Penggunaan Bahasa Gaul dalam Media Sosial TikTok

Novellyn Sitorus, Ningrum Butar-Butar, Kristiani Sitorus

Abstract


Abstrak—Pada penelitian yang dilakukan ini akan membahas tentang penggunaan bahasa gaul dalam media sosial TikTok. Bahasa gaul adalah istilah atau kata-kata dengan makna khusus, unik, dan sering bertentangan dengan arti lazimnya. Bahasa gaul ini digunakan oleh subkultur tertentu, terutama oleh remaja, dan terus berkembang seiring waktu. Media sosial TikTok merupakan salah satu tempat di mana bahasa gaul dapat ditemukan. TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna membuat konten dengan video pendek yang dapat berisi lagu atau teks singkat. Komentar yang diketik oleh pemakai aplikasi TikTok juga menggunakan bahasa gaul sesuai dengan video yang dikomentari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari komentar yang ada dalam media sosial TikTok. Data yang terkumpul kemudian diklasifikasikan berdasarkan bentuk bahasa gaul, seperti bentuk penyingkatan dan bentuk penyerapan. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai bentuk dan makna bahasa gaul yang muncul di media sosial TikTok.
Kata kunci— Bahasa gaul, Media sosial, TikTok

Abstract—This research will discuss the use of slang on TikTok social media. Slang is terms or words with special, unique meanings, and often contrary to their usual meaning. This slang is used by certain subcultures, especially by teenagers, and continues to evolve over time. TikTok social media is one place where slang can be found. TikTok is a social media platform that allows users to create content with short videos that can include songs or short text. Comments typed by TikTok application users also use slang according to the video being commented on. This research uses a descriptive qualitative method by collecting data from comments on TikTok social media. The collected data is then classified based on slang forms, such as abbreviations and absorption forms. Next, the data obtained was analyzed using qualitative descriptive methods. The results of this research show that various forms and meanings of slang appear on TikTok social media.
Keywords— Slang, Social media, TikTok

Keywords


Slang, Social media, TikTok

Full Text:

PDF

References


Fahmi., dkk. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul Pada Remaja Milenial di Media Sosial. Universitas Muhammadiyah Malang: Jurnal Literasi Volume 5.

Ready Susanto. Cetakan I (2012), Cetakan II (2015). Kamus Slang Internet OMGZI. Penerbit Nuansa Cendekia.

Rita, Tepu Sutepu. (2017). Bahasa Indonesia Sebagai Media Primer Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2, No. 1. Medan

Yeri., dkk. (2022). Bahasa Gaul Dalam Media Sosial TikTok. FKIP Universitas Bengkulu: Jurnal Ilmiah Korpus Vol. 5, No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.