Peran Pendidikan Pancasila dalam membentuk Karakter Mahasiswa di Era Digital
Abstract
abstrak— Nilai-nilai Pancasila mempunyai peran untuk membentuk karakter mahasiswa di era digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui berbagai upaya penerapan pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter mahasiswa di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari berbagai jurnal dan buku. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya 1) menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan, 2) pendidikan etika digital, 3) menguatkan karakter gotong royong, 4) membangun kesadaran sosial dan kritis, 5) mengajarkan toleransi dan keharmonisan, 6) menguatkan identitas budaya nasional, 7) pendidikan moral dan spiritual yang bisa diterapkan dalam membentuk karakter mahasiswa di era digital melalui pendidikan Pancasila. Simpulan di dalam penelitian ini terdapat tujuh upaya yang bisa diterapkan dalam membentuk karakter mahasiswa di era digital melalui pendidikan Pancasila.
Kata kunci—Era digital, karakter, pendidikan Pancasila
Abstract— The values of Pancasila have a role to shape the character of students in the digital era. The purpose of this research is to find out the efforts to implement Pancasila education in shaping the character of students in the digital era. The method used in this research is SLR. The data in this study used secondary data taken from various journals and books. The data collection technique uses the method of listening and recording. The data validation technique uses triangulation techniques. The results showed that there are efforts to 1) foster national values, 2) digital ethics education, 3) strengthen the character of mutual cooperation, 4) build social and critical awareness, 5) teach tolerance and harmony, 6) strengthen national cultural identity, 7) moral and spiritual education that can be applied in shaping student character in the digital era through Pancasila education. The conclusion in this study is that there are seven efforts that can be applied in shaping the character of students in the digital era through Pancasila education.
Keywords—Character, digital era, Pancasila education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfi, C., dkk. (2023). Penguatan karakter gotong royong profil pelajar Pancasila melalui service learning di TPQ Mambaul Huda Kedawung kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 148 - 154. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.201.
Alfiyana, F. M., & Dewi, D. A. (2021). Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan pada anak sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 303-305. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/f040/de7ddd49a361c5800a20d51c01e4f822fc61.pdf.
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) sebagai upaya membentuk karakter pada anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44-50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1342.
Aulia, R., Julita, S., & Zidane, Z. (2024). Peran Pancasila dalam mewujudkan keharmonisan antar umat beragama di Indonesia. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(5), 2410-2415. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/1447.
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. The Annual Conference On Islamic Education And Social Science, 1(2), 308-318. Retrieved from https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512.
Billah, H. U., dkk. (2023). Kesadaran berpancasila dalam mempertahankan identitas nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 113-121. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1373.
Budiantoro, W. (2018). Dakwah di era digital. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 263–281. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1369.
Dedi, S. & Suriadi, S. (2023). Penguatan profil pelajar Pancasila melalui integrasi nilai spiritual dalam pendidikan karakter guna menumbuhkan jiwa entrepreneur: Ditinjau dalam Qs. Ali Imron: 200. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 472-487.https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.506.
Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan orang tua dalam pembentukan karakter remaja generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705-3711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1346.
Febrianti, K. M. (2024). Peran pedagogi kritis untuk membangun kesadaran sosial dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, dan Sastra, 4(1), 306-314. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/4198.
Hayqal, M. R., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa. Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 55-62. https://doi.org/10.53682/jce.v7i1.6165.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Isnaini, M. (2013). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445-450. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41.
Istiqomah, D. S., Istiqomah, D. S., & Nugraha, V. (2018). Analisis penggunaan bahasa prokem dalam media sosial. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 665-674. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/966.
Jannah, M., & Kusno, K. (2020). Peranan pendidikan Pancasila bagi masyarakat dalam pembentukan karakter dan moral berbangsa dan bernegara. Civitas (Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic), 6(1), 1-7. https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1667.
Kartini, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pendidikan Pancasila dalam menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 405-418. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.136.
Kholiq, A. (2023). Peran etika digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di era teknologi . Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.56854/sasana.v2i1.217.
Kurniawan, A., Mutiza, M., & Mawaddah, R. (2024). Revitalisasi pendidikan di era digital digital: Upaya menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan pada generasi muda dan implementasinya dalam kehidupan dan lingkungan uin UIN SUSKA. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(4), 5023-5030. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1422.
Legi, H., & Wamo, A. (2023).Merdeka mengajar di era digital. PEDAGOG: Jurnal Ilmiah, 1(1), 16–20. Retrieved from https://jurnal.stkipkw.ac.id/index.php/pji/article/view/50.
Najicha, F. U., & Raichanah, N. (2023). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Hoax. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 122-128. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9940.
Nayla, M. R. (2024). Memahami Dampak Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 44-56. https://doi.org/10.61404/jimad.v2i1.165.
Nerizka, D., Latifah, E., & Munawwir, A. (2021). Faktor hereditas dan lingkungan dalam membentuk karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 55-64.
Nukman, M., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2024). Dampak era digital terhadap perkembangan bahasa anak usia dini: Literature review. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 284-289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23494.
Nur, R. A. P., dkk. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter bangsa Indonesia: Tinjauan dan implikasi. Advances in Social: Humanities Research, 1(4), 501-510. https://doi.org/10.46799/adv.v1i4.54.
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481.
Prasanti, D. (2016). Perubahan media komunikasi dalam pola komunikasi keluarga di era digital. Jurnal Commed, 1(1). Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/commed/article/view/115.
Puspita, K. (2024). Strategi peningkatan diri dalam era digital. Yogyakarta, Indonesia: Victory Pustaka Media.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230671359.pdf.
Putri, M. F. L. J., dkk. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983-1988. https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5576.
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila & kewarganegaraan. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Ratnawati, D. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter holistik siswa SMKN di Kota Malang. Jurnal Taman Vokasi, 3(2). https://doi.org/10.30738/jtv.v3i2.363.
Sari, A. R. (2013). Strategi blended learning untuk peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan critical thinking mahasiswa di era digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689.
Sari, N., & Hanafiah, N. A. (2023). Manajemen pendidikan dalam upaya pembentukan karakter. IEMJ: Islamic Education Management Journal, 1(1), 13-25. Retrieved from https://journal.almaarif.ac.id/index.php/iemj/article/view/126.
Setyadi, Y. & Aziz, A. (2024). Pendidikan Pancasila. Indramayu, Indonesia: CV. Adanu Abimata.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal pendidikan karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 256-269.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.