Peran Bhinneka Tunggal Ika dalam Menjaga Persatuan di Tengah Keberagaman
Abstract
abstrak—Keberagaman adalah perbedaan dalam setiap individu di tengah kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran Bhinneka Tunggal Ika dalam menjaga persatuan di tengah keberagaman, agar Masyarakat Indonesia saling menjunjung tinggi kedamaian dan sikap toleransi di tengah perbedaan. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data dalam penelitian ini termasuk data sekunder yang berbentuk frasa, klausa, dan kalimat yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan catat. Data dianalisis dengan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peran 1) Mengajarkan toleransi 2) Memperkuat persatuan 3) Memperkuat identitas nasional 4) Menjaga keutuhan NKRI yang dilakukan oleh peran Bhinneka Tunggal Ika dalam menjaga persatuan di tengah keberagaman. Simpulan penelitian ini adalah terdapat empat peran Bhinneka Tunggal Ika dalam menjaga persatuan dalam keberagaman.
Kata kunci—Bhinneka Tunggal ika, Keberagaman, Persatuan
Abstract—Diversity is the difference in each individual in the midst of social life. The purpose of this research is to analyse the role of Bhinneka Tunggal Ika in maintaining unity amid diversity, so that Indonesian people uphold peace and tolerance amid differences. The method in this research uses the SLR method. The data in this research includes secondary data in the form of phrases, clauses, and sentences taken from books and national journals. The data collection technique used the method of listening and noting. The data were analysed using theoretical triangulation technique. The results showed that there is a role of 1) Teaching tolerance 2) Strengthening unity 3) Strengthening national identity 4) Maintaining the integrity of the Republic of Indonesia carried out by the role of Bhinneka Tunggal Ika in maintaining unity amid diversity. The conclusion of this research is that there are four roles of Bhinneka Tunggal Ika in maintaining unity in diversity.
Keywords—Unity in Diversity, Diversity, Unity
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditia, I. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Runtuhnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa bernegara akibat merajarelanya hoax. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8995-9003. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2410.
Afifah, Y. (2023). Representasi persatuan dan kesatuan dalam lagu “Tahayya” World Cup 2022 (Analasis Semiotika Rolland Barthes). Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 1(1), 634-646. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/9584.
Agustin, S. M., & Al Azhar, K. M. (2011). Bhinneka Tunggal Ika atau Bhineka Tunggal Ika (sebuah tinjauan paradigma klasik ilmu sosial dalam keberagaman dan persatuan di Indonesia). konferensi nasional komunikasi" membumikan komunikasi di Indonesia". Depok: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, 1(2), 194-202. https://www.academia.edu/download/33863706/Bhinneka_Tunggal_Ika-SariMonikAgustin.pdf.
Aldora, C., Permata, E., & Hayati, K. R. (2024). Peningkatan pengendalian sosial dalam organisasi karang taruna pada gen z karang taruna perumahan Griyo Mapan Sentosa. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 4(4), 11-21. https://doi.org/10.3783/causa.v4i4.3533.
Anggarika, F. S., Putra, A. P., & Mas’ula, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran game edukasi “Joko the explorer” materi keragaman daerah Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(11), 1-1. https://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5785.
Anwar, F., & Syam, A. (2019). Kritik Sosial dalam naskah drama alangkah lucunya negeri ini karya Deddy Mizwar. Jurnal bahasa dan sastra, 4(1), 105-121. https://core.ac.uk/download/pdf/289713839.pdf.
Apriliani, N. A. D., Marsella, A. T., Permana, D. A., Syabilla, K. S., & Santoso, G. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita luhur bangsa indonesia versi generasi z. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 246-255. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/39.
Arifin, Z. (2019). Membangun persatuan dalam keberagaman dalam perspektif Islam. wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1-7. https://journal.unsika.ac.id/pendidikan/article/view/3171.
Barera, E., Suyoto, S., & Setyawati, N. (2024). Campur kode klausa dalam dialog web series 1 “Suami-Suami Masa Kini” Karya Imam Darto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(2), 307-316. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/22919.
Elsiana, K., Ladamay, I., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan antara keberagaman budaya terhadap sikap toleransi antar mahasiswa di Universitas Kanjuruhan Malang. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu 3(2), 205-212. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/view/206.
Hasan, Z., Hamaminata, G., Cahyono, R., Guntur, M., & Bandarsyah, N. F. (2024). Peran Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam upaya menanggulangi perbedaan politik identitas. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia, 1(2), 57-69. https://doi.org/10.62383/aktivisme.v1i2.196.
Hikmah, N., Syaputri, M. H., Hudi, I., Safitra, N. S., Hulfa, J. A., Rosita, R., & Afifi, L. (2024). Merangkai persatuan dan kesatuan Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 2(9), 240-246. https://doi.org/10.572349/kultura.v2i9.2581.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Khoirunnisa, I. A. (2024). Urgensi ekonomi internasional dalam membangun kualitas masyarakat yang madani dengan persatuan dan kesatuan Indonesia. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 19-24. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i4.417.
