Langkah-Langkah Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pemahaman Materi Teks Laporan Hasil Observasi

Farra Gita Nandini, Rina Susi Cahyawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk alat mengukur uji instrumen soal. Tujuan dari penelitian ini sebagai pengembangan alat ukur yang valid dan reliabel dalam menilai hasil pemahaman siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi. Pendekatan penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data berbentuk skor dan nilai yang diambil dari angket dan tes. Penelitian ini menggunakan 2 subjek guru sebagai validator butir instrumen tes soal dan 35 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bojonegoro. Hasil penelitian ini membuktikan jika hampir dari keseluruhan item soal yang diujikan kepada siswa memiliki validitas sangat tinggi dan tinggi. Skor dari Cronbach’s Alpha mencapai 0,902 dapat dikategorikan valid atau layak untuk digunakan.
Kata kunci—Instrumen Penelitian, Validitas, Reliabilitas.

Abstract— This research uses validity and reliability tests to measure the test instrument questions. The aim of this research is to develop a valid and reliable measuring toll for assessing students’ understanding results in observational text writing tests. A quantitative approach was used in this research.  This research used two teacher subjects as test instrument item validator and 35 class VIII SMPN 4 Bojonegoro. The results of this research prove that almost all of the question items tested on students have very high and high validity. The Cronbach’s Alpha score of 0,902 can be categorized as valid or suitable for use.
Keywords— Research Instrumen, Validity, Reliability.

Keywords


Research Instrumen, Validity, Reliability.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Herianto, H & Arsi, A. (2021). Langkah-langkah Uji Validitas Dan Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. London: Routledge

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Fitriyana, N., & Ulfaida, N. (2024). Design and validity of local-wisdom-based reading apps using Adobe Animate CC 2022. International Journal of Information and Education Technology, 14(1), 1-11. https://www.ijiet.org/show-199-2634-1.html.

Hasanudin, C., Subyantoro, Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2023). Learning materials and their prototypes for academic writing skills: the needs of indonesian lecturers in the post-COVID-19 era. European Journal of Educational Research, 12(1), 435-453. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.435.

Kurniawati, A. (2019). Analisis Hasil Tes Evaluasi Pendidikan Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 89-106. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4196

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Mujianto, G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas X Sman 7 Malang Dengan Model Pembelajaran Integratif. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 39-54. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7244

Purwanto, N. (2011). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, A. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan ahmar cendekia indonesia.

Sarita, A. A., & Imawati, E. (2023, July). Peningkatan Keterampilan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Metode Diskusi Siswa Kelas VIII. In Prosiding Seminar Akademik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 39-46) https://conference.ut.ac.id/index.php/psapbin/article/view/1094.

Sudjana, N. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sujarwadi, S. (2011). Validitas dan reliabilitas Instrumen penelitian. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Program Pasca Sarjana Univrsitas Negeri.

Yuliani, W., Sobari, T., & Isma, S. (2023). Uji validitas dan reliabilitas angket kemandirian belajar. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 6(6), 509-516. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/11561.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.