Analisis Respons Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Berbantuan Video pada Mata Kuliah Metode Statistik II: Studi Kasus Kelas 3B Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro
Abstract
abstrak—perkembangan teknologi turut memengaruhi aspek pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran tanpa tatap muka (daring) dengan menggunakan media video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis respons mahasiswa terhadap pembelajaran daring berbantuan video pada mata kuliah Metode Statistik II. Metode penelitian berupa studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa persentase respons mahasiswa berada pada skor 71,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa respons mahasiswa terhadap pembelajaran daring berbantuan video termasuk dalam kategori respons baik.
Kata kunci—pembelajaran daring, respons mahasiswa, video
Abstract—The development of technology has also influenced aspects of education, one of which is face-to-face (online) learning using video media. The purpose of this study was to analyze student responses to video-assisted online learning in the Statistical Methods II course. The research method is a case study with a quantitative approach. The data collection technique in this study was carried out using a questionnaire. The data collected were analyzed descriptively quantitatively. The results obtained in this study show that the percentage of student responses is at a score of 71.25%. Thus, it can be concluded that students' responses to video-assisted online learning are included in the good response category.
Keywords—online learning, student response, video
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggriawan, F. S. (2019). Pengembangan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Sederajat. Jurnal Tata Rias, 9(2), 1-10. https://core.ac.uk/download/pdf/295413661.pdf.
Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31-36. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052.
Dewantara, A., B., A., & Harnida, H. (2021). KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BERBASIS IT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/article/view/1039.
Dipraya, N. W., & Suwito, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Mata Diklat Membaca Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan.https://www.academia.edu/download/89231290/230729244.pdf.
Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis respon siswa terhadap media animasi powerpoint pokok bahasan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49-53. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23763.
Faradayanti, K. A., Endryansyah, J., & Agung, A. I. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Menunjang E-Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk. Pendidikan Teknik Elektro, 9(1), 675-683. https://doi.org/10.26740/jpte.v9n03.p675-683.
Hakim, L., Lumba, E., & Danuputri, C. (2023). Implementasi pengujian learning management system aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis moodle di Universitas XYZ. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 48-58. https://doi.org/10.31849/zn.v5i1.12760.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di sd Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552-560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109.
Munthe, R. D., Brata, K. C., & Fanani, L. (2018). Analisis user experience aplikasi mobile facebook (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal pengembangan teknologi informasi dan ilmu komputer, 2(7), 2679-2688. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1672/619
Murtalib, M., & Gunawan, G. (2022). Responsif Mahasiswa Matematika Menggunakan Video Interaktif Berbantuan Edpuzzle dalam Perkuliahan Daring. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 199-208. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.206
Ningrum, R. S., & Wardhani, J. D. (2022). Persepsi Guru terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5702-5713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.
Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.52166/talim.v5i1.2775.
Wicaksono, A. (2022). Analisis respons mahasiswa terhadap pembelajaran daring mata kuliah praktik perpajakan (studi kasus pada prodi akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo). Journal of Educational Review and Research, 5(2), 77-84. https://scholar.archive.org/work/z4upjpjkhnfqbg77wg2tfqpkri/access/wayback/https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/download/3622/pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.