Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pasif di kalangan Gen Z pada Era Digital

Ahmad Farid Yulianto, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Meningkatkan keterampilan menyimak pasif di kalangan Gen Z dapat ditingkatkan pada era digital. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk membantu bagaimana era digital dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pasif pada Gen Z. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data dengan simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan keterampilan menyimak pasif di kalangan Gen Z pada era digital dapat dilakukan dengan cara 1) memanfaatkan media digital untuk belajar 2) mengikuti diskusi atau presentasi dan 3) menggunakan aplikasi atau teknologi pendukung. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 3 upaya meningkatkan keterampilan menyimak pasif di kalangan Gen Z pada era digital yaitu 1) memanfaatkan media digital untuk belajar 2) mengikuti diskusi atau presentasi dan 3) menggunakan aplikasi atau teknologi pendukung.

Kata kunci—Era Digital, Gen Z, Menyimak Pasif

 

 

Abstract—Improving passive listening skills among Gen Z can be improved in the digital era. The purpose of this research is to help how the digital era can be used to improve passive listening skills in Gen Z. This research method uses the SLR approach. The data in this study used secondary data taken from books and journals published nationally. Data collection techniques by listening and recording. The data validation technique uses data triangulation. The results of this study indicate that efforts to improve passive listening skills among Gen Z in the digital era can be done by 1) utilizing digital media for learning 2) participating in discussions or presentations and 3) using applications or supporting technology. The conclusion in this study is that there are 3 efforts to improve passive listening skills among Gen Z in the digital era, namely 1) utilizing digital media to learn 2) participating in discussions or presentations and 3) using applications or supporting technology.

Keywords—Digital Age, Gen Z, Passive Listening


Keywords


Digital Age, Gen Z, Passive Listening

Full Text:

PDF

References


Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh kegiatan pramuka terhadap karakter siswa madrasah ibtidaiyah di era digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26-38. https://doi.org/10.32665/ulya.v3i1.694.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jurnal Holistika, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.

Febriyani, D., & Mursidah, I. (2020). Ekonomi dan perbankan syariah di tengah era digital. Muamalatuna, 12(2), 1-14. https://doi.org/10.37035/mua.v12i2.3969.

Irlansyah, I., Rusmiati, R., Rhamadona, I., & Ilossa, A. (2022). Peran Gen-Z dalam pelaksanaan program Generasi Berencana (GENRE) Menuju Generasi Muda Yang Berkualitas. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(2), 33-39. https://doi.org/10.69989/222pnz38.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Kusnandi, K. (2019). Mengartikulasikan perencanaan pendidikan di era digital. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i1.2023.

Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 90-94. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1826.

Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Lutfi Gilang.

Mulyanti, M. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi dan metode presentasi pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Perilaku Jujur Kelas IX-4 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 110-123. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i1.310.

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal riset rumpun ilmu bahasa, 2(2), 48-56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405.

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi literasi pada gen-z untuk menyiapkan generasi progresif era revolusi industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28-36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113.

Prasetyo, A. A. (2019). Dampak era digital terhadap perpustakaan sebagai upaya menarik generasi milenial. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 1-7. https://doi.org/10.30742/tb.v3i2.761.

Pratama, W. C. T., Amalia, S. D., & Purwanti, A. (2023). Sosialisasi literasi perencanaan keuangan dan investasi bagi petani milenial gen z di Kebumen. Jurnal Pengabdian West Science, 2(08), 726-733. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i08.607.

Ramdhani, A. T. A., & Madani, A. R. (2023). Aktivasi gen-Z terhadap pengembangan umkm melalui digitalisasi: Studi kasus di wilayah Kapanewon Moyudan. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 23(2), 159-166. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v23i2.3300.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(01), 47-59. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Rosdia, R. (2010). Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode mendongeng siswa kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(8), 110271. https://www.neliti.com/publications/110271/peningkatan-kemampuan-menyimak-melalui-metode-mendongeng-siswa-kelas-vi-sdn-sese.

Saputra, E. (2019). Menelisik dinamika radikalisme gen Z perempuan di Facebook. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 103-125. https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.103-125.

Septiana, M., & Hidayati, D. (2022). Kepemimpinan guru dalam pembelajaran di era digital. Manajemen Pendidikan, 17(2), 101-116. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.19354.

Setiawati, L. (2014). Hakikat menyimak. Universitas Terbuka

Simamora, I. Y., Nasution, A. A. M., Novita, D. D., Syahira, Z., Nazwa, W. S., & Siregar, R. A. (2024). Peran generasi Z dalam Pemilu 2024 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5918-5922. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13306.

Simbolon, S., Kurniason, H. T., & Simbolon, T. N. (2021). Pengembangan instrument tes berpikir kritis Gen-Z dalam materi manusia dan cinta. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 607-622. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1379.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi guru dalam pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953-13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823.

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada era digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177.

Umam, F., Alqadri, B., & Ismail, M. (2022). Pelaksanaan pembelajaran daring di prodi PPKn FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(1), https://doi.org/49-56.10.29303/juridiksiam.v9i1.288.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.

Wiwin, W., & Firmanto, A. D. (2021). Konstruksi model spiritualitas pastoral bagi katekis di era digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 125-137. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i2.31.

Sakitri, G. (2021, July). selamat datang gen Z, sang penggerak inovasi!. In Forum Manajemen (Vol. 35, No. 2, pp. 1-10). https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/fm/article/view/596.

Andriani, D. N., & Wirawan, Y. R. (2022, July). Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswa Gen-Z di masa pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA.

Sarasati, R. N., Sari, F. D. N., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi menyimak pasif bagi siswa SMA pada Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 109-116). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2261.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.