Urgensi Pendidikan Pancasila untuk Membangun Karakter Generasi Muda di Tengah Tantangan Global
Abstract
Di tengah tantangan global pendidikan pancasila sangat urgen untuk membangun karakter generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui urgensi pendidikan pancasila untuk membangun karakter generasi muda di tengah tantangan global. Metode penelitian ini menggunakan SLR. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan alasan mengapa pendidikan pancasila begitu urgensi 1) Menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air 2) Penguatan moral dan etika 3) Menanggapi globalisasi dan perkembangan teknologi 4) Meningkatkan toleransi dan persatuan 5) Menyiapkan kepemimpinan yang bertanggung jawab dapat digunakan untuk membangun karakter generasi muda di era global. Simpulan di dalam penelitian terdapat lima alasan mengapa pendidikan pancasila begitu urgen untuk membangun karakter generasi muda di tengah tantangan global.
Kata kunci—Pendidikan Pancasila, Tantangan Global, Generasi Muda
Abstract—In the midst of global challenges, Pancasila education is urgent to build the character of the younger generation. The purpose of this research is to find out the urgency of Pancasila education to build the character of the younger generation in the midst of global challenges. This research method uses SLR. The data in this study used secondary data taken from books and journals. The data collection technique uses the method of listening and noting. Data validation techniques using triangulation techniques. The results showed the reason why Pancasila education is so urgent 1) Fostering a sense of nationality and love for the country 2) Strengthening morals and ethics 3) Responding to globalization and technological developments 4) Increasing tolerance and unity 5) Preparing responsible leadership can be used to build the character of the younger generation in the global era. In conclusion, there are five reasons why Pancasila education is so urgent to build the character of the younger generation in the midst of global challenges.
Keywords—Pancasila Education, Global Challenges, Young Generation
Keywords
References
Alzanaa, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pendidikan pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51-57. https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.2370.
Astri, N. D. (2020). Analisis tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam cuitan atau meme di media sosial instagram. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 145-155. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1187.
Gunawan, I. G. D., Pranata, P., Gateri, N. W., Lilik, L., Widyanto, I. P., & Rianti, R. (2021, March). Pentingnya kaderisasi kepemimpinan untuk mewujudkan pemimpin muda hindu yang inovatif. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 212-220). https://doi.org/10.33363/sn.v0i1.62.
Hayqal, M. R., & Najicha, F. U. (2023). Peran pendidikan pancasila sebagai pembentuk karakter mahasiswa. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 55-62. https://doi.org/10.36412/jce.v7i1.6165.
Helmi, A., Pratama, A. Y., & Azizah, M. (2023). Tinjauan strategi terkini dalam manajemen sumber daya manusia: inovasi dan tantangan diera digital. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(5), 668-680. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.87.
Isnaeni, B., Sunaryati, T., Aliifah, S. N., & Saphira, V. N. (2023). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14656–14662. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8715.
Istiarsono, Z. (2021). Tantangan pendidikan dalam era globalisasi:kajian teoretik. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 19–24. Retrieved from https://intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/78.
Lestari, T. D., Saylendra, N. P., & Nugraha, Y. (2023). Strategi meningkatkan kesadaran moral peserta didik melalui projek penguatan profil pelajar pancasila. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(8), 265–271. https://doi.org/10.56393/decive.v3i8.1781.
Muslimin, E., Heri, D., & Erihadiana, M. (2021). Kesiapan merespon terhadap aspek negatif dan positif dampak globalisasi dalam pendidikan islam. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 20(1), 80-87. https://doi.org/10.47467/mk.v20i2.447.
Najah, Z., & Lindasari, L. M. (2022). Pendidikan islam: wajah baru menghadapi tantangan globalisasi. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 9-18. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1522.
Nisvilyah, L. (2013). Toleransi antarumat beragama dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa (studi kasus umat islam dan kristen dusun segaran kecamatan dlanggu kabupaten mojokerto). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 382–396. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n1.p382-396.
Nurul, N., Tambunan, M., & Noviyanti, I. (2024). Strategi ekspansi global perusahaan: tantangan dan solusi manajemen strategi. Economist: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 1-11. Retrieved from https://e.journal.titannusa.org/index.php/economist.
Putri, M. F. J. L., Putriani, F., Santika, H., Mudhoffar, K. N., & Putri, N. G. A. (2023). Peran pendidikan pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983 1988. https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5576.
Rianto, H. (2016). Peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan membangun generasi cerdas dan berkarakter. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 14–21. https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.48.
Rizaludin, M. W. (2022). Peran pendidikan pancasila dalam meningkatkan persatuan. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.56393/educare.v2i1.1103.
Saputra, A. G., Juliansyah, S. C., & Athayla, S. (2023). Pendidikan pancasila dalam era multikulturalisme: membangun toleransi dan menghargai keberagaman. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 573-580. https://doi.org/10.46799/adv.v1i5.73.
Sari, P., Fadiah, D., Sutiadi, A., Novitasari, D., Asbari, M., & Purwanto, A. (2022). Meningkatkan kepemimpinan efektif dan manajemen mutu pendidikan dalam menghadapi tantangan global. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i1.234.
Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan di era globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165-176. https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a3549.
Sulianti, A. (2018). Revitalisasi pendidikan pancasila dalam pembentukan life skill. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2), 111-117. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3156.
Sutono, A. (2015). Meneguhkan pancasila sebagai filsafat pendidikan nasional. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.26877/civis.v5i1.628.
Tiara, M., & Yarni, N. (2019). Pendidikan karakter berwawasan sosiokultural di sma kota padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 297–302. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.487.
Tranggono, T., Jasmin, K. J., Amali, M. R., Aginza, L. N., Sulaiman, S. Z. R., Ferdhina, F. A. ., & Effendie, D. A. M. . (2023). Pengaruh perkembangan teknologi di era globalisasi dan peran pendidikan terhadap degradasi moral pada remaja. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 1927–1946. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i2.299
Ulfiah, Z., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023). Literasi budaya dan kewargaan: tantangan globalisasi terhadap identitas nasional dan kebudayaan lokal bangsa Indonesia. Sindoro: Cendekia Pendidikan, 2(2), 11-20. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i2.1547.
Wartono, T. (2024). Manajemen perubahan organisasi: strategi efektif dalam menghadapi tantangan global. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4086–4092. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26932.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.