Urgensi Pembentukan Karakter dan Rasa Nasionalisme di Era Globalisasi

Mawar Regina Dwi Cahyani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Nasionalisme merupakan sebuah ideologi yang penting dalam menjaga kesatuan bangsa, terutama di era globalisasi yang menghadirkan tantangan besar terhadap identitas budaya dan moral bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi urgensi pembentukan karakter dan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda sebagai respons terhadap pengaruh budaya luar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan pengumpulan data sekunder dari berbagai sumber, termasuk dokumen, buku, dan artikel ilmiah. Serta memvalidasi data ini  menggunakan sebuah teknik triangulasi Hasil penelitian menunjukkan 1) peningkatan sebuah identitas nasional di tengah maraknya pengaruh global, 2) memperkuat adanya sebuah rasa persatuan serta kesatuan bangsa, 3) peningkatan ketahanan nasional dalam menghadapi arus tantangan global, 4) adanya peran pendidikan dalam  membangun suatu karakter, 5) menghadapi era digital dengan karakter yang kuat merupakan sebuah pembentukan karakter dan rasa nasionalisme. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembentukan karakter bisa diwujudkan melalui lima upaya di era digital ini.

 

Kata kunci— era globalisasi, pembentukan karakter, rasa nasionalisme

 

 

Abstract—Nationalism is an important ideology in maintaining the unity of the nation, especially in the era of globalization which presents great challenges to the cultural identity and morals of the nation. This research aims to explore the urgency of character building and a sense of nationalism among the younger generation as a response to external cultural influences. The method used is Systematic Literature Review (SLR), with secondary data collection from various sources, including documents, books, and scientific articles. And validate this data using a triangulation technique The results showed 1) increasing national identity in the midst of global influence, 2) strengthening the sense of national unity and integrity, 3) increasing national resilience in the face of global challenges, 4) the role of education in building a character, 5) facing the digital era with a strong character is a character building and a sense of nationalism. This research concludes that character building can be realized through five efforts in this digital era.


Keywords


globalization, character building, nationalism

Full Text:

PDF

References


Aulia, A. S., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme dan patriotisme generasi muda di era globalisasi. Journal on Education, 4(4), 1097-1102.https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.514.

Billah, H. U., Yunita, M. A., Pratama, M. A., & Kembara, M. D. (2023). Kesadaran berpancasila dalam mempertahankan identitas nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1373.

Budiwibowo, S. (2016). Revitalisasi pancasila dan bela negara dalam menghadapi tantangan global melalui pembelajaran berbasis multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 565-585.https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1083.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi pendidikan nilai di era globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3225-3226.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581.

Fajar, A. H. A. (2023). Systematic literature review: Tantangan era globalisasi bagi pengembangan masyarakat Islam. Tebuireng: Journal of Islamic Studies and Society, 4(2), 183-198.https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/TJISS/article/view/6177.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369-387.https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/tribakti/article/view/602?__cf_chl_tk=Sws428QwFTG0CoxZhLgXHxgRs4fYKiJ9tM_XsQ.cl9M-1731941928-1.0.1.1-Gukgi4vYiY.kmm03MVvmS5ralv1ZyUuRekQYFBSLd.0.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369-387.https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/tribakti/article/view/602?__cf_chl_tk=Sws428QwFTG0CoxZhLgXHxgRs4fYKiJ9tM_XsQ.cl9M-1731941928-1.0.1.1-Gukgi4vYiY.kmm03MVvmS5ralv1ZyUuRekQYFBSLd.0.

Hamid, E. S. (2016). Peran pembangunan untuk mengukuhkan nasionalisme dan membangun karakter bangsa. Unisia, (76), 41–46.https://journal.uii.ac.id/Unisia/article/view/5577.

Hayqal, M. R., & Najicha, F. U. (2023). Peran pendidikan Pancasila sebagai pembentuk karakter mahasiswa. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 55-62.https://doi.org/10.53682/jce.v7i1.6165.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324).https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Istiarsono, z. (2021). Tantangan pendidikan dalam era globalisasi: Kajian teoretik. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 19–24.http://intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/78.

Januarharyono, Y. (2019). Peran pemuda di era globalisasi. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 13(1).https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/277.

Januarharyono, Y. (2019). Peran pemuda di era globalisasi. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 13(1), 4-5.https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/277.

Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2), 64-65.https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7469/5808.

Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2), 64-65.https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7469/5808.

Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2), 61-72.https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7469/5808.

Lalo, K. (2018). Menciptakan generasi milenial berkarakter dengan pendidikan karakter guna menyongsong era globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 12(2), 8-8.https://doi.org/10.35879/jik.v12i2.23.

Minarso, I. P., & Najicha, F. U. (2022). Upaya memperkuat persatuan dan kesatuan untuk melawan globalisasi. Jurnal kewarganegaraan, 6(1), 543-551.https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2539.

Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76.

Norlaila, N., Diman, P., Linarto, L., Poerwaka, A., & Setyoningsih, R. A. (2022). Representasi nilai-nilai social dalam karungut. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(1), 125–136.https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.149.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561).https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Ramadhan, M. A., Syaifi, S. R. A., Arsalan, F. N., & Fitriono, R. A. (2022). Peranan Pancasila di era globalisasi. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(03), 78-84.https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/870.

Rista, N. V., Jadidah, T. I. Oktariyani, R., Putria, B. A., & Gusniawati, S. (2023). Menanamkan sikap nasionalisme dalam pembelajaran IPS pada siswa fase A, kelas 1 di min 2 kota Palembang. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04), 217–225.https://doi.org/10.62668/kapalamada.v2i04.835.

Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan pendidikan karakter di era digital. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(01), 1–8.https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006.

Saputra, I. A. A., & Najicha, F. U. (2024). Pengaruh lingkungan terhadap tumbuhnya jiwa nasionalisme. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 4(1), 1–5.https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v2i1.893.

Silfiyasari, M., & Zhafi, A. A. (2020). Peran pesantren dalam pendidikan karakter di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127-135.https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218.

Taranau, O. K. (2023). Upaya meningkatan rasa nasionalisme dengan pendidikan kewarganegaraan kepada generasi milenial di era globalisasi. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 978-983.https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/24968/11727.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378).https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Utomo, T. S., Syakur, A. Aziz, A., & Wulansari, Astuti. (2022). Urgensi nasionalisme dalam pendidikan multikultural. AL- Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, 8(1), 16-28.https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/allubab/article/view/4942.

Yunarti, Y. ( 2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278.https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/374.

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278.https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/374.

Yuniati, S. P. (2020). Memperkuat pendidikan karakter nasionalisme melalui pembelajaran IPS. In PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL KOLOKIUM 2020, 2(4), 16-27.https://digitallibrary.ump.ac.id/807/.

Yusnita, I., Alvionita, R., & Liana, D. (2004). Memperkuat persatuan dan kesatuan dalam bingkai nkri melalui Pendidikan dan partisipasi masyarakat. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 3(4), 1-10.https://ejournal.warunayama.org/index.php/causa/article/view/3040.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.