Manfaat Telur untuk Meningkatkan Kecerdasan

Annisa Zumrotus Sa’adah, Andin Ajeng Rahmawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Kecerdasan pada anak dipengaruhi oleh banyak hal satu diantaranya adalah kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang kompleks dapat ditemukan pada sejumlah bahan pangan salah satunya adalah telur. Telur merupakan bahan pangan yang mudah didapatkan serta dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat telur adalah untuk mendorong pertumbuhan dan fungsi sel pada otak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat telur dalam meningkatkan kecerdasan pada anak. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data pada penelitian ini dalam bentuk kata-kata atau frasa atau kalimat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa telur mengandung sumber nutrisi yang berperan dalam meningkatkan kecerdasan atau fungsi kognitif diantaranya kolin, asam lemak omega-3, dan antioksidan (lutein dan zeaxanthin). Simpulan pada penelitin ini adalah terdapat tiga nutrisi yang berperan dalam meningkatkan kecerdasan atau perkembangan kognitif dengan mengkonsumsi telur.
Kata kunci—anak, kecerdasan, telur

Abstract—Intelligence in children is influenced by many things, one of which is nutritional needs. Complex nutrients can be found in a number of foods, one of which is eggs. Eggs are easily available and can provide many health benefits. One of the benefits of eggs is to encourage cell growth and function in the brain. This study was conducted to determine the benefits of eggs in increasing intelligence in children. This research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. The data in this research is in the form of words or phrases or sentences. The data collection technique uses the method of listening and noting. The results showed that eggs contain nutritional sources that play a role in improving intelligence or cognitive function including choline, omega-3 fatty acids, and antioxidants (lutein and zeaxanthin). The conclusion of this research is that there are three nutrients that play a role in increasing intelligence or cognitive development by consuming eggs.
Keywords— children, intelligence, eggs


Keywords


children, intelligence, eggs

Full Text:

PDF

References


Anoegrajekti, N., dkk. (2022). Sastra maritim. Yogyakarta. Indonesia: PT Kanisius.

Ardyan, E., dkk. (2023). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif: Pendekatan metode kualitatif dan kuantitatif di berbagai bidang. Jambi, Indonesia: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arifin, Y. (2015). Puasa daud untuk kecerdasan & keberuntungan akademikmu. Indonesia: Diva Press.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for child development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58. http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943.

Bernardi, J. R., Escobar, R. D. S., Ferreira, C. F., & Silveira, P. P. (2012). Fetal and Neonatal Levels of Omega‐3: Effects on Neurodevelopment, Nutrition, and Growth. The Scientific World Journal, 2012(1), 1-8. https://doi.org/10.1100/2012/202473.

Brainly. (2018). Bagian-bagian telur ayam serta fungsinya. https://images.app.goo.gl/Ca6Du48qNS9GwsDN9.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37-50. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Bustan, R., Nurfadilah, N., & Fitria, N. (2016). Pelatihan optimalisai tumbuh kembang anak pada orangtua anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(3), 274-282. https://doi.org/10.36722/sh.v3i3.214.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal golden age, 2(1), 25-34. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/742.

Gilmore, J. H., Knickmeyer, R. C., & Gao, W. (2018). Imaging structural and functional brain development in early childhood. Nature Reviews Neuroscience, 19(3), 123-137. https://doi.org/10.1038/nrn.2018.1.

Johnson, E. J. (2014). Role of lutein and zeaxanthin in visual and cognitive function throughout the lifespan. Nutrition reviews, 72(9), 605-612. https://doi.org/10.1111/nure.12133.

Kesuma, U., & Istiqomah, K. (2019). Perkembangan fisik dan karakteristiknya serta perkembangan otak anak usia pendidikan dasar. Madaniyah, 9(2), 217-236. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/125.

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11-20.. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.196.

Khumaerah, K., & Rauf, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Anak. Journal of Islamic Nursing, 2(1), 21-24. https://doi.org/10.24252/join.v2i1.4968.

Kucab, M., Boateng, T., Brett, N., Schwartz, A., de Zepetnek, J. T., & Bellissimo, N. (2019). Effects of eggs and egg components on cognitive performance, glycemic response, and subjective appetite in children aged 9–14 years (P14-017-19). Current Developments in Nutrition, 3, nzz052-P14. https://doi.org/10.1093/cdn/nzz052.P14-017-19.

Nahriyah, S. A. (2017). Tumbuh kembang anak di era digital. Risalah, 4(1), 65-74. https://dx.doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i1.51.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya bagi pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31-47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554.

Novia, D., Juliyarsi, I., & Melia, S. (2018). Perbaikan mutu dan produksi telur asin pada kelompok usaha telur asin di Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.25077/logista.2.1.1-14.2018.

Rorimpandey, I. C., Makalew, A., Rundengan, M. L., & Oroh, F. N. (2020). Analisis konsumsi telur ayam ras pada mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4), 1-10. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30434.

Sanders, L. M., & Zeisel, S. H. (2007). Choline: Dietary requirements and role in brain development. Nutrition today, 42(4), 181-186. https://journals.lww.com/nutritiontodayonline/abstract/2007/07000/choline__dietary_requirements_and_role_in_brain.7.aspx.

Setyawati, V. A. V. (2012). Peran status gizi terhadap kecerdasan kognitif pada masa golden age period. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(2), 105-112. https://doi.org/10.33633/visikes.v11i2.672.

Sholichah, A. S. (2018). Urgensi tumbuh kembang anak terhadap pembentukan karakter. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 154-171. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.14.

Sholichah, A. S., & Ayuningrum, D. (2020). Pertumbuhan anak usia 0-3 tahun: kajian tentang kesehatan balita dan relevansinya dengan pendidikan anak usia dini dalam perspektif al-qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 299-316. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.106.

Sonita, S., & Suryana, D. (2024). Pemberian nutrisi terbaik untuk otak anak usia dini: pemberian nutrisi terbaik untuk otak anak usia dini. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 79-84. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1693.

Sugiharto, R. T. dkk. (2016) Ensiklopedi kesehatan 2: Makanan dan gizi. Bandung, Indonesia: Kubu Buku.

Sumiarto. B. (2021). Pemikiran guru besar universitas gadjah mada menuju indonesia maju 2045: Bidang agro. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University Press.

Tri, T. (2024). Mengenal telur: Panduan lengkap tentang manfaat dan penggunaan telur dalam kehidupan sehari-hari. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi.

Wallace, T. C. (2018). A comprehensive review of eggs, choline, and lutein on cognition across the life-span. Journal of the American College of Nutrition, 37(4), 269-285. https://doi.org/10.1080/07315724.2017.1423248.

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Plamboyan Edu, 1(1), 37-44. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.