Urgensi Membangun Nasionalisme Melalui Penguatan Nilai Pancasila di Masyarakat

Berta Saputri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Nasionalisme berarti sikap yang mencakup rasa tanggung jawab untuk mempertahankan kedaulatan. Tujuan dari penelitian ini ingin memberikan gambaran tentang urgensi membangun nasionalisme melalui penguatan nilai pancasila di masyarakat agar terciptanya kesadaran dan motivasi di masyarakat dalam mengimplementasikan nilai pancasila untuk memperkokoh nasionalisme serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data dalam penelitian ini termasuk data sekunder yang berbentuk frasa, klausa, dan kalimat yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan catat. Data dianalisis dengan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada urgensi 1) Memperkuat identitas nasional 2) Mengamalkan nilai pancasila dalam kehidupan sosial dan 3) Mencegah perpecahan dalam masyarakat yang dilakukan oleh urgensi membangun nasionalisme melalui penguatan nilai pancasila di masyarakat. Simpulan penelitian ini adalah terdapat tiga urgensi membangun nasionalisme melalui penguatan nilai pancasila di masyarakat.

Kata kunci—Masyarakat, Nasionalisme, Nilai Pancasila

 

Abstract— Nationalism means an attitude that includes a sense of responsibility to defend sovereignty. The purpose of this research is to provide an overview of the urgency of building nationalism through strengthening the value of Pancasila in the community in order to create awareness and motivation in the community in implementing the value of Pancasila to strengthen nationalism and strengthen national unity and integrity. The method in this research uses the SLR method. The data in this study include secondary data in the form of phrases, clauses, and sentences taken from books and national journals. Data collection techniques using the method of listening and noting. The data were analysed using theoretical triangulation technique. The results showed that there is an urgency to 1) Strengthening national identity 2) Practising the value of Pancasila in social life and 3) Preventing divisions in society carried out by the urgency of building nationalism through strengthening the value of Pancasila in society. The conclusion of this research is that there are three urgencies of building nationalism through strengthening the value of Pancasila in society.

Keywords—Society, Nationalism, Pancasila Values


Keywords


Society, Nationalism, Pancasila Values

Full Text:

PDF

References


Aini, D. N., & Efendi, A. (2019). Penanaman nilai-nilai nasionalisme pancasila dalam pendidikan vokasi. Jurnal belaindika (pembelajaran dan inovasi pendidikan), 1(1), 34-45. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i1.9.

Aminullah, A. (2018). Inplementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Jurnal ilmiah ikip Mataram, 3(1), 620-628. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/160.

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai pancasila dalam pendidikan karakter. Gema keadilan, 9(3), 186-198. https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: menggali potensi lokal desa. Moderat: jurnal ilmiah ilmu pemerintahan, 6(1), 135-143. http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i1.3319.

Farhan, M. F. (2022). Peran nasionalisme dalam kemandirian bangsa dan kemandirian industri pertahanan. Jurnal global citizen: jurnal ilmiah kajian pendidikan kewarganegaraan, 11(2), 52-58. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.8156.

Habib, M. A. F. (2021). Kajian teoritis pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif. Ar rehla: journal of Islamic tourism, halal food, islamic traveling, and creative economy, 1(2), 82-110. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778.

Hidayah, E. N. (2021). Urgensi pendidikan kewarganegaraan dalam memperkukuh nasionalisme untuk kemajuan Indonesia. Waspada (jurnal wawasan pengembangan pendidikan), 9(02), 37-45. https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.273.

Hidayat, N., Widyaningrum, N., & Sarjito, A. (2021). Literasi digital dan bela negara: sebuah upaya untuk mencegah hoax dalam sistem pertahanan negara. Nusantara: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 8(1), 32-41. https://bit.ly/4gi5CQHe-jurnalilmupengetahuansosial.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Hudiarini, S. (2017). Penyertaan etika bagi masyarakat akademik di Kalangan Dunia pendidikan tinggi. Jurnal moral kemasyarakatan, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i1.1699.

Ismayati, I. (2024). Rekonstruksi sosial kampung pecarikan: upaya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan positif. Dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat, 17(1), 83-112. https://bit.ly/3OGmKE2.

Kanesa, P., & Maryana, M. E. (2021). Problematika moral bangsa terhadap etika masyarakat. Jurnal rechten: riset hukum dan hak asasi manusia, 3(3), 25-35. https://doi.org/10.52005/rechten.v3i3.72.

