Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Multimodal

Alonso Siallagan, Desryana Sinaga, Talenta Nadapdap

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode multimodal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Metode multimodal, yang menggabungkan berbagai media dan strategi pembelajaran seperti teks, gambar, video, dan interaksi langsung, diharapakan mampu membangun stimulasi yang lebih kaya dan mendalam dibandingkan metode pembelajaran konvensional.Temuan ini mengindikasikan bahwa metode multimodal dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis para peserta didik yang sangat penting dalam menghadapi tantangan di era informasi dan teknologi saat ini. Implikasi dari penelitian ini menyarankan penerapan metode multimodal dalam kurikulum pendidikan untuk mencapai hasil belajar yang lebih optimal.Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif kualitatif,dengan demikian penggunaan model pembelajaran multimodal kami harapakan sangat membantu dalam membangun kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.
Kata kunci— Berpikir Kritis, Multimodal, Peserta Didik


abstract— This research aims to examine the effectiveness of multimodal methods in improving students' critical thinking skills in learning. Multimodal methods, which combine various media and learning strategies such as text, images, videos and direct interactions, are expected to be able to build richer and deeper stimulation than conventional learning methods. These findings indicate that multimodal methods can be an effective alternative in learning to develop Students' critical thinking skills are very important in facing challenges in the current information and technology era. The implications of this research suggest the application of multimodal methods in the education curriculum to achieve more optimal learning outcomes. The research method used is a qualitative descriptive method, thus we hope that the use of a multimodal learning model will be very helpful in building students' abilities in critical thinking.
Keywords— Critical Thinking, Multimodal, Students

Keywords


Critical Thinking, Multimodal, Students

Full Text:

PDF

References


Bilqis Waritsa Firdausi, Warsono Warsono, Yoyok Yermiandhoko. (2021)

Huda, AIN, & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973.

Jurnal MUDARRISUNA. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar,229-243. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/8001.

Nurmala, S. D. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 10(49-51). Retrieved from https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/3889/2313.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Berpikir Kritis, 1-5. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/23591/4/BAB%20II.%20KAJIAN%.

Yunus Abidin. (2022).Pengaruh pembelajaran berbasis multimodal terhadap kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 103-116. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1920.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.