Urgensi Menyimak Konsentratif Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Virda Fitriana, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Menyimak konsentratif memiliki peran penting dalam pembelajaran siswa di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan menyimak konsentratif dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa terdapat (1) Memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi pelajaran, (2) Meningkatkan kemampuan komunikasi, (3) Meningkatkan rasa percaya diri, dan  (4) Lebih aktif dalam pembelajaran. yang dapat dilakukan sebagai peran menyimak konsentratif dalam pembelajaran di sekolah dasar. Simpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat 4 peran menyimak konsentratif dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Kata kunci—Menyimak Konsentratif, Pembelajaran, Sekolah Dasar

 

 

Abstract—Concentrative listening has an important role in student learning in elementary school. The purpose of this study is to improve concentrative listening in primary school learning. The method in this study uses the SLR method. The data in this study uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. Data collection techniques use listening and recording techniques while validation techniques use theoretical triangulation. The results of the study (1) Having a better understanding of the subject matter, (2) Improving communication skills, (3) Increasing self-confidence, and (4) More active in learning. which can be done as a concentrative listening role in learning in elementary schools. The conclusion in this study is that there are 4 roles of concentrative listening in learning in elementary schools.

Keywords—Concentrative Listening, Learning, Elementary School 


Keywords


Concentrative Listening, Learning, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Astuti, W. R. (2020). Meningkatkan kemampuan menyimak konsentratif melalui metode listening team pada siswa kelas VI. Jurnal Al-Hikmah, 8(2). https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/231.

Ayuanita, K., & Efendy, H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. IAIN Madura Press.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Fahrurrozi, dkk., (2022). Model-model pembelajaran kreatif dan berpikir kritis di sekolah dasar. UNJ Press.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735.

Gereda, A. (2020). Keterampilan berbahasa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Hasan, M. (2023) Pendidikan karakter anak usia dini. PT Sada Kurnia Pustaka.

Handayani, S., Masfufah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240-2246. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.770.

Hasanah, U. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291.

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa (dilengkapi caturtunggal keterampilan berbahasa). CV Pilar Nusantara.

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1). https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20.

Lestari, F., (2020). Memahami karakteristik anak. CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Mustadi, A., dkk (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar. UNY Press.

Ma'mun, M. A. (2018). Kajian pembelajaran tulis Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.31.

Nasution, S. (2009). Teori belajar dan pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Nugroho, M.F. (2020) Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Edu Publisher.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2), 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Paling, S. dkk. (2024). Belajar pembelajaran. Jurnal Mifan di Mandiri Digital, 1(1), 1-48.

Ponidi, dkk. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. Penerbit Adab (CV Adanu Abimata).

Roswita, R. (2015). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1). https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Rusman, (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.

Syamsudin, R. (2021). Buku keterampilan berbahasa Indonesia. Makassar.

Suryosubroto, B. (2002). Proses belajar mengajar. Rineka Cipta.

Sudarma, A. (2015). Komunikasi efektif dalam proses pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Sadiyah, T.(2022). Penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Hukum, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(3), 148-159. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408.

Setiantono, T. (2012). Penggunaan metode bercerita bagi anak usia dini di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 18-23. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611.

Siska Yanti, J., &Chastanti, I. (2022). Analisis karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Sabarudin, S. (2018). Materi pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(1), 1-18.

Taufiq, A. (2014). Hakikat pendidikan di sekolah dasar. Pendidikan anak di SD, 1(1), 1-37.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). http://dx.doi.org/10.29210/3003205000.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2), 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.