Analisis Unsur Intrinsik Cerpen “Ia Masih Kecil” Karya W.S. Rendra

Jannata Annisa Azizah, Bagiya Bagiya

Abstract


abstrak— Cerpen adalah bentuk karya sastra berupa prosa yang menceritakan kisah singkat, namun tetap menyajikan rangkaian peristiwa yang mencakup konflik dan penyelesaiannya. Aspek intrinsik dan ekstrinsik merupakan komponen dasar dari setiap cerita pendek. Tema, latar, karakter, penokohan, cerita, perspektif, gaya bahasa, dan moralitas semuanya dianggap sebagai komponen intrinsik. Moral cerita, sejarah pengarang, dan masyarakat pada umumnya merupakan contoh aspek ekstrinsik. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan apresiasi terhadap cerpen sebagai salah satu karya sastra. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan tujuan menganalisis dan mendeskripsikan unsur intrinsik dalam cerpen “Ia Masih Kecil” karya W.S. Rendra. Proses penelitian dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu membaca, mengkaji, mencatat, dan mengidentifikasi isi cerita.  Hasil analisis menunjukkan bahwa cerpen "Ia Masih Kecil” memuat unsur intrinsik seperti tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, nada dan suasana, gaya bahasa, humor, amanat, serta sudut pandang. Cerpen ini juga menyampaikan pesan penting kepada pembaca, yaitu bahwa keluarga adalah tempat pertama bagi anak untuk belajar. Orang tua diharapkan dapat menjadi panutan yang bijaksana agar anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuannya. 

      Kata kunci— Unsur Intrinsik, Cerpen, Deskriptif Kualitatif

 

Abstract— A short story is a form of literary work in the form of prose that tells a short story, but still presents a series of events that include conflict and its resolution. Intrinsic and extrinsic aspects are the basic components of every short story. Theme, setting, characters, characterization, story, perspective, style of language, and morality are all considered intrinsic components. The moral of the story, the author's history, and society in general are examples of extrinsic aspects.This research was conducted to give appreciation to short stories as one of the literary works. The approach used is descriptive qualitative, with the aim to analyze and describe the intrinsic elements in the short story "Ia Masih Kecil" by W.S. Rendra. The research process is carried out through several steps, namely reading, analyzing, recording, and identifying the contents of the story. The results of the analysis show that the short story "Ia Masih Kecil" contains intrinsic elements such as theme, plot, character and characterization, setting, tone and atmosphere, language style, humor, mandate, and point of view. This short story also conveys an important message to readers, namely that family is the first place for children to learn. Parents are expected to be wise role models so that children grow and develop according to their abilities.  This research provides benefits in helping readers understand the content and messages contained in short stories.

Keywords— Intrinsic Elements, Short Story, Descriptive Qualitative


Keywords


Intrinsic Elements, Short Story, Descriptive Qualitative

Full Text:

PDF

References


Hanifa Sabila, A. & Nurhayati, M. 2022. Analisis Cerpen “Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita” Menggunakan Pendekatan Objektif. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa Vol. 1, No. 4, Desember 2022 | Hal 98-104.

Hartati, M. 2017. Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, Vol. 15, No.1, Juni 2017.

Ratnasari, G. 2014. Nilai-Nilai Pendidikan Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 02, No. 15, Oktober 2014 | Hal. 35-42.

Ahimsa-Putra, H. S. (2012). Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press.

Aminuddin. (1995). Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif

Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi

Sampai Demokrasi. Jurnal Disastra, Vol. 3 No.1, 98-103.

Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah

terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole:

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.