Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak melalui Pendekatan Interaktif pada Mahasiswa

Yerista Andhini, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—keterampilan menyimak dapat dilakukan melalui pendekatan interaktif. tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya meningkatkan keterampilan menyimak melalui pendekatan interaktif pada mahasiswa. metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. data di dalam peneliitan ini menggunakan data skunder yang duambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. teknik pengumpulan data dengan simak dan catata. teknik validasi data dengan menggunakan triangulasi data. hasil penelitian nenunjukkan bahwa upaya meningkatkan keterampilan menyimak melalui pendekatan interaktif pada mahasiswa dapat dilakukan dengan cara 1) bersiskusi kelompok 2) sesi tanya jawab 3) melakukan debat terstruktur. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdadat tiga upaya dalam meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa melalui pendekatan interaktif.

Kata kunci—keterampilan menyimak, mahasiswa pendekatan interaktif

 

 

Abstract— abstract—listening skills can be done through an interactive approach. The purpose of this study is to find out how to improve listening skills through an interactive approach in students. This research method uses the SLR approach. The data in this research uses secondary data taken from books and journals published nationally. Data collection techniques with sit and notes. Data validation techniques using data triangulation. The results of the study show that efforts to improve listening skills through an interactive approach in students can be done by 1) conducting group discussions 2) question and answer sessions 3) conducting structured debates. The conclusion in this study is that there are three efforts to improve students' listening skills through an interactive approach.

Keywords— listening skills, students, interactive approach


Keywords


Critical listening, emotional intelligence, adolescents

Full Text:

PDF

References


Afifah, S. M. N., Pratama, A., Setyaningrum, A., & Mughni, R. M. (2023). Inovasi media pembelajaran untuk mata pelajaran ipas. Jawa Tengah. Indonesia: Cahya ghani recovery.

Akrim, A. (2022). Buku ajar strategi pembelajaran. Medan. Indonesia: Umsu Press.

Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F.,& Listiani, H. (2024). Media pembelajaran interaktif. PT sonpedia publishing Indonesia.

Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. Pemekasan. Indonesia: IAIN Madura Press.

Devega, A. D. (2022). Pengembangan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis ndroid. CV Batam Publisher.

Fadhilah, D. (2022). Aspek pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI kelas tinggi. CV Jejak.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan dinamika dunia kampus. CV Rasi terbit.

Ginting, L. S. D. (2020). Bahasa Indonesia sd 2 pendidikan guru sekolah dasar. Guepedia.

Hasriani, H. (2023). Terampil menyimak. Indonesia emas group.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Januar, J., (2024). Pendidikan islam berbasis adat dan syarak prespektif syekh Sulaiman Arrasuli. Zahir Publisher.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnalampuhyang.v3i2.132.

Kautsar, M. K. A., & Sutabri, T. (2024). Analisis pemahaman mahasiswa dalam menghadapi tantangan dan strategi untuk perkembangan teknologi. IJM: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(3), 115–121. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/716.

Kertati, I., Susanti, T., Muhammadiah, M., Efitra, E., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet, A. (2023). Model dan metode pembelajaran inovatif era digital. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Laila, A. (2020). Menyimak Efektif. Lutfi gilang.

Mansyur, A. I., Ratih, S. D., Bagenda. C., Bangun, R., Nasrin, N., Hilman, Y. A., Primasari, S., Salbiah, S., Susilowati, S., Sudarto, S., Nu'man, M. H., Faza, I., Sofyan, M. M., Fajar, A., Yunita, Y., & Rakhman, C. U. (2022). Pendidikan anti korupsi. Widina Bhakti Persada Bandung.

Mattawang, M. R., & Syarif, E. (2023). Dampak penggunaan kahot sebagai platform gamifikikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Pembelajaran dan Teknologi, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5843.

Mulyadi, E. (2005). Muslimah at work strategi sukses pribadi dan karir. Qultum Media.

Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran daring pada pendidikan tinggi tantangan bagi mahasiswa dan dosen di tengah landemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378 - 390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145.

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar. Prenadamedia Grup.

Purnomo, P. J. (2023). Hikayat sultan Ibrahim ibn Adham koleksi museum kota Tanjungpinang. Jejak Pustaka.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Pusposari, D. (2021). Menyimak kritis. Media Nusa Creative.

Rizki, A. M. (2018). 7 jalan mahasiswa. CV Jejak.

Sanulita, H., Lestari, S. C., Syarmila, S., Yustina, I. Atika, A., Nurillah, S., Iqbal, M., Elofhia, L., & Annisa, A. (2024). Keterampilan berbahasa reseptif. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Saragih, R. M., & Fimansyah, W. (2023). Persepsi mahasiswa tentang globalisasi sebagai tantangan untuk identitas nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian , 1(1), 95-102. https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30202.

Septya, JD, Widyaningsih, A., Khofifah Br. BB, IN, & Harahap, SH (2022). Pembelajaran Mesimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616.

Simanjuntak, M. (2023). Peta distribusi mata kuliah panduan mahasiswa pendidikan agama kristen. CV Green Publisher Indonesia.

Sugiarti, T. (2023). Pengaruh self esteem dan impostor syndrome terhadap kecemasan akademis mahasiswa. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Syaiful, A. (2023). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.