Upaya Pelestarian Keanekaragaman Kearifan Lokal untuk Generasi Z di Era Society 5.0
Abstract
Kata kunci—Inovasi berbasis budaya, Pendidikan karakter, Kearifan lokal, Generasi Z, Era society 5.0
Abstract—Local wisdom plays a crucial role in maintaining social harmony, preserving culture, and protecting the environment. In the context of education, local wisdom serves as the foundation for character education to create a new paradigm that supports social and cultural sustainability. Generation Z, as digital natives, has the potential to leverage technology to preserve cultural heritage and local wisdom. The integration of technology with tradition became a key strategy in the Society 5.0 era, which emphasizes digitalization in various aspects of life. This era also encourages culture-based innovation to foster awareness and wisdom among the younger generation in addressing global challenges.
Keywords— Culture-based innovation, Character education, Local wisdom, Generation Z, Society 5.0 era
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, T. M., & Rahmayati, T. E. (2023). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital terhadap Produktivitas Kerja Pada Dosen Dalam Menghadapi Pendidikan Era Society 5.0 di Kota Medan. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(1), 360-365.https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/saintek/article/view/1645/1134.
Akbar, M. S. F., Fauzi, R., Tsamanyah, Z. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter anak generasi Z. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 375-384.https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4418.
Al Musafiri, M. R. (2016). Peran kearifan lokal bagi pengembangan pendidikan karakter pada sekolah menengah atas. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 1-19. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/2.
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya Jawa. Jurnal komunikasi dan kajian media, 4(2), 84-105.https://doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326.
Dewi, N. N., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya menjaga nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat bagi generasi Z. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 2(2), 49-54.https://doi.org/10.56393/antropocene.v2i1.896.
Fasya, Z., & Nihayah, C. (2020). Inisiasi pendidik dalam membentuk karakter anak generasi z. AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(02), 25-46.https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/ifkar/article/view/4298.
Febrianty, Y., Pitoyo, D., Masri, F. A., Anggreni, M. A., & Abidin, Z. (2023). Peran Kearifan Lokal Dalam Membangun Identitas Budaya Dan Kebangsaan. El-Hekam, 7(1), 168-181. http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i1.10591.
Hanjowo, M. D. F. F., Athahirah, N., Saputra, R. F., Al-Farisi, S., & Rozaq, R. W. A. (2023). Peran Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0. Etnik: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 2(5), 423-428.https://doi.org/10.54543/etnik.v2i5.190.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Ihsan, B., Syafi'aturrosyidah, M., & Qibtiyah, M. (2019). Peran pembelajaran budaya lokal dalam pembentukan karakter siswa madrasah ibtidaiyah (MI). MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1-8.https://doi.org/10.52166/mida.v2i2.1571.
Islami, D. (2022). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. https://doi.org/10.31237/osf.io/3xezr.
Ismavida, P., Zania, N. N., Ningrum, D. S., Kallisia, M. P., & Zebadante, A. A. (2023). Pengaruh Society 5.0 terhadap Pembelajaran bagi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Majemuk, 2(1), 22-30.https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/449/182.
Kamarudin, K., Irwan, I., Fitriani, B., Suardin, S., Suarti, S., Gawise, G., ... & Sukmawati, D. (2023). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Menghadapai Era Society 5.0. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 252-256.https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.196.
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131-139. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139.
Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan bonus demografi dengan teori generasi. Jurnal Registratie, 21-36.https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v1i1.83.
Maria, D. (2024). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA SOCIETY 5.0. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(8), 44-54.https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i8.3486.
Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi literasi pada gen-z untuk menyiapkan generasi progresif era revolusi industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28-36.https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113.
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar: tinjauan berdasarkan karakter generasi z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197-210.https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216.
Noviani, D. (2023). Sosialisasi Urgensi Pendidikan Karakter Terhadap Remaja Millenial Generasi Z di Era Society 5.0. ADM: Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 1(2), 119-124.https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v1i2.208.
Nurcahyanti, D., Sachari, A., & Destiarmand, A. H. (2020). Peran Kearifan Lokal Masyarakat Jawa Untuk Melestarikan Batik Tradisi di Girilayu, Karanganyar, Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 145-153.https://doi.org/10.31091/mudra.v35i2.816.
Pattiasina, P. J., Maspaitela, M., & Gommies, C. C. (2024). Bentuk dan Fungsi Kearifan Lokal Cerita Rakyat Waisalaka di Negeri Waai. Journal on Education, 6(3), 16263-16275.https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5506.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among makarti, 9(2).http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142.
Putri, N. S., Marahani, S. A., & Rustini, T. (2024). PERANAN INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ERA SOCIETY 5.0. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(7), 24-34.https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i7.3414.
Raharja, A. D., Selvia, M., & Hilman, C. (2022). Revitalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan yang relevan dalam mengatasi permasalahan global. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 85-89. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.215.
Sanjaya, Y. A., & Safitri, D. (2024). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pengembangan pendidikan karakter di era 4.0. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 3007-3013.https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/331.
Shahreza, M. (2017). Komunikator politik berdasarkan teori generasi. Nyimak: Journal of Communication, 1(1), 33-48. http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i1.273.
Sufia, R., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Kearifan lokal dalam melestarikan lingkungan hidup (studi kasus masyarakat adat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi) (Doctoral dissertation, State University of Malang).https://www.neliti.com/publications/211300/.
Susanto, E. (2023). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada pendidikan dasar di era society 5.0. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 223-228.https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i1.115.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Zahari, A. F. M., Alauddin, R. S., & Syaiful, M. (2022). Mengoptimakan Peran Pemuda Desa dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 1003-1007.https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/509/396.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.