Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Intensif dan Berpikir Kritis pada Peserta Didik
Abstract
Untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berpikir kritis dapat dilakukan dengan cara memperbanyak literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana literasi digital dapat meningkatkan keterampilan menyimak intensif dan berpikir kritis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitIan ini menggunakan data sekunder yang didapat dari jurnal nasional, buku, dan skripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki peran dalam meningkatkan keterampilan menyimak intensif dan berpikir kritis seperti 1) akses ke media pembelajaran, 2) kemudahan mengulang materi, 3) pembelajaran interaktif, 4) akses ke berbagai perspektif, 5) evaluasi & analisis informasi, 6) diskusi online. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa literasi digital berperan dalam meningkatkan kemampuan menyimak intensif dan berpikir kritis.
Kata kunci—Berpikir kritis, literasi digital, menyimak intensif
Abstract— To improve listening skills and critical thinking can be done by increasing digital literacy. This study aims to describe how digital literacy can improve intensive listening and critical thinking skills. This research method uses the SLR approach. The data in this research uses secondary data obtained from national journals, books, and theses. The data collection technique uses the method of listening and recording. Data validation techniques using data triangulation techniques. The results showed that digital literacy has a role in improving intensive listening and critical thinking skills such as 1) access to learning media, 2) ease of repeating material, 3) interactive learning, 4) access to various perspectives, 5) evaluation & analysis of information, 6) online discussions. The conclusion of this study is that digital literacy plays a role in improving intensive listening and critical thinking skills.
Keywords— Critical thinking, digital literacy, intensive listening
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajiatmojo, A. S. (2021). Penggunaan e-learning pada proses pembelajaran daring . TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229-235. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.525.
Al’Ayubi, S., & Irawati, T. N. (2022). Penguatan literasi digital melalui peranan media sosial bagi generasi muda. Khaira Ummah, 1(02), 137-146. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01022022-7.
Annisa, W. N., Agustina, C. W., Puspitasari, W., Rofi’ah, K. N. N., & Ramadhani, S. A. (2021). Peran literasi digital untuk mencegah penyebaran hoaks bagi masyarakat indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 113-118. Retrieved from http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/68.
Astuti, W. R. (2020). meningkatkan kemampuan menyimak konsentratif melalui metode listening team pada siswa kelas vi. Jurnal Al-Hikmah, 8(2). https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/231.
Awalluddin, A. N. (2024). Sosialisasi urgensi kemampuan berpikir kritis masyarakat dalam upaya menangkal hoax. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2), 515-523. https://doi.org/10.53769/jai.v4i2.728.
Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jurnal Holistika, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.
Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Sakti, I. (2023). Peningkatan kemampuan literasi digital di lingkungan pendidikan berbasis aplikasi canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65.
Budyawati, L. P. I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi metode bermain peran untuk peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini di paud sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24-32. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609.
Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Penerapan literasi digital dalam aktivitas pembelajaran daring mahasiswa. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 6(2), 439-448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784.
Halim, A. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404–418. https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.385.
Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., Hanim, S. A., & Farlina, B. F. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran online untuk memudahkan guru dalam penyampaian materi dalam pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2862–2868. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14856 .
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi pendidikan berpikir kritis era merdeka belajar bagi peserta didik. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104-109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576.
Lismaya, L. (2019). Berpikir kritis & PBL. Kuningan: Media Sahbat Cendekia.
Lusita, S. F., & Hasanah, N. (2023). Pendidikan matematika: Urgensi kemampuan berpikir kritis dan karakter mandiri. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01), 1-4. https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i01.127.
Maruti, E. S. (2015). Pembelajaran bahasa jawa di sekolah dasar. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Murtado, D., Hita, I., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A., & Yahya, M. (2023). Optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran online sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah menengah atas. Journal on Education, 6(1), 35-47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911.
Mustadi, A., Amelia, R., Budiarti, W.N., Anggraini, D., Amelia, E., & Susandi, A. (2021). Strategi pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra yang efektif di sekolah dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540.
Novianti, W. (2020). Urgensi berpikir kritis pada remaja di era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38–52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519.
Nugraha, D. (2022). Literasi digital dan pembelajaran sastra berpaut literasi digital di tingkat sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230–9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318.
Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Restianty, A. (2018). Literasi digital, sebuah tantangan baru dalam literasi media. Gunahumas, 1(1), 72-87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380.
Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 66-81. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era society 5.0. Ini: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603.
Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi covid-19. Buletin Perpustakaan, 3(2), 65–80. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799.
Syafrial, H. (2023). Literasi Digital. Makassar: Nas Media Pustaka.
Triansyah, F. A., Suwatno, S., & Supardi, E. (2023). Fokus penelitian berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ekonomi: Analisis bibliometrik 2019-2023. Jurnal Simki Pedagogia , 6(1), 130-139. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.226.
Ulum, B., Fantiro, F. A., & Rifa’i, M. N. (2019). Pemanfaatan google apps di era literasi digital pada siswa sekolah dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 22-31. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.843.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1). 50-59 https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.
Yulianti, Y., Syarifah, I. L., Hidayah, F. N., Raharani, F. A. N., Mukarromah, S., & Azzahra, N. I. (2021). Pentingnya literasi digital di era pandemi. Jurnal Implementasi, 1(2), 162-168. Retrieved from http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/60.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.