Peran Menyimak Intensif Bagi Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Fadhila Insani Shafa, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Keterampilan menyimak yang baik membantu siswa dalam berkomunikasi secara efektif. Tujuan dari penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam bagaimana peran menyimak intensif bagi siswa sekolah dasar pada pembelajaran kurikulum merdeka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam peneliitan ini menggunakan data skunder yang duambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data dengan simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran menyimak intensif bagi siswa sekolah dasar pada pembelajaran kurikulum merdeka adalah 1) meningkatkan konsentrasi dan fokus. 2) Pengembangan kemampuan berbahasa. 3) meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Simpulan di dalam penelitian ini terdapat tiga peran menyimak intensif bagi siswa sekolah dasar pada pembelajaran kurikulum merdeka.

Kata kunci—Kurikulum merdeka, menyimak, dan sekolah dasar

 

 

Abstract—Good listening skills help students communicate effectively. The purpose of this study is to provide a deeper understanding of how the role of intensive listening for elementary school students in independent curriculum learning. This research method uses the SLR approach. The data in this research uses secondary data taken from books and journals published nationally. Data collection techniques by listening and recording. Data validation techniques using data triangulation. The results showed that the role of intensive listening for elementary school students in independent curriculum learning is 1) increasing concentration and focus. 2) Development of language skills. 3) improve communication skills. The conclusion in this study is that there are three roles of intensive listening for elementary school students in independent curriculum learning.

Keywords— independent curriculum, listening, and elementary school


Keywords


independent curriculum, listening, and elementary school

Full Text:

PDF

References


Adisa, V. (2023). Motivasi meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Yogyakarta: CAHAYA HARAPAN.

Amelia, W. (2019). Praktek pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Cirebon: PENERBIT MENTARI JAYA.

Aminah, S., Panjaitan, F. C., Zakariyya, S., & Noviyanti, S. ( 2022). Pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2685-9351. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4297.

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan kurikulum merdeka. Jurnal ilmu pendidikan dan sosial, 1(3), 290 - 298, https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Usia Anak Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.

Ayu, R. F. K., Sari, S. P., Setiawan, B. Y., & Fitriyah, F. K. (2019). Meningkatkan kemampuan berbahasa daerah melalui cerita rakyat digital pada siswa sekolah dasar. Sebuah Studi Pengembangan. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1356.

Azalea, H. I. (2023). Peran kurikulum merdeka pada pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) insan cerdas Indonesia di kota surabaya. Journal of education research, 4(3), 1108- 1115. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.380.

Budyawati,L.& Hartanto,W. (2017). Implementasi metode bermain peran untuk peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini di paud sekarwangi desa bangorejo banyuwangi 2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24-32. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331

Farhana, I. (2023). Merdekakan pikiran dengan kurikulum merdeka memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Bogor: Penerbit Lindan Bestari

Hasriani, H. (2023). Terampil menyimak. Bandung: INDONESIA EMAS GROUP

Hikmah, N. (2022). Kurikulum merdeka pendidikan islam anak usia dini. Tanggerang: Yayasan Bait Qur'any Multimedia

Irawan, T. J. & Desyanri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Kholik, A. (2024). Kurikulum merdeka revolusi pendidikan untuk semua. Banten: Penerbit A- Empat

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Uniga, 4(1). https://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.

Palupi, E. R. R., Utami, W., & Munfarida, A. I. (2023). Terapi bermain playdough dan origami dalam peningkatan konsentrasi belajar pada anak hiperaktif. JURNAL INSAN CENDEKIA, 10(3), 160-251. https://doi.org/10.35874/jic.v10i3.1229.

Pusposari, D. (2021). Menyimak kritis. Indonesia: Media Nusa Creative (MNC Publishing)

Sepriadi,S. (2020). Model permainan bagi kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Indonesia: PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali pers

Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah Br. BB, I. N., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616.

Suherman, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka:teori dan praktik kurikulum merdeka belajar penjas sd. Indonesia: Indonesia Emas Group

Tsuraya, F. G., Azzahra, N., Azzahra, S.& Maharani, S. P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam sekolah penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(4),179-188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860.

Utari, D. & Muadin, A. (2023). Peranan pembelajaran abad-21 di sekolah dalam mencapai target dan tujuan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-ilmi, 6(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493.

Utomo,P., Amaliyah,A., Zubaidah,Z., Rahmat,A., Ramadhan,I.S., Hisraini, A. A, Rahmalia,P., Hartati,M.S., Ahmad,A., Jidah,J. (2021. Buku ajar pendidikan karakter anak sd/mi. Yogyakarta. Indonesia: ZAHIR PUBLISHING

Yoga,R. A.& Roekhan, R. (2024). Strategi konsentratif dalam pembelajaran menyimak beragam wacana lisan berbasis design thinking. Indonesia: Kaizen Media Publishing

Yulianto, A., Farikhin, I., Sofiasyari, I. & Rogibah, R. (2023). Model-model pembelajaran untuk sekolah dasar. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA

Zulvira, R. ., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5(1), 1846–1851. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187.

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003-1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.