Membangun Literasi Siswa melalui Media Digital Aplikasi Google Classroom

Mei Pitriani Manurung, Evelina Siburian, Jonatan Situmorang

Abstract


abstrak—Penelitihan inilah gagasan ilmiah yang berupaya mencari pemecahan masalah literasi pada siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menumbuhkan semangat literasi sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut melalui kegiatan menulis. Fokus utama kegiatan literasi yang dituju dalam penelitian ini adalah literasi daring atau pemanfaatan sumber-sumber bahan bacaan baik itu buku, jurnal, dan sumber bacaan lainnya yang tersedia melalui daring dengan menggunakan aplikasi google classroom. Classroom merupakan aplikasi pembelajaran virtual yang di keluarkan oleh google. Kemudia yang ditawarkan aplikasi ini menjadi dasar pemikiran penulis untuk mengembangkan kegiatan literasi pada siswa menggunakan aplikasi ini. Beberapa keunggulan aplikasi ini di antaranya sebagai berikut. Pertama, kemudahan untuk mengakses aplikasi, yaitu melalui gawai atau telepon pintar yang dimiliki siswa. Kedua, aplikasi ini memungkinkan guru untuk mengirim tugas baca atau bahan literasi kepada seluruh siswa secara cepat dalm satu kali klik. Ketiga, guru dapat memantau aktivitas literasi siswa. Keempat, melalui google classroom guru dapat menginstruksikan atau mengarahkan, menetapkan, dan membicarakan dengan siswa secara daring diwaktu yang sama secara bersamaan (kelas virtual).
Kata kunci—literasi, media, digital

abstract—This research is a scientific idea that seeks to find solutions to literacy problems in students. The goal to be achieved in this study is to foster the spirit of literacy so that students can gain knowledge and apply this knowledge through writing activities. The main focus of literacy activities aimed at in this study is online literacy or the utilization of reading material sources, be it books, journals, and other reading sources available online using the google classroom application. Classroom is a virtual learning application released by Google. Then what this application offers is the basis for the author's thinking to develop literacy activities for students using this application. Some of the advantages of this application include the following. First, it is easy to access the application, namely through the device or smartphone owned by the student. Secondly, this app allows teachers to send reading assignments or literacy materials to all students quickly with one click. Third, teachers can monitor students' literacy activities. Fourth, through google classroom teachers can instruct or direct, assign and discuss with students online at the same time (virtual class).
Keywords—literacy, media, digital

Keywords


literacy, media, digital

Full Text:

PDF

References


Tonna. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 4(2), 173–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v4i2.1896.

Pratama, W. A., & Hartini, S. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 06(1).

Roza, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain perkuliahan bahasa Indonesia menggunakan google classroom. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Kebahasaan, 5(1), 83-102. http://dx.doi.org/10.15408/a.v5i1.7481.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.