Paradigma Qur’ani dalam Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi: Menyongsong Keselarasan Ilmu dan Keimanan

Anwarul Hidayat, Novia Adinda Aji Ramadhani, Rani Ayu Fi'ana, Siti Musdalifah

Abstract


Abstrak—Pendidikan agama wajib ada di dunia pendidikan, di sini paradigma qur'ani menjadi landasannya. Penelitian ini memakai metode studi pustaka, data sekunder merupakan data yang didapat pada penelitian ini, untuk mengumpulkan data menggunakan teknik simak, catat, lihat, serta menggunakan teknik triangulasi dalam memvalidasi data. Hasil dan pembahasan dari paradigma qurani dalam pendidikan agama di perguruan tinggi guna menyongsong keselarasan ilmu dan pendidikan adalah 1) konsep dan karakteristik paradigma qurani untuk menghadapi kehidupan modern, 2) pentingnya paradigma qur’ani dalam pendidikan agama di perguruan tinggi, 3) Implementasi paradigma qur'ani di perguruan tinggi. Simpulan pada penelitian ini yaitu paradigma qur'ani di dalam pendidikan agama di perguruan tinggi untuk mewujudkan keseimbangan antara ilmu dan pendidikan yang di dalamnya terdapat tiga pembahasan.
Kata kunci—Pendidikan Agama, Paradigma Qurani, Keselarasan Ilmu, Keimanan

Abstract—Religious education must exist in the world of education, here the Qur'anic paradigm becomes the foundation. This research uses a literature study method, secondary data is the data obtained in this study, to collect data using listening, note taking, viewing techniques, and using triangulation techniques in validating data. The results and discussion of the quranic paradigm in religious education in higher education in order to welcome the harmony of science and education are 1) the concept and characteristics of the quranic paradigm to face modern life, 2) the importance of the quranic paradigm in religious education in higher education, 3) Implementation of the quranic paradigm in higher education. The conclusion of this research is the qur'ani paradigm in religious education in higher education to realize the balance between science and education in which there are three discussions.
Keywords—Religious Education, Quranic Paradigm, Harmony of Knowledge, Faith

Keywords


Religious Education, Quranic Paradigm, Harmony of Knowledge, Faith

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.

Al-Azizi, A. S. (2018). Islam itu ilmiah. Yogyakarta: Laksana

Anshori, A. (2017). Keimanan dan Etos Kerja. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 9(2), 577-599. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Tasamuh/article/view/61.

Bashori, A. (2020). Filsafat hukum islam, paradigma filosofis mengais kebeningan hukum tuhan edisi pertama. Jakarta Timur; Kencana.

Dianita, R., & Piqriani, Y. N. (2023). Paradigma qurani. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 15(2), 223-247. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i2.1083.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02). 1-11. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/153.

Iryani, E. (2017). al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal ilmiah universitas Batanghari jambi, 17(3), 66-83. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.403

Kasemin, K. (2016). Paradigma teori komunikasi dan paradigma penelitian komunikasi. Malang; Media nusa creative.

Kurniasih, S. R., Haryanti, E., & Hermawan, A. H. (2023). Integrasi Ilmu dan Iman dalam Kurikulum: Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 77-93. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11607.

Lutfiyatun, E. (2022), Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi.

Maskur, M. (2017). Eksistensi dan Esensi Pendidikan Madrasah di Indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 101-119. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1807.

Mustofa, M. L. (2013) Jurnal Uneversitas Maulana Malik Ibrahim. Membangun Kapasitas Perguruan Tinggi Islam Menuju Visi Peradaban Qur’ani, http://repository.uin-malang.ac.id/1067/.

Raudhatinur, M. (2019). Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1). 131-150.

Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197-218. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218.

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), 67-85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249.

Saputra, T. (2022). Faktor Meningkat dan Menurunnya Keimanan: Studi Kitab Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. Jurnal Riset Agama, 2(2), 548-560. https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.17937.

Setiawan, D., Af, M. A., Aziz, F. M., Fajar, A., & Yurna, Y. (2023). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia Dan Masyarakat. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 52-63. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.275.

Silakhudin, S. (2019). Pendidikan Keimanan. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 10(2), 151-170. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i2.35.

Tantowi, A. dan Ramadhan, M. (2009). Pendidikan islam di era transformasi global. Semarang: Pustaka rizki putra.

Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133-139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741.

Wicaksono, B. W. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Era Milenial. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.