Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian untuk Mengukur Tingkat Pemahaman Teks Cerita Pendek

Tantia Dwi Reni, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi instrumen yang dibuat untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks cerita pendek, serta menguji validitas dan reliabilitasnya. Validitas dan reliabilitas merupakan dua elemen penting dalam pengembangan alat penelitian, di mana validitas memastikan instrumen dapat menilai apa yang seharusnya dinilai, sedangkan reliabilitas memastikan konsistensi hasil pengukuran. Instrumen yang valid dan reliabel memungkinkan penilaian terhadap pemahaman siswa dilakukan secara objektif dan akurat. Hasil penelitian ini mencakup validitas dan reliabilitas butir soal tes pemahaman teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian dua guru yang memvalidasi butir instrumen tes dan siswa kelas IX SMP Ahmad Yani Baureno yang terlibat dalam uji coba instrumen tes. Data penelitian berupa nilai dan skor yang diperoleh melalui tes dan angket. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan instrumen evaluasi yang lebih efektif dalam pengajaran sastra.

Abstract— This research aims to evaluate instruments created to measure students' understanding of short story texts, as well as test their validity and reliability. Validity and reliability are two important elements in the development of research tools, where validity ensures that the instrument can assess what it is supposed to assess, while reliability ensures the consistency of measurement results. Valid and reliable instruments enable assessments of student understanding to be carried out objectively and accurately. The results of this research include the validity and reliability of the short story text comprehension test items. This research was carried out using a quantitative approach, with the research subjects being two teachers who validated the test instrument items and class IX students at Ahmad Yani Baureno Middle School who were involved in testing the test instrument. Research data is in the form of grades and scores obtained through tests and questionnaires. This research contributes to the development of more effective evaluation instruments in literature teaching.


Keywords


Validity, Reliability, Understanding of Short Story Texts

Full Text:

PDF

References


Djojosuroto, K., & Sumaryati, M. L. A. (2023). Prinsip-prinsip dasar penelitian bahasa dan sastra. Nuansa Cendekia.

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12-23. http://https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 186-199. http://https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi pembelajaran. Sanata Dharma University Press.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Qomariah, W. F., Vebrianto, R., & Berlian, M. (2022). Pengembangan Instrumen Berpikir Inventif Siswa. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 60-64.http://https://doi.org/10.55748/mjtl.v2i2.88

Saputri, H. A. S., & Larasati, N. J. (2023). Analisis Instrumen Assesmen: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2986-2995. http://https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2268

Triana, D. D. (2020). Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran Tari. Jakad Media Publishing.

Utami, L., Ilahi, D. P., & Ratih, A. (2024). Analisis Indeks Aiken untuk mengetahui Validitas Isi Instrumen Scinetific Habbits of Mind. Journal of R http://https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17430esearch and Education Chemistry, 6(1), 59-59.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.