Desain Game Belajar Membaca Mengeja untuk PAUD dengan menggunakan Website Scratch
Abstract
abstrak— Scratch adalah bahasa pemrograman yang tersedia secara cuma-cuma untuk para pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis game belajar membaca mengeja untuk PAUD dengan menggunakan website scratch. Metode yang digunakan adalah SDLC Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Sprite halaman utama, 2) Sprite zarafah 1, 3) Sprite zarafah 3, dan 4) Sprite za.
Abstract—Scratch is a programming language that is freely available to users. The purpose of this study is to determine the results of the analysis of learning to read spelling games for PAUD using the Scratch website. The method used is SDLC Waterfall. The results of this research are 1) Main page sprite, 2) Sprite zarafah 1, 3) Sprite zarafah 3, and 4) Sprite za.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui kartu huruf hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46-57.https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638.
Cahyaningtyas, A. S. (2020). Pembelajaran menggunakan augment reality untuk anak usia dini di indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20-37. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850.
Fiqa, H. F., Pradana, R. P., Hanif, M., & Septiansyah, R. G. (2022). Digitalisasi layanan kesehatan desa grujugan melalui pengembangan e-posyandu menggunakan metode SDLC-Waterfall. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 5(1), 43-57. https://doi.org/10.20895/inista.v5i1.891.
Hardiansyah, B., & Armin, A. P. (2023). Rancang bangun game interaktif menggunakan Scratch dengan computational thinking. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 717-724. https://www.bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/5107.
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.
Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Anwar, K., Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2021). Pemanfaatan aplikasi scratch sebagai alternatif media belajar siswa “z generation” untuk guru-guru SDN 1 Labuapi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 871-875. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554.
Jauhari, A., Anamisa, D, R., Mufarroha, F., A. (2022). Analisis dan desain sistem informasi: pendekatan pengembangan system. Cet. I. Malang: Media Nusa Creative.
Komalasari, L., & Indaryono, I. (2019). Komputerisasi akuntansi penggajian karyawan pada PT. Summit Adyawinsa Indonesia berbasis web. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 13(4), 24-37. https://doi.org/10.35969/interkom.v13i4.40.
Lestariningrum, A. (2022, August). Konsep pembelajaran terdefirensiasi dalam kurikulum merdeka jenjang PAUD. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1179-1184. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2504.
Martias, A. (2018). Analisa kecukupan penerapan pengawasan internal dengan metode system development life cycle PT. XYZ. Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 139-148. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/3903.
Muflihin, H. H., Dhika, H., & Handayani, S. (2020). Perancangan sistem informasi inventory pada toko rosadah. Bianglala Informatika, 8(2), 91-99. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/8712.
Munawar, Z. (2019). Perancangan interface aplikasi pencatatan persediaan barang di Kios Buku Palasari Bandung dengan metode user centered design menggunakan balsamiq mockups. COMPUTING| Jurnal Informatika, 6(2), 10-20. https://doi.org/10.55222/computing.v6i2.199.
Murni, S., & Sabaruddin, R. (2018). Pemanfaatan Qr Code Dalam Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Siswa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(2), 199-208. https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i2.2144.
Nisa, A. I., Abdullah, R., & Wardani, R. K. (2023, January). Studi literatur: penggunaan media scratch terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) 4(1), 257-264). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1199.
Nurhadi. (2021). Teknik membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pratama, L. R. (2022). Manajemen pendidikan karakter PAUD. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2), 182-194. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1125.
Pricillia, T. & Zulfachmi (2021). Perbandingan metode pengembangan perangkat lunak (waterfall, prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6-12. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif: studi eksplorasi siswa di SMPN 62 Surabaya. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 242–246. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250.
Sanubari, T., Prianto, C., Riza., N. (2020). Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode naive bayes pada pengembangan aplikasi e-commerce menggunakan codeigniter. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192-209. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176.
Siahaan, M. (2023). Pengembangan helpdesk ticketing system berbasis website dengan menggunakan metode SDLC, XP, dan Scrum. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4(3), 1399-1410. https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1400.
Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain media pembelajaran matematika topik luas daerah segitiga menggunakan aplikasi scratch. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1390-1398. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.643.
Supena, A., & Muawwanah, U. (2021). Penggunaan kartu huruf sebagai media pembelajaran membaca anak disleksia. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 98-104. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.12.
Suryana, A. N., Hamdan, A., & Karwati, L. (2018). Evaluasi program pendidikan anak usia dini (paud) di pkbm danis jaya kota tasikmalaya. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 6-10. https://doi.org/10.37058/jpls.v3i1.1613.
Syah, M. E., Damayanti, E., Zahara, I. (2023). Mengerti anak usia dini: landasan psikologi PAUD. Sulawesi Tengah: Feniks Muda Sejahtera.
Triyanto, R. (2020). Rancang bangun aplikasi penjualan berbasis website (studi kasus: toko waroeng bola). Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 2(1). https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/article/view/670/360.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159-176. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.