Peran Menyimak Pasif terhadap Perubahan Tingkah Laku yang Ada pada Siswa SMP
Abstract
abstrak—Menyimak pasif adalah proses mendengarkan informasi tanpa memberikan respons langsung atau pemrosesan yang mendalam. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui upaya meningkatkan proses informasi. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Emosional, 2) Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Sosial, 3) Pengaruh terhadap Perilaku Akademik dan Kedisiplinan, 4) Mendorong Perubahan dalam Hubungan Sosial, 5) pengaruh terhadap peningkatan perilaku positif. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 peran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses informasi secara langsung.
Kata kunci—menyimak pasif, perubahan tingkah laku, siswa SMP
Abstract—Passive listening is the process of listening to information without giving an immediate response or deep processing. The purpose of this study is to find out efforts to improve the process of information directly. The method in this study uses the SLR method. The data in this research uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. The data collection technique uses listening and note-taking techniques, while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of this study are: 1) Improving Social and Emotional Intelligence, 2) Fostering a Sense of Social Responsibility, 3) Influence on Academic Behavior and Discipline, 4) Encourage Changes in Social Relations, 5) influence on increasing positive behavior. It is concluded in this study that there are 5 roles that can be done to improve the information process directly.
Keywords— passive listening, behavior change, junior high school students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd Radzak, S., Noor, A. M., Khir, A. M., & Azizul, M. D. A. (2024). Konsep kendiri sebagai mediator dalam hubungan antara faktor sekolah dengan tingkah laku pelajar sekolah menengah di selangor: Self-Concept as a Mediator in the Relationship between School Factors and Behavior of Secondary School Students in Selangor. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 89-101. https://doi.org/10.15282/ijhtc.v9i1.10688.
Arifina, S., & Rachmawati, I. I. (2024). Literature Review: Analisis manfaat penerapan corporate social responsibility (Csr) terhadap citra perusahaan pertambangan. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship, 1(2), 62-75. https://doi.org/10.59407/jmie.v1i2.313
Artayani, N. L. (2024). Penerapan metode cooperative script untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuta Utara (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar). https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6465.
As-Sya’i, A. R., Ananda, R., & Haidir, H. (2024). Pengaruh strategi pembelajaran modifikasi tingkah laku dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa. Ide guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 876-882. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.887.
Ayuanita, M.., Dr. Moh. Hafid Effendy, M. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis dengan media interaktif. indonesia: IAIN Madura Press.
Choirunnisa, I., Saputri, L. R. D., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak pasif di kalangan masyarakat dalam menghadapi era digital. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 79-84. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3819.
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=UwO8kdBZW5AC&oi=fnd&pg=PA1&dq=psikol inguistik&ots=7ukOZnulT8&sig=2OqLLGNHbj_IE1uXBrYoH0dkuzY&redir_esc=y#v=onepage& q=psikolinguistik &f=false.
Hamda, H., Bernard, B., & Susil, S. (2024). Analisis aktivitas pembelajaran matematika ditinjau dari kepercayaan diri siswa smp negeri 26 Makassar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 593-603. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3805.
Hariani, F. (2024). Pengaruh faktor linearitas keluarga terhadap pendidikan agama islam siswa smp negeri 3 ujan mas kabupaten kepahiang. Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(2), 35-40. https://doi.org/10.58222/jurip.v3i2.986.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Isa, A., Veeramuthu, S., Rahman, M. L. A., Ganapathy, M., & Hamzah, N. (2024). Tingkah laku kepimpinan masyarakat semai dalam Novel Ludaad. Akademika, 94(1), 80-93. https://doi.org/10.17576/akad-2024-9401-07.
Latifah, L. (2021). Perubahan tingkah laku siswa melalui komunikasi antar pribadi guru pendidikan agama islam. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 112-126. http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v8i2.5301.
Lontaan, A. V., Tuerah, P. E., & Kaunang, D. F. (2024). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika pada motif kain batik khas minahasa untuk Siswa SMP. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 799-809. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1718.
Melianda, O. (2014). Menyimak puisi “guruku” karya Kh A. Mustofa Bisri. keterampilan menyimak I (kajian dan Contoh), 86. https://repository.umb.ac.id/58/1/FILE%20NASKAH%20ELI%20RUSTINAR%20BOOK%20CAPTER%20MENYIMAK.pdf#page=91.
Muda, F. L., & Ismail, A. (2024). Budaya korporat di dalam organisasi: Hubungkait dengan sikap dan komitmen pekerja: Corporate culture in organisation: relationship between attitude and employees' commitment. Sains Insani, 9(1), 62-68. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol9no1.608.
Nasution, T., Yoana, L., Fazryn, I., & Haliza, S. (2024). Perubahan sosial masyarakat desa sundutan tigo. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1163-1170. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.4818.
Nazara, D. J., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Yuan Wira Perdana. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(6), 22-30. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1739.
Noser,A. & Zeigler-Hill, V. (2014). Self-esteem instability and the desire for fame. Self and Identity, 13(6): 701-713.
Nurhasanah, S. (2024). Pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita di Kelas IV sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3497-3504. https://doi.org/10.58230/27454312.1123.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahmat, J. Psikologi Agama, (Bandung: PT Raja Grafindo Persada, 2007), . 45
Saddhono, K. (2012). Meningkatkan keterampilan berbahasa indonesia. Bandung: Karya Putra Darwat.
Salma, D., Utami, D., & Setiabudi, D. I. (2024). Pengaruh media audiovisual terhadap keterampilan menyimak siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Mi Ma’had Al-Zaytun. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 220-229. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3790.
Sorraya, A. Anas, Y.(2021). Menyimak apresiatif, media nusa creative.
Suharni, (2022). Pembelajaran IPS dengan wide game modifikasi two stray two stay dan teams game tournament. Semarang
Sukarwoto, S., Akbar, M. C., & Surbakti, N. E. P. (2023). Pengaruh aturan dan hukuman terhadap manajemen tingkah laku taruna pada sekolah kedinasan. sibatik journal: Jurnal Ilmiah bidang sosial, ekonomi, budaya, teknologi, dan pendidikan, 2(6), 1645-1652. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i6.873.
Sunarsi, D. (2017). Pengaruh disiplin, motivasi, dan kompetensi terhadap prestasi belajar (Studi kasus pada mahasiswa universitas pamulang, tangerang selatan tahun akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(2), 207-226. https://doi.org/10.33753/mandiri.v1i2.19.
Susanti, S., Dalimunthe, K. T., br Sitepu, G. A., Saputri, E., & Salsabila, F. (2024). Peran Pekerja Sosial Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Asuh di Panti Asuhan Penuh Pengharapan. Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(4), 95-106. https://doi.org/10.61722/jinu.v1i4.1642.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.