Uji Validitas dan Reliabilitas Instrument Penelitian Tingkat Pemahaman Materi Teks Laporan Hasil Observasi

Devi Febrianti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini berfokus pada pengujian kualitas instrumen tes yang digunakan untuk menilai pemahaman siswa terhadap teks laporan hasil observasi. Instrumen diuji untuk mengetahui sejauh mana alat ukur tersebut menghasilkan data yang tepat dan konsisten. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan melibatkan dua guru sebagai validator dan siswa sebagai responden uji coba. Validitas instrumen diukur untuk memastikan apakah instrumen mengukur aspek yang sesuai dengan tujuan, sementara reliabilitas diuji untuk menilai konsistensi hasil pengukuran. Hasil uji validitas menunjukkan sebagian besar soal valid, meskipun ada beberapa soal yang tidak valid dan tidak digunakan lebih lanjut. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha menghasilkan nilai 0,864, yang menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi. Secara keseluruhan, instrumen tes ini terbukti dapat diandalkan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks laporan hasil observasi secara efektif dan konsisten.
Kata kunci— Instrumen Penelitian, Validitas, Reliabilitas

Abstract— This research focuses on testing the quality of the test instruments used to assess students' understanding of the observation report text. Instruments are tested to determine the extent to which the measuring tool produces accurate and consistent data. A quantitative approach was used involving two teachers as validators and students as trial respondents. The validity of the instrument is measured to ensure whether the instrument measures aspects that are in accordance with the objectives, while reliability is tested to assess the consistency of the measurement results. The validity test results showed that most of the questions were valid, although there were some questions that were invalid and were not used further. The reliability test using the Cronbach's Alpha formula produces a value of 0.864, which indicates a very high level of reliability. Overall, this test instrument has proven to be reliable for measuring students' understanding of observation report texts effectively and consistently.
Keywords— Research Instrumen, Validity, Reliability


Keywords


Research Instrumen, Validity, Reliability

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. N., & Dianingati, R. S. (2022). Pengaruh jumlah responden terhadap hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan dan perilaku swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Fitriyana, N., & Ulfaida, N. (2024). Design and validity of local-wisdom-based reading apps using Adobe Animate CC 2022. International Journal of Information and Education Technology, 14(1), 1-11. https://www.ijiet.org/show-199-2634-1.html.

Hasanudin, C., Subyantoro, Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2023). Learning materials and their prototypes for academic writing skills: the needs of indonesian lecturers in the post-COVID-19 era. European Journal of Educational Research, 12(1), 435-453. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.435.

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Marthiani, I. (2024). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Pemahaman Konsep Biologi. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 351-356. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i2.727

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75. Reatrived from http://repo.uinsyahada.ac.id/326/1/416-1276-1-PB.pdf

Pane, A., & Zamiah, Z. (2023). PENINGKATAN KUALITAS MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS 10 SMA PANGERAN ANTASARI DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 7(1), 66-72. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.10231

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 8(2), 182-190. https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.376

Sukmawati, N. M. H., & Putra, I. G. S. W. (2019). Reliabilitas kusioner pittsburgh sleep quality index (Psqi) versi bahasa Indonesia dalam mengukur kualitas tidur lansia. WICAKSANA: Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 3(2), 30-38. https://doi.org/10.22225/wicaksana.3.2.2019.30-38

Sugiyono. (2014) Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulan, W., & Nursaid, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks LHO Siswa Kelas VII SMP Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27123-27133. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.