Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pemahaman Teks Deskripsi

Redita Cahyani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Instrumen ialah alat pengumpulan data untuk menentukan kualitas suatu penelitian. Dalam membuat instrumen diperlukan pemahaman secara mendalam. Selain itu, pemahaman diperlukan dalam mempelajari teks deskripsi. Tujuan utama adalah untuk menilai uji validitas dan reliabilitas pada penelitian instrumen tingkat pemahaman teks deskripsi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil validitas butir soal tes pemahaman teks deskripsi dari validator menunjukkan bahwa ke-35 soal dapat digunakan dengan kategori tinggi dan cukup.  Untuk nilai Cronbach’s Alpha mencapai 0, 761 sehingga terbukti bahwa soal tes pemahaman ini reliabel dengan kategori tinggi.
Kata kunci—Instrumen Penelitian, Pemahaman, Teks Deskripsi

Abstract— An instrument is a data collection tool used to determine the quality of a research study. In creating instruments, a deep understanding is required. Furthermore, understanding is necessary in studying descriptive texts. The main objective is to assess the validity and reliability in the research of the instrument for the level of understanding of descriptive texts. This research is a quantitative study. Based on the validity results of the descriptive text comprehension test items from the validators, it shows that all 35 items can be used with high and sufficient categories.  For the Cronbach’s Alpha value, it reached 0.761, thus proving that the comprehension test items are reliable with a high category.
Keywords— Research Instruments, Understanding, Descriptive Text


Keywords


Research Instruments, Understanding, Descriptive Text

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Suhartono, S., & Susetyo, S. (2020). Pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII. 1 MTS Negeri 2 Kaur. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 44-58. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.936.

Andani, S., & Rizki, L. M. (2023). Validitas instrumen penelitian: Pengaruh pendekatan Ethno-RME terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII di SMPN 2 Bangkinang Kota. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(2), 07-11. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i2.190.

Elan, E., Sumardi, S., & Juandi, A. S. (2022). Penyusunan instrumen penelitian tindakan kelas dalam upaya peningkatakan keterampilan sosial. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 91-98. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.51339.

Fitriani, N. (2021). Analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh soal pelatihan kewaspadaan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199-205. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Fitriyana, N., & Ulfaida, N. (2024). Design and validity of local-wisdom-based reading apps using Adobe Animate CC 2022. International Journal of Information and Education Technology, 14(1), 1-11. https://www.ijiet.org/show-199-2634-1.html.

Hasanudin, C., Subyantoro, Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2023). Learning materials and their prototypes for academic writing skills: the needs of indonesian lecturers in the post-COVID-19 era. European Journal of Educational Research, 12(1), 435-453. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.435.

Junaidi, R., Jailani, M. S., & Nasution, F. H. (2024). Prinsip-prinsip pengembangan kalibrasi instrumen dalam penelitian. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 11-19. Retrieved from https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1135.

Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks deskripsi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 271-280. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.2174.

Pramana, I. B. W., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2022). Pengaruh metode mind map dengan media komik terhadap minat baca dan hasil belajar kognitif siswa. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 2(2), 71-87. https://doi.org/10.36312/bjkb.v2i2.68.

Rahmadani, M. (2022). Karakteristik struktur dan kebahasaan teks deskripsi siswa di sekolah menengah pertama Islam terpadu. Jurnal Riset, 7(2), 182-186. http://dx.doi.org/10.29210/30031714000.

Septian, D. (2020). Pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam memperkuat kerukunan umat. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 155-168. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.147.

Setiawan, A. (2022). MODEL project-based learning Pengendalian Terbuka (Open Loop) Secara Digit. Bekasi: Penerbit Mikro Media Teknologi.

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2021). Penerapan dan pemahaman siswa SMP Kelas VIII terhadap materi pembelajaran Matematika dalam kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 85-89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.