Variabel dan Konstanta dalam Ekspesi Aljabar

Amutia Sagita Wardani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Variabel dan konstanta dalam ekspresi aljabar ialah fondasi kokoh untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan konsep matematis dalam berbagai situasi. Tujuannya untuk menyelidiki bagaimana variabel dan konstanta berperan serta karakteristiknya dalam aljabar. Penelitian ini dengan SLR (Systematic Literature Review) untuk data sekunder dari buku dan jurnal yang diterbitkan secara nasional. Data sekunder digunakan dalam mengali informasi terkait variabel dan konstan dalam ekspresi aljabar dari artikel dan buku. Teknik simak, catat, dan libat dalam pengumpulan data penelitian yang ada. Teknik triangulasilah untuk validasi data. Variabel dan konstanta dalam ekspresi aljbar mencakup 1) Variabel, direpresentasikan huruf x, y, z, atau lambang lainnya. 2) Konstanta, nilai yang ditetapkan dan tidak dipengaruhi oleh konteks apapun. 3) Hubungan dan Contoh Ekspresi Aljabar, dalam mengkombinasikan, Menyelesaikan masalah, dan Menganalisis pola dan perilaku sistem matematis. Simpulan penelitian untuk pemahaman yang sepesifik agar dapat mempermudah dalam mempelajari variabel dan konstanta dalam ekspresi aljabar.

abstract— Variables and constants in algebraic expressions form a solid foundation for understanding, analyzing, and applying mathematical concepts in various situations. The aim is to investigate how variables and constants play their roles and their characteristics in algebra. This research employs SLR (Systematic Literature Review) to gather secondary data from nationally published books and journals. Secondary data is utilized to explore information related to variables and constants in algebraic expressions from articles and books. Techniques of observation, note-taking, and engagement are employed in the research data collection process, with triangulation used for data validation. Variables and constants in algebraic expressions encompass: 1) Variables, represented by letters such as x, y, z, or other symbols. 2) Constants, fixed values unaffected by any context. 3) Relationships and Examples of Algebraic Expressions, involving combinations, problem-solving, and analysis of patterns and behaviors in mathematical systems. The study concludes with specific insights to facilitate a better understanding of learning variables and constants in algebraic expressions.

Keywords


Variables, Constants, and Algebraic Expressions.

Full Text:

PDF

References


Aini, K. Y. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Daring Sinergi,1(1), 837-844. Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matematika | Aini | Seminar Nasional Daring Sinergi (ikippgribojonegoro.ac.id).

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas viii-c smp nuris jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9-12. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3522.

Bukhari, A. (2020). Statistika terapan untuk penelitian sosial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fadillah, S., & Jamilah, J. (2016). Pengembangan bahan ajar struktur aljabar untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8379.

Fauziah, D., Suhaedi, D., & Gunawan, G. (2016). Program Linear Fuzzy dengan Koefisien dan Konstanta Kendala Bilangan Fuzzy. Prosiding Matematika, 2(1), 17-24. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3025.

Hadi, S. (2013). Matematika untuk sekolah menengah atas dan madrasah aliyah kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1). https://jurnal.usk.ac.id/peluang/article/view/5853.

Komala, E. (2017). Mathematical Resilience Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Menggunakan Pendekatan Explisit Instruction Integrasi Peer Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 357-364. Mosharafa (kemdikbud.go.id).

Kurniawan, M. R., & Agoestanto, A. (2023). Systematic literature review: identifikasi kemampuan berpikir aljabar dan resiliensi matematis pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2208-2221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2442.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003.

Maryati, I., Suzana, Y., Harefa, D., & Maulana, I. T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. Prisma, 11(1), 210-220. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2044.

Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar untuk Siswa SMP/MTs dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik.

Prisma, 7(1), 53-69. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014 | Hasibuan | Jurnal Peluang (Usk.Ac.Id).

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., & Puspita, D. (2022). Linguistik matematika: suatu pendekatan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah non-rutin secara matematis. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 118-126. https://doi.org/10.33365/jm.v4i2.2142.

Nuban, E. (2021). Konstanta Dalam Konteks: Teologi Misi Pada Era Postmodern. Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 53-64. https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.118.

Perbani, N. M. R. R. C. (2010). Studi Prosedur Dealiasing untuk Deteksi Konstanta Pasut Dominan. Jurnal Itenas Rekayasa, 14(4). Studi Prosedur Dealiasing Untuk Deteksi Konstanta Pasut Dominan | Cahya Perbani | Jurnal Itenas Rekayasa.

Prayogo, L. M. (2021). Metode kuadrat terkecil untuk analisis konstanta harmonik pasang surut air laut di pulau gili raja, kabupaten sumenep, madura. Pena Akuatika: Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 20(1). http://dx.doi.org/10.31941/penaakuatika.v20i1.1233.

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Kelas VII pada materi bentuk aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 639-648. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/9704.

Rikani, R., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (SPLTV). In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 6(6),54-61. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (SPLTV) | Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (upgris.ac.id).

Setiadi, D. (2017). Pola bilangan matematis perhitungan weton dalam tradisi Jawa dan Sunda. Adhum: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Ilmu Administrasi dan Humaniora, 7(2), 75-86. faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis | Prosiding Seminar Nasional MIPA (undiksha.ac.id).

Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal on Education, 5(4), 16067-16070. Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Materi Aljabar | Journal on Education (jonedu.org).

Yuniati, S. (2013). Peta konsep (mind mapping) dalam pembelajaran struktur aljabar. Gamatika, 3(2). peta Konsep (Mind Mapping) Dalam Pembelajaran Struktur Aljabar | Gamatika (unipdu.ac.id).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.