Urgensi Menyimak Kritis pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Gadget
Abstract
abstrak—Menyimak kritis memiliki peran penting dalam penggunaan gadget. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui penting meningkatkan menyimak kritis pada anak usia dini dalam penggunaan gadget. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian terdapat 1) melindungi anak dari konten yang tidak pantas, 2) Meningkatkan kecerdasan digital, 3) mengasah kemampuan sosial dan komunikasi dilakukan sebagai urgensi menyimak kritis pada anak usia dini dalam penggunaan gadget. Simpulan penelitian terdapat 3 urgensi dapat dilakukan untuk membatasi anak usia dini dalam menggunakan gadget.
Kata kunci—anak-anak usia dini, menyimak kritis, penggunaan gadget
abstract—Critical listening has an important role in the use of gadgets. The purpose of this study is to find out the importance of improving critical listening in early childhood in the use of gadgets. The method in this study uses the SLR method. The data in this study used secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from books and national journals. The data collection technique uses listening and recording techniques while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of the research are 1) protecting children from inappropriate content, 2) Increasing digital intelligence, 3) honing social and communication skills is carried out as an urgency to improve critical listening in early childhood in the use of gadgets. The research concluded that there are 4 important things that can be done to limit early childhood in using gadgets.
Keywords—critical listening, early childhood, gadget use
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A., Abdullah, P. W., Diva, F., & Hamid, I. (2022). Pengaruh gadget terhadap akhlak dan moral siswa di Sekolah Dasar Negeri 47 kota Ternate. JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 29-47. https://doi.org/10.59115/juanga.v8i1.52.
Agusniatih, A., & Monepa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini. Indonesia: EDU PUBLISHER.
Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada anak. Indonesia: Serayu Publishing.
Ayuanita, K., & Efendy, H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. Pamekasan: IAIN Madura Press.
Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2022). Model pembelajaran menyimak kritis melalui media interaktif pada Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 62-79. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i1.6338.
Fajria, L., & Amelia, N. (2024). Intensitas penggunaan gadget pengaruhnya pada kecerdasan emosional anak usia sekolah. Indramayu: PT. Adab Indonesia Grup.
Firdaus, W., & Marsudi, M. (2021). Konseling remaja yang kecanduan gadget melalui terapi kognitif behavior. STUDIA: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 15-24. https://doi.org/10.32923/stu.v6i1.1980.
Gereda, A. (2020). Keterampilan berbahasa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.
Hamzah, N. (2015). Pengembangan sosial anak usia dini. Pontianak: IAIN PONTIANAK PRESS.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Hildayati, H., Haryani, H., Umar, N., Suprayitno, D., dkk. (2024). Literasi digital. Daerah Istimewa Yogyakarta: PT Green Pustaka Indonesia.
Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk Mahasiswa. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Istiqlal, I., Kurnia, L. D., Saputra, M. S., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak kritis dalam pembelajaran berbasis diskusi bagi Mahasiswa. Jubah Raja, 2(2), 85-92. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3820.
Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Banyumas: Lutfi Gilang.
Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N. & Junitawayi, P. D. (2020). Karakteristik anak. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.
Loita, A. (2017). Karakteristik pola gambar anak usia dini. EARLY CHILDHOOD, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.52.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA, 5(2), 56-64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521.
Mawarpury, M., Maulina, S., Faradina, S., & Afriani, A. (2020). Kecenderungan adiksi smartphone ditinjau dari jenis kelamin dan usia. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(1), 24-37. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6252.
Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2020). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 166-173. https://doi.org/10.33369/jlk.v312.10200.
Oktavia, W. (2018). Variasi jargon chatting whatsapp grup mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. Jurnal Kata, 2(2), 317-325. https://doi:10.22216/jk.v2i2.3644.
Pudyastuti, R. R., & Kariyadi, K. (2023). Penggunaan gadget pada anak. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Pusposari, D. (2021). Menyimak kritis buku panduan untuk mata kuliah menyimak kritis. Indonesia: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi gadget sebagai media pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752.
Rahayu, N. S., Elan, E. & Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini. AGAPEDIA, 5(2), 202-210. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40743.
Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4.
Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. TARBAWI, 13(2), 1-9. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590.
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 25-36. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36.
Sanulita, H., Lestari, S. A., Syarmila, Yustina, I., Atika, Nurillah, S., Iqbal, M., Elofhia, L., Annisa, A. (2024). Keterampilan berbahasa reseptif. Indonesia: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sudirman, N. (2021). Karakteristik dan kompetensi anak usia dini. Bandung: NILACAKRA.
Sunita, I. & Mayasari, E. (2022). Pengawasan orangtua terhadap dampak penggunaan gadget pada anak. Endurance, 3(3), 422- 634. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.1248.
Suryadi, A., & Rahmawati, L. (2019). Perkembangan sosial-emosional anak usia dini di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(3), 115-128. https://doi.org/10.12345/jppaud.5.3.115-128.
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: KENCANA PRENADAMEDIA GROUP.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.