Peran Menyimak Kritis bagi Masyarakat dalam menggunakan Gadget
Abstract
Kata kunci—Gadget, Masyarakat, Menyimak kritis.
Abstract— Critical listening has a very important role. The purpose of this research determine the role of critical listening for the community in using gadgets. The method used in this research is SLR. The data in this research uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and national books. The data collection technique uses the Simak and note-taking technique, while the validation technique uses triangulation theory. The research results indicate that there are 1) Enhancing the ability to filter information, 2) Developing in-depth knowledge, and 3) Increasing social awareness in the role of critical listening for the community in using gadgets. The conclusion of this research is that there are 3 efforts that can be made to improve critical listening for the community in using gadgets.
Keywords—Gadgets, society, Critical listening
abstrak—Menyimak kritis memiliki peran yang sangat penting. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peran menyimak kritis bagi masyarakat dalam menggunakan gadget. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. hasil penelitian bahwa terdapat 1) Meningkatkan kemampuan menyaring informasi, 2) Mengembangkan Pengetahuan yang mendalam, 3) Meningkatkan Kesadaran Sosial dalam peran menyimak kritis bagi masyarakat dalam menggunakan gadget. simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 3 upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan menyimak kritis bagi masyarakat dalam menggunakan gadget .
Kata kunci—Gadget, Masyarakat, Menyimak kritis.
Abstract— Critical listening has a very important role. The purpose of this research determine the role of critical listening for the community in using gadgets. The method used in this research is SLR. The data in this research uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and national books. The data collection technique uses the Simak and note-taking technique, while the validation technique uses triangulation theory. The research results indicate that there are 1) Enhancing the ability to filter information, 2) Developing in-depth knowledge, and 3) Increasing social awareness in the role of critical listening for the community in using gadgets. The conclusion of this research is that there are 3 efforts that can be made to improve critical listening for the community in using gadgets.
Keywords—Gadgets, society, Critical listening
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abusyairi, K. (2013). Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Budaya. Dinamika Ilmu, 13(2). https://doi.org/10.21093/di.v13i2.276 .
Ariani, F., Dawud, D., & Basuki, I. A. (2019). Korelasi kemampuan bernalar dengan kemampuan menyimak kritis debat pada siswa kelas X (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Arsyad, M., & Rama, B. (2019). Urgensi Pendidikan Islam dalam interaksi sosial masyarakat Soppeng: Upaya mewujudkan masyarakat Madani. Al-Musannif, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.9.
Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2022). Model pembelajaran menyimak kritis melalui media interaktif pada mahasiswa tadris bahasa Indonesia IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 62-79.
Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. IAIN Madura Press.
Azzahra, A,. Ibrahim, H,. Rohimah, R,. Nasution, S, F,. & Zakiyyah, Z. (2023). Mengembangkan keterampilan menyimak yang kritis di kelas tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 39–52. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1380.
Barera, E., Suyoto, S., & Setyawati, N. (2024). Campur kode klausa dalam dialog Web Series 1 “Suami-Suami Masa Kini” Karya Imam Darto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(2), 307-316.
Fahmi, M. L. S., Rohmah, H. M., Faylindra, I., & Fadhilasari, I. (2024). Analisis proses morfologis dan kesalahan berbahasa dalam berita "Rekor Muri Jaranan Dor Bikin Repot" terbitan Jawa Pos Radar Jombang Edisi Mei 2024. Jurnal Ilmiah Buana Bastra: Bahasa, Susastra, dan Pengajarannya, 11(1), 63-68.
Fatonah, R., Irma, I., Maulana, M. Z., & Yasin, M. (2024). Hubungan masyarakat dan budaya lokal dalam interaksi sosial masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (Sinova), 2(01), 41-50.
Firdaus, W., & Marsudi, M. (2021). Konseling remaja yang kecanduan gadget melalui terapi kognitif behavior. STUDIA: JURNAL HASIL PENELITIAN MAHASISWA, 6(1), 15-24. https://doi.org/10.32923/stu.v6i1.1980.
Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku remaja dalam keluarga. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(2), 182-194.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Islam, A. F. (2021). Menyimak kritis dengan bahan ajar E-Pub responsif budaya lokal. Lecturer repository.
Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78-84.
Kusherdyana, R. (2020). Pengertian budaya, lintas budaya, dan teori yang melandasi lintas budaya. Pemahaman Lintas Budaya SPAR4103/MODUL, 1(1), 1-63.
Margayaningsih, D. I. (2018). Peran masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa. Publiciana, 11(1), 72-88.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).
Muslim, A. (2013). Interaksi sosial dalam Masyarakat multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 483-494. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6642.
Mustanir, A. (2017). Partisipasi masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan di kelurahan kanyuara kecamatan watang sidenreng kabupaten sidenreng rappang. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 247-261.
Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2019). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI ipa dan ips sma negeri 09 kota Bengkulu. Jurnal ilmiah korpus, 3(2), 166-173.
Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2019). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI ipa dan ips sma negeri 09 kota Bengkulu. Jurnal ilmiah korpus, 3(2), 166-173.
Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2020). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 166–173. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10200 .
Nuralim, F, & Ghafirin (2023). Literasi media dan informasi (LMI): Menyaring informasi di era VUCA untuk pendidikan yang bermakna. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 120–130. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3629.
Octaviana, D, R. & Ramadhani, R, A, (2021). Hakikat manusia: Pengetahuan (KNOWLADGE), ilmu pengetahuan (SAINS), Filsafat dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2), 143-159. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.227.
Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat dan perspektifnya. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 163–175. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.
Sarumaha, M. S. (2023). BAB I pengertian budaya. Budaya Nias, 5.
Setyaningsih, D. (2019). Keterampilan berbahasa menyimak kritis ceramah dengan metode kontekstual.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wahid, L. (2023). Peran guru agama dalam menanamkan kesadaran sosial pada siswa di sekolah menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 605-612.
Wahyuni, S. D. (2024). Penerapan Metode Tartila dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di musholla Miftahul Jannah Desa Tanjung Pademawu Pamekasan (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).
Yumarni, V. (2022). Pengaruh gadget terhadap anak usia dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 556623.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.