Peran Podcast “Rintik Sedu” terhadap Kemampuan Menyimak Ekstensif bagi Kalangan Remaja

Risa Nur Khoiriyah, Joko Setiyono, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Podcast Rintik Sedu memiliki peran dalam mengembangkan kemampuan menyimak ekstensif bagi remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran podcast Rintik Sedu terhadap kemampuan menyimak ekstensif bagi kalangan remaja. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan teknik simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa podcast Rintik Sedu terhadap kemampuan menyimak ekstensif bagi kalangan remaja mempunyai peran seperti: 1) mengajarkan untuk fokus menyimak, 2) memperbanyak kosakata dan memahami bahasa, serta 3) mengembangkan pemahaman emosional. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat 3 peran podcast Rintik Sedu terhadap kemampuan menyimak ekstensif bagi kalangan remaja.
Kata kunci—Menyimak Ekstensif, Podcast Rintik Sedu, Remaja

Abstract—The Rintik Sedu podcast has a role in developing extensive listening skills for teenagers. The purpose of this study is to determine the role of the Rintik Sedu podcast on extensive listening skills for teenagers. This research method uses the SLR approach. The data in this study used secondary data taken from books and journals published nationally. Techniques used in data collection using listening and recording techniques. Data validation techniques using data triangulation techniques. The results of this study are the Rintik Sedu podcast on extensive listening skills for teenagers has roles such as: 1) teaching to focus on listening, 2) increasing vocabulary and understanding language, and 3) developing emotional understanding. The conclusion in this study is that there are 3 roles of the Rintik Sedu podcast on extensive listening skills for teenagers.
Keywords— Extensive listening, Rintik Sedu Podcast, Teen


Keywords


Extensive listening, Rintik Sedu Podcast, Teen

Full Text:

PDF

References


Abadi, M. F., Afkar, T., & Mardliyah, A. A. (2024). Gaya bahasa satire dalam somasi podcast Deddy Corbuzier dan relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kreatif, 5(3), 56-75. https://ijurnal.com/1/index.php/jipk.

Adisa, A. (2023). Peran orang tua dalam pendampingan tumbuh kembang remaja. Yogyakarta, Indonesia: CV Andi Offset.

Ananda, R. R., & Nurdiarti, R. P. (2024). Analisis resepsi audien pada konten storytelling Nadhifa Allya Tsana di podcast Rintik Sedu. JURNAL KOMUNITAS: Komunikasi Tiada Batas, 10(2), 41-47. https://doi.org/10.47942/komunitas.v10i2.1798.

Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. Madura, Indonesia: IAIN Madura Press.

Bobii, P. (2023). Remaja dan kehidupan rohaninya. Gowa, Indonesia: CV. Ruang Tentor.

Budhi, K. H., & Pratiwi, A. (2021). Pengaruh terpaan konten akun instagram @rintiksedu terhadap minat mendengarkan podcast Rintik Sedu. The source jurnal ilmu komunikasi, 3(1), 54-59. https://doi.org/10.36441/thesource.v3i1.670.

Daffa, V. V. A., & Wijayani, Q. N. (2023). Analisis podcast Rintik Sedu dalam menjaring penggemarnya. Jurnal Media Akademik (JMA), 1(1), 83-95. https://doi.org/10.62281/JMA/V1i1.107.

Dwikarismandiar, G. R., Susanto, A., & Nur, T. (2022). Analisis ragam bahasa konten Youtube podcast Deddy Corbuzier. Jurnal Perspektif, 1(5), 481-492. https://doi.org/10.53947/perspektif.v1i5.246.

Fauzziah, A., Hanum, A. N. L., & Rahman, M. (2024). Peningkatan kemampuan literasi digital siswa di SMAS Kemala Bhayangkari melalui podcast platform Spotify. Jurnal Pustaka Budaya, 11(1), 23-31. https://doi.org/10.31849/pb.v11i1.14896.

