Peran Media Sosial dalam meningkatkan Keterampilan Menyimak Efektif pada Generasi Muda
Abstract
abstrak—keterampilan menyimak efektif dapat dilakukan melalui platfrom yang ada di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peran media sosial dalam meningkatkan keterampilan menyimak efektif pada generasi muda. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data dengan simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial dalam meningkatkan keterampilan menyimak efektif pada generasi muda dapat dilakukan dengan cara 1) menawarkan berbagai konten edukatif dalam format audio dan video 2) mendorong partisipasi dalam diskusi yang bersifat interaktif 3) memperkenalkan berbagai jenis aksen dan bahasa 4) mengasah kemampuan mendengarkan secara langsung. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat empat peran media sosial dalam meningkatkan kemampuan menyimak efektif pada generasi muda.
Abstract—effective listening skills can be done through platforms on social media. The purpose of this study is to determine the role of social media in improving effective listening skills in the younger generation. This research method uses the SLR approach. The data in this study used secondary data taken from books and journals published nationally. Data collection techniques by listening and recording. Data validation technique using data triangulation. The results showed that the role of social media in improving effective listening skills in the younger generation can be done by 1) offering a variety of educational content in audio and video formats 2) encouraging participation in interactive discussions 3) introducing various types of accents and languages 4) sharpening direct listening skills. The conclusion in this study is that there are four roles of social media in improving effective listening skills in the younger generation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual siswa kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1).https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.44.
Apryanto, F. (2022). Peran generasi muda terhadap perkembangan teknologi digital di era society 5.0. Media Husada Journal of Community Service, 2(2), 130-134.https://doi.org/10.33475/mhjcs.v2i2.35.
Aqiilah, D., As, D. S., & Fauzi, A. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Tindak Kenakalan Remaja. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 219-225.https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1176.
Awaliyah, F., Aisiyah, A., Putra, F. E., & Santoso, G. (2022). Peradaban Patriotisme dan Nasionalisme; Generasi Muda sebagai Landasan Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 62-72.https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.306.
Azzahra, P. T., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 90-92.https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.696.
Azzahra, R. (2017). Analisis Pembuatan Video Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pembelajaran Menyimak oleh Mahasiswa Kelas A Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Khairun Ternate. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 8-14.https://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1759.
Ermawati, E. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik dengan Metode Diskusi Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i1.1553.
Ernawati, N. L. S., & Rasna, I. W. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 103-112.https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3525.
Hadi, S. (2017). Story-telling: Upaya meningkatkan daya simak dalam keterampilan menyimak interaktif berbahasa. Brilliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 163-177.https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.42.
Hanafiah, A. N., Wulandari, Y. F., & Himawan, S. (2024). Peran Konten Edukatif Di Instagram Dalam Memotivasi Tugas Akhir Mahasiswa. Brand Communication, 3(3), 287-299.https://www.jurnalprisanicendekia.com/index.php/jbc/article/view/320.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).https://jurnal.unw.ac.id/index.php/AIJ/article/view/370.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324).https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lempuyang, 3(2), 57-67.https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Kartiningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Indonesia: Muhammadiyah University Press.
Leli, N., Nur Hadiah, N., Handayani, R. T., & Suhairi, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436-444.https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5018.
Manalu, R. J., Tumanggor, E. J., Sidauruk, M. A. B., Sitorus, H. A., Damanik, G. T. I., Herman, H., & Sihombing, S. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 056915 Perumnas Batu 6 dalam Keterampilan Menyimak. Journal on Teacher Education, 4(3), 204-211.https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12245.
Naryatmojo, D. L. (2018, December). Penggunaan Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bermuatan Pendidikan Karakter Profetik Untuk Mengukur Keberhasilan Hasil Belajar Mahasiswa. In Proceeding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (Vol. 40, No. 601, pp. 601-620).https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/126.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78-84. https://doi.org/10.17509/EH.V10I2.10867.
Nurrahman, R., & Kartini, R. (2021). Variasi Bahasa Dalam Percakapan Antartokoh Film Ajari Aku Islam. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 175-186.https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8505.
Pertiwi, R. R. (2024, September). Pemanfaatan Teknologi Text to Speech dan Voice Changer Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (Vol. 3, No. 1). http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/709.
Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan dari Media Sosial dan Game Online. Telangke:Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 01–10.https://doi.org/10.55542/jiksohum.v4i2.357.
Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 810-815.http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3083.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561).https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Ramadani, N., Nurhayati, N., & Sari, R. (2023). Upaya Peningkatan Minat Generasi Muda Dalam Kegiatan Rebana Di Desa Teluk Batil. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2(1), 19-26.https://doi.org/10.53398/ja.v2i1.284
Rosyidah, A. N., & Ismeirita, I. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di Smpn 20 Bekasi). Research and Development Journal of Education, 9(1), 34-44.http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13839.
Satriani, M., & Siregar, A. (2024). MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN UKM. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(1), 21-30.https://doi.org/10.8734/musytari.v3i1.1608.
Septya, J. D., Widyaningsih, A., BB, I. N. K. B., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-368.https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616.
Susetyo, R. A., Supatmo, S., & Haryanto, E. (2016). Perancangan Buku Cerita Bergambar Ramayana Sebagai Media Penyampai Pesan Moral Bagi Generasi Muda. Arty: Jurnal Seni Rupa, 5(1), 53-64.https://doi.org/10.15294/arty.v5i1.35109.
Tirza, J., & Cendana, W. (2022). Peranan Pancasila Sebagai Pembentuk Karakter Generasi Muda Indonesia Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(2), 23-32.http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v6.n2.2021.pp23-32.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378).https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utomo, C. B. (2018, December). Konservasi Sosial Dan Penguatan Kapasitas Generasi Muda Melalui Infografik Budaya Lokal. In Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 311-319).https://proceeding.unnes.ac.id/snkppm/article/view/126.
Yulistya, D. R., Ita Widjajanti, S., & Siregar, J. S. (2023). Pengaruh karakteristik generasi muda terhadap pelaksanaan adat perkawinan kabupaten kepulauan anambas. Jurnal Adijaya Multidisiplin, 1(04), 678-685.https://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/view/736.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.