Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pemahaman Teks Deskripsi
Abstract
abstrak— Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian menjadi hal penting dalam penlitian. Penelitian ini bertuan untuk mengukur sebarapa valid dan reliabel instrumen penelitian dalam menilai pemahaman peserta didik pada tes teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan bentuk skor dan nilai yang dimana diambil dari angket serta tes. Penelitian ini mengambil 2 guru Bahasa Indonesia sebagai validator dan 35 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kapas. Hasil dari penelitian ini menggunakan 3 aspek pengujian yaitu validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran pada tes tingkat pemahaman teks deskripsi.
Kata kunci— Instrumen penelitian, validitas, reliabilitas
Abstract— Testing the validity and reliability of research instruments is important in research. This research aims to measure how valid and reliable the research instrument is in assessing students' understanding of the descriptive text test. The research method used in this research is a quantitative approach. The data in this research uses scores and grades which are taken from questionnaires and tests. This research took 2 Indonesian language teachers as validators and 35 class VII students at SMP Negeri 1 Kapas. The results of this research use 3 aspects of testing, namely validity, reliability and level of difficulty in the descriptive text comprehension level test.
Keywords— Research instruments, validity, reliability
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AERA. (2014). Standards for educational and psychological testing. American Educational Research Association.
Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Psychological testing. Prentice Hall.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.
Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.
Djollong, A. F. (2019). Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 86 - 100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224.
Efendi, Y. & Widodo, A. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrumen tes shooting sepak bola pada pemain tim persiwu fc jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 367 - 374. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/29565.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2012). How to design and evaluate research in education. McGraw-Hill.
Hasanudin, C., & dkk. (2024). Metodologi penelitian pendidikan. IKIP PGRI Bojonegoro.
Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. PROSIDING SNATS: Jurnal Nasional Aplikasi Sains & Teknologi, 155 - 160. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/snast/article/view/3493.
Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 25 - 30. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPTM/article/view/5273.
Koestoro, M., & Basrowi, A. (2023). Pengembangan alat ukur dalam pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 45-60.
Nunan, D. (1999). Second language teaching & learning.
Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsono, Y., & qomah, I. (2014). Validitas dan reliabilitas skala self-efficacy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 144 – 151. https://doi.org/10.22219/jipt.v2i1.1776.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.