Firdaus, W., & Marsudi, M. (2021). Konseling remaja yang kecanduan gadget melalui terapi kognitif behavior. Studia: Jurnal hasil penelitian mahasiswa, 6(1), 15-24. https://doi.org/10.32923/stu.v6i1.1980.

Hamidah, H., Asbari, M., Qodri., & Santoso, G. (2022). Sisi lemah spesialis: Harus menjadi generalis?. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(1), 13-19. https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.237.

Hasriani, H. (2023). Terampil menyimak. Bandung, Indonesia: Indonesia emas group.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Ingratubun, R. R. S., & Aprianti, A. (2022). Pengaruh podcast Rintik Sedu terhadap perilaku celebrity worship k-popers (Episode when you fall in love with your idol). Mega aktiva: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 11(2), 46-61. http://dx.doi.org/10.32833/majem.v11i2.269.

Kusumadewi, H. (2017). Penggunaan elt website untuk meningkatkan kompetensi guru-guru smp dalam keterampilan menyimak. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(2), 39-47. https://doi.org/10.47313/pujangga.v3i2.440.

Masni, H., Yuliana, E., Cahyani, F. E., Romadhoni, M. B., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak ekstensif di kalangan mahasiswa pecinta podcast. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan pengajaran), 2(2), 41-51. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3812.

Mourint, S., Sugandi., & Nurliah. (2021). Presepsi pendengar terhadap podcast Rintik Sedu Di Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 9(2), 52-61. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4504.

Mulyaningsih, R., Pancariatno, S., Kuswadi, Y., & Rohayati, M. (2004). Bimbingan pribadi-sosial, belajar, dan karier. Jakarta, Indonesia: Penerbit PT Grasindo.

Nesi, A., & Rampung, B. (2019). Pengaruh kurikulum Bahasa Indonesia untuk postulat OFM Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Randang Tana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-104. https://doi.org/10.36928/jrt.v2i2.385.

Nurani, S., Purnomo, A. M., & Setiawan, K. (2023). Pengaruh perilaku emosional mahasiswa kota Bogor terhadap podcast Spotify Rintik Sedu. KARIMAH TAUHID : Karya Ilmiah Mahasiswa Bertauhid, 2(6), 2909-2918. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11028.

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.

Oktaviani, E., & Rachman, Y. B. (2022). Perilaku pencarian informasi remaja akhir mengenai hobi: Studi kasus pemanfaatan aplikasi TikTok. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan kearsipan, 24(1), 51-64. https://scholarhub.ui.ac.id/jipk/vol24/iss1/6.

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran keterampilan menyimak dengan menggunakan media podcast berbasis model pembelajaran project based learning (PjBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108-117. https://doi.org/10.23887//jurnal_bahasa.v11i1.741.

Purwoko, Y. (2020). Memasuki masa remaja dengan akhlak mulia. Bandung, Indonesia: Penerbit Nuansa Cendekia.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Pusposari, D. (2015). Menyimak kritis. Malang, Indonesia: Media Nusa Creatif.

Radhiyani, F. (2024). Karakteristik perkembangan peserta didik. Yogyakarta, Indonesia: CV Ananta Vidya.

Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., Wilujeng, I. T., Putri, N. N., & Nafisah, D. (2023). Pemanfaatan podcast Spotify sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135-143. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1588.

Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 67-81. https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Sarbini, M., & Wahidin, U. (2020). Pendidikan rabbani untuk penguatan karakter remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 149-160. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.707.

Sari, F. I., & Sazali, H. (2023). Analisis penggunaan podcast pada aplikasi Spotify sebagai media pembelajaran dan informasi bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan. Kabillah: Journal of Social Community, 8(1), 139-149. https://doi.org/10.35127/kabillah.v8i1.295.

Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah, I. N., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-368. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616.

Siahaan, M. (2015). All about teens: Panduan untuk memahami dunia remaja dengan segala permasalahan dan solusinya. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.