Loliyana, L., Perdana, D. R., Izzatika, A., & Apriliyani, R., (2024). peran pancasila dalam pembangunan karakter Indonesia. In prosiding seminar nasional pendidikan fkip universitas lampung (pp. 686-690). http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/577.

Margayaningsih, D. I. (2018). Peran masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa. Publiciana, 11(1), 72-88. https://doi.org/10.36563/publiciana.v11i1.140.

Murod, A. C. (2011). Nasionalisme” dalam pespektif islam”. Citra lekha, 15(2), 45-58. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/cilekha/article/view/5039.

Mustanir, A. (2017). Partisipasi masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan di Kelurahan Kanyuara Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal politik profetik, 5(2), 247-261. https://doi.org/10.24252/profetik.v5i2a6.

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya penanaman nilai pancasila dan moral pada anak usia dini. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 6(5), 5041-5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865.

Nursamsi, D. J., & Jumardi, J. (2022). Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(5), 8341-8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775.

Nuryadi, M. H., & Widiatmaka, P. (2022). Keunggulan youtube sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan sikap nasionalisme mahasiswa. Journal of civic education, 5(3), 356-367. https://bit.ly/3Zk8BRN.

Prasetyaningrum, G., Nurmayanti, F., & Azahra, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi etika sistem informasi: moral, isu sosial dan etika masyarakat (literature review sim). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(2), 520-529. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.

Prasetyo, D. (2019). Memahami masyarakat dan perspektifnya. Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 1(1), 163-175. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253.

Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidikan karakter di Mts Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara pendidikan dan pengajaran, 1(02), 78-86. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di Era Revolusi Industri 4.0. In prosiding seminar nasional multidisiplin, 1(1), 44-50. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/261.

Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman nilai-nilai pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan tambusai, 6(2), 9940-9945. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3994.

Santoso, G., Abdulkarim, A., & Maftuh, B. (2023). Kajian identitas nasional melalui misi bendera merah putih, dan bahasa indonesia abad 21. Jurnal pendidikan transformatif, 2(1), 284-296. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.138.

Sila, I. M., Santika, I. G. N., & Dwindayani, N. M. A. (2023). Meningkatkan sikap disiplin siswa melalui optimalisasi peran guru ppkn dalam menginternalisasikan nilai-nilai pancasila. Jocer: journal of civic education research, 1(2), 41-48. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i2.27.

Subandi, B. (2019). Nasionalisme religius sebagai strategi dakwah struktural. In proceeding of international conference on da’wa and communication, 1(1), 224-234. https://bit.ly/4ghpcN3.

Sukarno, S. (2021). Hakikat bahasa, nasionalisme, dan jatidiri bangsa dalam kebijakan pendidikan bahasa. Edukasi, 19(1), 8-20. https://doi.org/10.33387/j.edu.v19i1.3199.

Suteki, S., & Damanik, A. R. (2024). Pendidikan karakter dengan mengimplementasi nilai pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat ditinjau melalui ibadah sehari-hari mahasiswa stai samora Kota Pematangsiantar. Journal on education, 6(2), 15396-15403. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5425.

Suyadi, A. (2018). Pancasila sebagai paradigma pembangunan hukum. Jurnal surya kencana satu dinamika masalah hukum dan keadilan, 9(1), 1-18. https://core.ac.uk/download/pdf/337609785.pdf.

Umami, K. (2022). Nasionalisme kh. as’ ad syamsul arifin dalam novel kesatria kuda putih karya ahmad sufiatur rahman. Jsi: jurnal sejarah islam, 1(02), 93-112. https://doi.org/10.24090/jsij.v1i2.6961.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wardhani, M. K., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2024). 1" Etika dan representasi dalam film dokumenter: tantangan dokumentaris di Era Post-Truth tahun 2024". Pro Film Jurnal, 6(1), 224-241. https://doi.org/10.56849/h4rkee64.

Widianto, A. A., & Lutfiana, R. F. (2021). Kearifan lokal kabumi: media internalisasi nilai-nilai karakter masyarakat Tuban Jawa Timur. Satwika: kajian ilmu budaya dan perubahan sosial, 5(1), 118-130. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15929.

Windari, S., & Aziz, M. I. (2021). Filsafat dalam sistem nilai pancasila. Aksiologi: jurnal pendidikan dan ilmu sosial, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i1.64.

Yuliarti, Y., Rustono, R., & Nuryatin, A. (2015). Tindak tutur direktif dalam wacana novel trilogi karya Agustinus Wibowo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 78-85. https://journal.unnes.ac.id/sju/seloka/article/view/9864.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.