Peran Menyimak Intensif dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Sekolah Dasar

Rosamila Agustina, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak intensif memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran menyimak intensif dalam meningkatkan prestasi siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang di ambil dari buku dan jurnal yang diterbitkan secara nasional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggukan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peran menyimak intensif dalam meningkatan prestasi siswa sekolah dasar dapat di lakukan dengan cara 1) Memperluas pengetahuan, 2) Meningkatkan pemahaman bahasa, 3) Meningkatkan kemampuan berbicara.  Simpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat 3 peran menyimak intensif dalam meningkatan prestasi siswa sekolah dasar.

Kata kunci—prestasi, siswa sekolah dasar, menyimak intensif

 

 

Abstract—Intensified listening has an important role in improving elementary school student achievement. The aim of this research is to determine the role of intensive listening in improving elementary school student achievement. This research method uses the SLR approach. The data in this research uses secondary data taken from books and journals published nationally. The technique used in collecting data uses the listening and note-taking method. The data validation technique uses data triangulation techniques. The results of this research are that the role of intensive listening in improving elementary school students' achievement can be done by 1) Expanding knowledge, 2) Improving language understanding, 3) Improving speaking ability.  The conclusion of this research is that there are 3 roles of intensive listening in increasing elementary school student achievement.

Keywords—achievement, elementary school students, intensive listening


Keywords


achievement, elementary school students, intensive listening

Full Text:

PDF

References


Abduloh, Suntoko, Purbangkara, T & Abikusma, A. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. Ponorogo, Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia.

Aslihah, N. (2023). Peran orang tua dan guru meningkatkan prestasi belajar siswa. NTT, Indonesia: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Ayuanita, K., & Effendy, M.H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. Madura, Indonesia: IAIN Madura Press.

Cakra, R, E & Sugiarto, S. (2017). Analisis jalur faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja siswa. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan, 5(2), 212-219. https://jurnal.uny.ac.id

Desyandri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukati: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232. https://doi.org/10.31004/edukatif.vli3.47

Ginting, L. S. D. (2020). Bahasa indonesia SD 2 pendidikan guru sekolah dasar. Indonesia: Guepedia

Hayati, F,. Neviyarni,. & Indramurni. (2021). Karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar: sebuah kajian literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815. https://pjtam.org

Hidayati, A. R. (2019). Menyimak Ekstensif. INA-Rxiv, 1-27. https://doi.org/10.31227/osf.io/7vuqk

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2313

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta, Indonesia: Muhammadiyah University Press.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Khoirroni, I, K., Patinasarani, R,. Hermayanti, N, I,. & Santoso, G. (2023). Pendidikan karakter: tingkat enak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Tranformasi, 2(2), 269-279. https://jepetra.org

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4il.71

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Lilis Amaliah Rosdiana. (2020). Kesalahan penggunaan ejaan bahasa indonesia(EBI) pada karya ilmiah mahasiswa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.58

Muli, D, P, T., Rosdiana, Y., & Parnawati, T. (2023). Hubungan kestabilan emosi dengan prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Fakultas ilmu kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi. https://rinjani.ac.id

Nafizah, A. N. (2022). Teori dan praktik bermain untuk anak usia dini. Surabaya, Indonesia: Cipta Media Nusantara.

Nafizah, A. N. (2022). Teori dan praktik bermain untuk anak usia dini. Surabaya, Indonesia: Cipta Media Nusantara.

Ningrum, M. K. (2019). Membaca intensif. INA-Rxiv. https://osf.io

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. https://journal.uniga.ac.id

Prasetyo, D. (2012). Blak-blakan mapel PKN SMP. Yogyakarta, Indonesia: Cabe Rawit

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-ARIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50. https://core.ac.uk

Rastafary, N & Frustika, I, M. (2019) Peran self regulated learning dan taks commitment terhadap prestasi akademik remaja akhir yang kuliah dan bekerja pada waktu di Denpasar dan Bandung. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01) ,171

Riani, Y. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. https://repository.ac.id

Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 66-81. https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232

Ruky, A.S. (2006). Sistem manajemen kerja. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama

Sumardjan. (2017). Desain pembelajaran MTK SD menyenangkan. Semarang, Indonesia: Formaci Press

Sutrisno, T. (2022). Konsep dasar bahasa indonesia di SD/MI. Sumatera Barat, Indonesia: CV. Azka Pustaka.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1). 50-59 https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793

Wijayanti, K. E., Akin, Y., & Nurjatnika, O. (2017). Implementasi pendidikan luar sekolah terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 48-58. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6400


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.