Mandasari, R., Gamelia, N., & Nurlaili, N. (2023). Persatuan dalam keberagaman. Science and Education Journal (SICEDU), 2(2), 340–345. https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i2.125.
Maulana, N., & Danugroho, A. (2023). Pemaknaan kembali Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesanti negara Indonesia. Journal of Humanities and Civic Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33830/jhce.v1i1.579.
Nabila, A. O., & Wulandari, M. D. (2022). Elemen berkebhinnekaan global pada buku tematik siswa kelas Iv sekolah dasar tema indahnya keragaman di negeriku. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 788-797. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2607.
Nazila, R., Sari, A. P., Sya’diah, B. N., & Anbiya, B. F. (2024). Tinjauan konseptual kesatuan dalam keberagaman terhadap integrasi nasional berdasarkan pemikiran Gus Mus. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 234-240. https://doi.org/10.5281/zenodo.11396736.
Nurhasanah, A., Azima, N. S., & Rustini, T. (2024). Urgensi pemahaman makna proklamasi untuk siswa sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 32-41. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1689.
Nurul, A. F., Meilawati, M., Arifaturrizki, S., Ashifa, S. N., Agustina, T. N., Komariah, S., & Nugraha, D. M. (2024). Intoleransi di balik semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 22(1), 33-38. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/69438/27163.
Parapat, S. H., Caniago, I. W., Suryani, I., Ariani, H., Siregar, T. H., & Yusnaldi, E. (2024). Keberagaman sosial dan budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1255–1261. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12537.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, L. O., & Dewi, D. A. (2021). Kedudukan Bhineka Tunggal Ika untuk memperkokoh negara kesatuan republik Indonesia di masa pandemi. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(10), 348–354. https://doi.org/10.56393/decive.v1i10.269.
Rahman, M. F., Najah, S., Furtuna, N. D., & Anti, A. (2020). Bhinneka Tunggal Ika sebagai benteng terhadap risiko keberagaman bangsa Indonesia. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 1-16. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i2.1183.
Riyadi, I., Prabowo, E. A., & Hakim, D. (2024). Peran Bhinneka Tunggal Ika dalam keberagaman adat budaya di Indonesia. Jaksa: Jurnal Kajian Ilmu Hukum dan Politik, 2(3), 34-49. https://doi.org/10.51903/jaksa.v2i3.1870.
Sakinah, P. R., & Pebrianti, P. (2024). Nilai dalam Bhinneka Tunggal Ika untuk mewujudkan integrasi nasional. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 267-272. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.281.
Salim, A. A. P., Sarenc, S. B., Devira, D., & Hasan, Z. (2024). Peran Bhinneka Tunggal Ika sebagai identitas pemersatu bangsa. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 228–233. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/1796.
Sari, D. A., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Kajian hakikat Kebhinekatunggalikaan dan penghayatan nilai Pancasila di lingkungan SMA Srijaya negara Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(1), 54–59. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.154.
Sembiring, T., & Ndona, Y. (2024). Memahami sila persatuan dalam konteks keberagaman di Indonesia. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(4), 137-147. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i4.134.
Sholeha, F. A. A., Salsabila, S., & Rahmawati, E. (2024). Bhinneka Tunggal Ika sebagai benteng terhadap risiko keberagaman bangsa Indonesia. Causa: Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 3(5), 33–43. https://doi.org/10.3783/causa.v3i5.3185.
Sulistiawati, S., Mulyati, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Pengembangan bahan ajar media Kahoot untuk pembelajaran PPKN materi keberagaman kelas IV sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 144-156. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2018.
Susiati, S., Tenriawali, A. Y., Nursin, N., Nacikit, J., & Mukadar, S. (2020). Nilai edukasi dalam novel partikel karya Dewi Lestari:(The Value of Education in Particle Novels by Dewi Lestari). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 176-183. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i3.46.
Tamara, F., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Penghayatan nilai-nilai Pancasila terhadap keberagaman untuk mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika di sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(7), 530–540. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.475.
Tasanif, F. M. (2023). Meningkatkan hasil belajar IPS tema 7 materi faktor penyebab keragaman masyarakat Indonesia dengan moden snoball throwing pada siswa kelas Iv SD Negeri 14 Kota Ternate. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 33-44. https://ejurnal.isdikkierahamalut.ac.id/index.php/pendas/article/view/595.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wahyuni, I. (2015). Pendidikan Multikultural: Upaya memaknai keragaman bahasa di Indonesia. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 79-96. https://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah/article/viewFile/402/387.
Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Amelia, C. R., Shaliha, H. A., & Jaya, I. (2024). Analisis pengaruh implementasi pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi keberagaman siswa sekolah dasar inklusi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1112-1119. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2247.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.