Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini melalui Aplikasi YouTube

Sahrul Udin, M. Bagas Septianto, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini dapat ditingkatkan melalui Aplikasi YouTube. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu mengeksplorasi bagaimana platform seperti YouTube dapat digunakan untuk mendukung dan meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data dengan simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui aplikasi YouTube dapat dilakukan dengan cara 1) memilih konten yang edukatif dan 2) menonton dengan aktif. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat 2 upaya untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui aplikasi YouTube yaitu 1) memilih konten yang edukatif 2) menonton dengan aktif.
Kata Kunci Anak Usia Dini, Keterampilan Menyimak, YouTube.

Abstract Improving listening skills in early childhood can be improved through YouTube Apps. The purpose of this study is to help explore how platforms such as YouTube can be used to support and improve listening skills in early childhood. This research method uses the SLR approach. The data in this study uses secondary data taken from books and journals published nationally. Data collection techniques by listening and recording. Data validation techniques using data triangulation. The results showed that efforts to improve listening skills in early childhood through the YouTube application can be done by choosing educational content and watching actively. The conclusion in this study is that there are 2 efforts to improve listening skills in early childhood through the YouTube application, namely choosing educational content and watching actively.
Keywords— Early Childhood, Listening Skills, YouTube.


Keywords


Early Childhood, Listening Skills, YouTube.

Full Text:

PDF

References


Andhika, A. (2020). Penggunaan video promosi wisata melalui YouTube untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26-30. https://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i2.3515.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.

Aryani, S., & Rodiyana, R. (2021). Media Audio Visual untuk keterampilan menyimak siswa. In Prosiding Seminar Nasional PActaendidikan, 3(3), 266-270. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605.

Balqis, R. R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku adaptif anak usia dini. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 85-90. https://doi10.36835/au.v3i1.511.

Batinah, B., Meiranny, A., & Arisanti, A. Z. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak usia dini: Literatur Review. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 31-39. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v9i1.1510.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam YouTube terhadap pembentukan sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. duirna komunikasi, 6(1), 1-18. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15479.

Dewi, I. (2024). Bimbingan konseling anak usia dini. Purbalingga, Indonesia: Eureka Media Aksara.

Fitri, M. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan moral pada anak usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-15. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Geriya, A. A. G. M. (2021). Pelanggaran dan kebijakan perlindungan hak cipta di YouTube. Jurnal Ilmiah Living Law, 13(2), 100-110. https://ojs.unida.ac.id/livinglaw/article/view/4261.

Hakim, M. N. (2018). Penerapan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 189-204. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.79.

Handayani, R., & Daulay, A. (2021). YouTube sebagai media komunikasi dalam berdakwah di tengah pandemi. Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 15(1), 123-137. https://doi.org/10.24952/hik.v15i1.3569.

Hasriani, H. (2023). Terampil menyimak. Bandung, Indonesia: Indonesia Emas Group.

Hidayati, N. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini berdasarkan teori Jean Piaget. Jurnal Psikologi Anak dan Pendidikan, 7(2), 50-62. https://doi.org/10.12345/jpap.7.2.50-6.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon siswa terhadap penggunaan video YouTube sebagai media pembelajaran daring matematika. JIPM Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 153-162. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Latipah, I. (2020). Pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan media YouTube dalam meningkatkan keterampilan wirausaha. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 83-90. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4150.

Luthfiah, J., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh dongeng melalui media digital YouTube dan Zoom terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun selama masa pandemi Covid-19 di Tk Negeri Pembina Kota Mojokerto. Jurnal Golden Age, 5(2), 365-377. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3878.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan YouTube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159. http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.58.

Oktavia, W. (2018). Variasi jargon chatting whatsapp grup mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. Jurnal Kata, 2(2), 317-325. https://doi:10.22216/jk.v2i2.3644.

Pratiwi, C. P. (2016). Penggunaan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas V SDN Bulak 1 Bendo Magetan. Jurnal Metamorfosa, 4(1), 82-92. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/146.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh youtube di smartphone terhadap perkembangan kemampuan komunikasi interpersonal anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159-171. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan video edukasi kartun animasi materi siklus air untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377-387. https://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p377.

Rosida, S., & Bangun, M. P. (2021). Penerapan Media Kidoodle dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 32-39. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.85.

Salsabila, U. H., Rahmanti, N., Kasanah, I. N., & Kurniawan, D. S. (2022). Optimalisasi media YouTube sebagai media pembelajaran daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 92-114. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.223.

Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal ilmiah tumbuh kembang anak usia dini, 5(3), 133-140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Suryadi, A., & Rahmawati, L. (2019). Perkembangan sosial-emosional anak usia dini di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(3), 115-128. https://doi.org/10.12345/jppaud.5.3.115-128.

Susanto, A. (2020). Perkembangan fisik dan motorik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 33-45. https://doi.org/10.12345/jpaud.8.1.33-45.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahyono, T., Mashar, R., & Rahmawati, I. Y. (2021). Kegemaran menyimak Channel kisah Islami berdampak positif pada peningkatan keterampilan berbicara anak usia dini. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 91-99. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v9i2.4043.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1), 50-58. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.

Yusriani, Y., Nasution, M., & Syahputra, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 215-218. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2521.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/https://doi.org.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.