki, A. (2013). Puisi sisindiran bahasa sunda di kabupaten Bandung (kajian isi dan fungsi). Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 5(2), 356-369. https://www.academia.edu/download/82968581/100.pdf.
Mawarni, H. (2022). Analisis fungsi dan makna lawas (Puisi Tradisional) masyarakat kabupaten Sumbawa Nusa Tenggarra Barat. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 133-142. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1153.
Meiranti, A., & Sugandi, W. (2022). Mengkaji makna yang terkandung dalam puisi" Di Lereng Gunung" karya JE Tatengkeng dengan pendekatan semiotika. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 82-89. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.228.
Meirisa, S. (2022). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran two stay two stray siswa kelas V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2807-2812. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1175.
Patimah, A. L. S., Ramdani, D., & Syahrani, A. (2021). Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran menganalisis puisi terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelas viii smpn 4 sungai raya tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(4). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/54261/75676592957.
Pradopo, R. D. (1978). Pengertian, hakikat, dan fungsi puisi. Modul, 1, 1-42. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIN4213-M1.pdf.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, A. M., Saputra, A., & Hasanudin, C. (2024, January). Peran menyimak kreatif dalam meningkatkan kemampuan siswa berpikir kreatif siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 687-693). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2324.
Putri, A. M., Saputra, A., & Hasanudin, C. (2024, January). Peran menyimak kreatif dalam meningkatkan kemampuan siswa berpikir kreatif siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 687-693). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2324.
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89-96. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552.
Ramalisa, Y. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407.
RerefDianty, W., Puspitasari, D., & Meirantic, A. (2022). Mengkaji makna yang terkandung dalam puisi " Ilusi" karya heri isnaini pada buku Montase dengan pendekatan semiotika. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 41-46.https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.134.
Rusilowati, A. (2006). Profil kesulitan belajar fisika pokok bahasan kelistrikan siswa SMA di kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/jpfi.v4i2.163.
Samaya, D., Amalia, F. N., Sari, S. N., & Syafitri, J. (2024). Analisis kebutuhan bahan ajar mata kuliah menyimak berbasis kearifan lokal Sumatera Selatan. Jurnal Bindo Sastra, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.32502/jbs.v8i1.7618.
Saputra, M. R., Buana, L. M., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi menyimak kreatif guru PAUD pada kurikulum merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 953-962). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2362/pdf.
Saputra, M. R., Buana, L. M., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi menyimak kreatif guru PAUD pada kurikulum merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 953-962). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2362.
Sari, N. I., & Randi, R. (2024). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153-161.http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4438.
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2019). Puisi Berbasis Hasil Karya Gambar: Upaya penguatan literasi siswa SD kelas tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 50-60. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/index.
Tarigan, M. (2016). Perbedaan asertivitas siswa SMK Nurul Amaliyah I dengan SMA Nur Azizi di Tanjung Morawa. Jurnal Diversita, 2(2), 4-5.https://doi.org/10.31289/diversita.v2i2.511.
Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan inquiri pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 437-446. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.437-446.2022.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wahab, J., & Muhammad, D. (2024). Peningkatan keterampilan menyimak berita dengan menggunakan metode driil pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Bilingual, 14(1), 39-48. https://doi.org/10.33387/j.bilingual.v14i1.8446.
Watung, G. I. V. (2020). Edukasi pengetahun dan pelatihan bantuan hidup dasar pada siswa remaja SMA Negeri 3 Kotamobagu . Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 21–27. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.129.
Wiratama, I. W. A., Oktariyanti, I. A. E. S., & Pramiari, I. A. G. (2021). Representasi nilai-nilai perjuangan dalam puisi selendang frasa: analisis sosiologi sastra. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 195-206. https://doi.org/10.5281/zenodo.5232344.
Zakaria, Z., & Maulida, U. (2021). Penanaman karakter gemar membaca melalui one day one dongeng pada masa pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 66-76. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a6.20
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.