Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa dan Menanamkan Nilai Nilai Demokrasi

Surfiana Surfiana, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pendidikan Pancasila mempunyai peran untuk panduan perilaku sehari-hari masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter bangsa dan menanamkan nilai nilai demokrasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa peran pendidikan Pancasila dalam 1) membangun kesadaran nasionalisme dan cinta tanah air, 2) menumbuhkan sikap toleransi dan gotong royong, 3) menanamkan keadilan sosial, yang bisa diterapkan  dalam membentuk karakter bangsa melalui pendidikan Pancasila. Simpulan dalam penelitian ini terdapat tiga peran hukum yang bisa diterapkan dalam membentuk karakter bangsa melalui pendidikan Pancasila.
Kata kunci— Pendidikan Pancasila, Karakter, Nilai demokrasi

Abstract—Pancasila education has a role to guide the daily behavior of Indonesian society. The purpose of this research is to find out the role of Pancasila education in shaping the nation's character and instilling democratic values. The method in this research uses SLR. The data in this study used secondary data taken from books and journals. The data collection technique uses the method of listening and recording. Data validation techniques using triangulation techniques. The results showed several roles of Pancasila education in 1) building awareness of nationalism and love for the country, 2) fostering attitudes of tolerance and mutual cooperation, 3) instilling social justice, which can be applied in shaping the nation's character through Pancasila education. The conclusion in this study is that there are three legal roles that can be applied in shaping the nation's character through Pancasila education.
Keywords—Pancasila education, Character, Democratic values


Keywords


Pancasila education, Character, Democratic values

Full Text:

PDF

References


Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriana, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Gema Keadilan, 9(3), 186-198. https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430.

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Sherman, Y. (2023). Peningkatan nilai-nilai demokrasi dan nasionalisme pada Mahasiswa melalui pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300-1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109.

Astuti, A. W., Trisiana, A., & Parya, A. E. (2021). Nilai demokrasi Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 57–70. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/4692.

Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi penanaman karakter dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 1-18. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385.

Budiawati, L. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Penerapan Metode Simak-Catat Teknik Resitasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwaroh Cisasak Kabupaten Bogor (Bachelor's thesis, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54045.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumruduanka, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media, 93-96.

Fadillah, F., Sumarna, C., & Yunita, Y. (2022). Penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS sub pokok pluralitas (Studi kasus di SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq kota Cirebon). ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3(2), 273-287. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.4876.

Hanum, F. F. (Oktober, 2019). Pendidikan Pancasila bagi generasi milenial. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, pp. 72-81). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37500.

Hayqal, M. R., & Najicha, F. U. (2023). Peran pendidikan Pancasila sebagai pembentuk karakter mahasiswa. Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 55-62. https://doi.org/10.36412/jce.v7i1.6165.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Jannah, M., & Kusno, K. (2020). Peranan pendidikan Pancasila bagi masyarakat dalam pembentukan karakter dan moral berbangsa dan bernegara. Civitas (Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic), 6(1), 1-7. https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1667.

Kholish, M. A., & Yulianto, Y. (2019). Dialektika pemikiran Islam dan demokrasi manhaj Indonesia: sebuah potret historisitas, kontinuitas, dan perubahan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(2), 25-38. https://doi.org/10.21776/.

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41-46. https://www.researchgate.net/publication/333930164.

Najmina, N. (2018). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52-56. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389.

Nasution, T. (2022). Pendidikan Pancasila. Merdeka Kreasi Group.,214.

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316. https://doi.org/10.53682/jce.v7i1.6165.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3 Rejosari kabupaten Oku Timur. JMKP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229-243. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1471.

Ramadani, W. O. D., Noe, W., & Rajaloa, N. (2022). Implementasi Nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas Viii Smp negeri 4 kota Ternate. Jambura Journal Civic Education, 2(1), 90-101. https://doi.org/10.37905/jacedu.v2i1.14505.

Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. Ittihad, 14(26), 1-10. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.868.

Rini, N. D. A. (2017). Implementasi nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Tri Hayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 164-168. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1882.

Santosa, Y. B. P., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 192-204. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52427.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal pendidikan karakter, 1(1), 47-58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Suparno, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 62-73. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21675.

Triswantono, D. R., & Antari, E. D. (2023). Peran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam menghadapi arus globalisasi. Journal of Contemporary Issues in Primary Education, 1(1), 8-15. https://doi.org/10.61476/hb6r6f85.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wardhani, L. T. A. L., Ibrahim, F., & Christia, A. M. (2020). Koherensi sistem pemilihan kepala daerah di Indonesia terhadap nilai-nilai demokrasi Pancasila. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 2(3), 305-318. https://doi.org/10.14710/jphi.v2i3.305-318.

Wening, S. (2012). Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 55-66. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1452.

Widiastuti, N. E. (2021). Lunturnya sikap nasionalisme generasi milenial terhadap pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 80-86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44.

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278. https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/374.

Hidayani, Y. N., & Rukmini, B. S. (2021). Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 40–47. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.