Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Kamu dan Kenangan Karya Mariyati dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan

Rima Nuke Sarasati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak- Cerpen merupakan wujud fiksi yang dirangkai sebagai suatu peristiwa atau kejadian yang mungkin akan diceritakan tanpa mempunyai pengalaman sama dengan sistem penulisan singkat dan padat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis unsur intrinsik dari cerpen Kamu dan Kenangan Karya Mariyanti dalam Antologi Butir-butir Kenangan. Metode yang dipakai adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, libat, dam catat, menggunakan teknik analisis Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Tema perpisahan dengan sang kekasih, 2) Tokoh/penokohan terdiri dari tokoh protagonis (Ara), dauterangonis dan antagonis (Rangga), serta tritagonis (bu Riska dan ibu Ara ), 3) Alur atau plot yang digunakan dalam cerita adalah alur maju, 4) Latar tempat yang digunakan adalah sekolah, kota Yogyakarta dan kota Jakarta, latar waktu yang dipakai mencakup jam pulang sekolah dan pukul 17.00 WIB dengan latar suasana hening, canggung dan cemas, 5) Gaya bahasa yang diterapkan merupakan gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan sindiran, 6) Sudut pandang yang dipilih penulis adalah sudut pandang orang pertama, 7) Amanat yang dapat dipetik dalam cerpen Kamu dan Kenangan karya Mariyanti adalah berusaha keras untuk meraih cita-cita. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat 7 unsur intrinsik pada cerpen Kamu dan Kenangan Karya Mariyanti.
Kata kunci— Antologi, Cerpen, Unsur Intrinsik

abstract- Short story is a form of fiction that is assembled as an event or incident that may be told without having the same experience with a short and concise writing system. The purpose of this study is to analyze the intrinsic elements of the short story Kamu dan Kenangan Karya Mariyanti in the Anthology of Grains of Memories. The method used is qualitative method, the data collection technique uses the technique of simak, libat, and mencatat, using Milles and Huberman's analysis technique, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing, and data validation techniques using triangulation techniques. The results of this study are 1) The theme of separation with the lover, 2) The characters consist of protagonists (Ara), dauterangonis and antagonists (Rangga), as well as tritagonists (Mrs. Riska and Ara's mother), 3) The flow or plot used in the story is forward flow, 4) The setting of the place used is the school, the city of Yogyakarta and the city of Jakarta, the time setting used includes the time after school and 17.00 WIB with a silent, awkward and anxious atmosphere, 5) The language style applied is the language style of comparison, opposition, linkage, and satire, 6) The point of view chosen by the author is the first person point of view, 7) The mandate that can be learned in the short story Kamu dan Kenangan by Mariyanti is to try hard to achieve goals. The conclusion in this study is that there are 7 intrinsic elements in the short story Kamu dan Kenangan Karya Mariyanti.
Keywords— Anthology, Short Story, Intrinsic Elements

Keywords


Anthology, Short Story, Intrinsic Elements

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. 27(10), 179-188. https://www.academia.edu/download/34265413/ivan-pengumpulan-analisisdata-kualitatif.pdf.

Amral, S., & Azlin, N. (2021). Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2.202

Anding, M. F., Saud, S., & Rijal, S. (2021). Peningkatan kosakata bahasa jerman melalui penggunaan media cerita pendek. INTERFERENCE Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 57-63. http://eprints.unm.ac.id/25636

ANDRIYANI, S. (2017). Unsur Intrinsik Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro. UNSUR INTRINSIK NOVEL 5cm KARYA DONNY DHIRGANTORO.

Apriyana, F., Salamah, S., & Idawati, I. (2022). Analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik pada film festival anti korupsi Tahun 2015 yang berjudul “TINUK”. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 76-86. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5787.

Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. (2017). Penulisan cerpen berbasis kearifan lokal sumatera selatan dengan metode image streaming dalam proses kreatif mahasiswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 7(1), 88-115. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v7i1.1287

Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95-107. https://doi.org/10.52657/jfk.v3i2.387.

Bong, A.W. (2018) Panduan menulis cerpen. Jakarta: Kompaa Gramedia.

