Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pemahaman Materi Teks Deskripsi
Abstract
abstrak— Validitas merupakan ukuran sejauh mana suatu instrumen atau alat ukur dapat secara tepat mengukur apa yang seharusnya diukur. Dalam ranah penelitian, validitas memegang peranan yang sangat penting karena menentukan keakuratan serta relevansi data yang diperoleh. Di sisi lain , reliabilitas adalah ukuran dari konsistensi hasil pengukuran. Alat ukur disebut reliabel jika mampu memberikan hasil stabil dan konsisten jika digunakan pada kondisi yang serupa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek di dalam penelitian ini ialah 2 guru sebagai validator butir instrumen tes dan siswa kelas IX sebagai uji coba instrumen tes. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua item soal sangat valid, sementara reliabilitas instrumen tergolong baik dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,846. Temuan ini menegaskan betapa pentingnya validitas dan reliabilitas dalam pendidikan demi memperoleh data yang akurat. Dengan pengembangan lebih lanjut, diharapkan kualitas pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah dapat ditingkatkan.
Kata kunci—Instrumen Penelitian, Validitas, Reabilitas
abstract— Validity is a measure of the extent to which an instrument or measuring tool can accurately measure what it is supposed to measure. In the realm of research, validity plays a very important role because it determines the accuracy and relevance of the data obtained. On the other hand, reliability is a measure of the consistency of measurement results. A measuring instrument is said to be reliable if it is able to provide stable and consistent results when used in similar conditions. This research is quantitative research. The subjects in this research were 2 teachers as test instrument item validators and class IX students as test instrument testers. The validity test results show that all question items are very valid, while the reliability of the instrument is classified as good with a Cronbach's Alpha value of 0.846. These findings emphasize how important validity and reliability are in education in order to obtain accurate data. With further development, it is hoped that the quality of Indonesian language teaching in schools can be improved.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadly, A., Kartikasari, R. D., & Baihaqi, F. H. (2020). ANALISIS UNSUR KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI KELAS VII. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ; PROSIDING SEMNASLIT LPPM UMJ 2020.
Hikmawan, F. (Fadhil). (2017). Perspektif Filsafat Pendidikan Terhadap Psikologi Pendidikan Humanistik. Jurnal Sains Psikologi.
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Mahmudah, M., & Syamsudduha, S. (2022). PKM Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Kelompok MGMP Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Majene. PENGABDI; PENGABDI: VOL. 3, NO.2 (2022) ; 2745-8466 ; 2745-8474 ; 10.26858/Pengabdi.V3i2.
Ningtiyas, R. I., Sahal, M., & Gusmeri, Y. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Butir Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Listrik Dinamis. JURNAL ARMADA PENDIDIKAN, 1(1), 26-30. https://doi.org/10.60041/jap.v1i1.5
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 56.
Setiyawan, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Reliabilitas Tes. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 6(2). https://jurnalannur.standup.my.id/index.php/An-Nur/article/view/53
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599-5609. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1747
Warliana, R. R., & Indihadi, D. (2021). Kemampuan Siswa Menulis Teks Deskripsi Berbasis Media Video di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Vol 8, No 3 (2021): PEDADIDAKTIKA; 705-712 ; 2774-213X ; 2406-8705.
Yuniati, S. (2018). IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI SMP. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya; Vol 4 No 1 (2018): Stilistika ; Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya; Vol. 4 No. 1 (2018): Stilistika.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.