Cancerine, K.G. (2021). Profuktif Di Masa Pendemi Dengan Menulis Antologi. Jejak pustaka: Yogyakarta.

Darmayanti, N; Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Erlina, E. (2017). Analisis unsur ekstrinsik novel sang pemimpi karya Andrea Hirata. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 1(2), 137-143. http://doi.org/10.22216/jk.v1i2.2301.

Febrianti, F., Suntoko, S., & Pratiwi, W. D. (2021). Ekranisasi Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Madani Ke Film Assalamualaikum Calon Imam Karya Findo Purnowo Hw. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9591-9599. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2531

Fitri, A. N. (2022). Moderasi Beragama Dalam Tayangan Anak-Anak; Analisis Isi Tayangan Nussa Dan Rara Episode Toleransi. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(1), 129-146. https://doi.org/10.18784/smart.v8i1.1523.

Giawa, M. I. P., Duha, A., & Dakhi, S. (2022). Analisis Perwatakan Tokoh Dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 22-33. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.424

Goffar, A., Wuryantoro, A., & Ricahyono, S. (2022). Analisis Struktur Alur dalam Cerpen di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 36-41. http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11805.

Hardiyanti, A. D. (2024). MENGATASI PERPISAHAN DAN KEHILANGAN STRATEGI UNTUK MENGHADAPI GRIEF DAN TRAUMA. Circle Archive, 1(4). http://www.circle-archive.com/index.php/carc/article/view/91.

Hartani, A., & Fathurohman, I. (2018). peningkatan kualitas pembelajaran menyimak cerita pendek melalui model picture and picture berbantuan media cd cerita pada siswa kelas v sd 1 mejobo kudus. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 17-38. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576.

Hermansyah, S., Nazaruddin, K., & Munaris, M. (2015). Latar dalam novel padang bulan karya andrea hirata dan kelayakannya. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(5). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php.

http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/1137/

Huda, L., Ludviana, D. C., Anggraini, F. B., & Kamila, H. N. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Novel Surga Juga Ada di Kaki Ayah Karya Gol A Gong dan Langlang Randhawa. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 143-151. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.138.

Irawan, A. (2021). ANALISIS STRUKTUR ALUR (PLOT), PENOKOHAN, DAN LATAR PADA NOVEL CINTA ITU LUKAKARYA REVINA VT (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).

Kasmi, H. (2015). Latar Sosiokultural Keacehan dalam Novel Teuntra Atom Karya Tayeb Loh Angen. Jurnal Metamorfosa, 3(2), 75-84. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/135.

Kemal, I. (2013). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Jurnal Metamorfosa, 1(2), 45-55. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/87.

Khalik, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas Xi Man 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 6(2), 556567. https://dx.doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.253

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4

Kulsum, U., & Taufiq, W. (2020). Bahar, Qafiyah Dan Amanat Qasidah Huruf Ba Dalam Diwan Imam Al Haddad. Hijai, 3(1), 58-66. https://www.academia.edu/download/67165562/pdf.pdf.

Lauma, A. (2017). Unsur-unsur intrinsik cerita pendek †œPROTES†Karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053

Leo, S. (2017). Mencerahkan bakat menulis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Limbong, J. L., & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1). https://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.895.

Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.

Martani, K. D. (2020). Penerapan media pembelajaran digital book menggunakan aplikasi anyflip untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita siswa kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3/article/view/7296.

Masripah, S. (2015). Meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen siswa melalui penerapan pendekatan saintifik. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 9(2), 149-160. https://repositori.kemdikbud.go.id/15576/1/12%20Desember%202015.pdf.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1261.

Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gersik: Penerbit Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Nurhidayati, N. (2018). Pelukisan Tokoh dan Penokohan dalam Karya Sastra. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 4(4), 493-506. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/312.

Pasaribu, O. L. (2019). Pemanfaatan media visual dalam menulis cerita pendek pada semester V program studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU. Pena Literasi, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.24853/pl.2.1.39-46

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen “Buut” karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Priana, R. Y. S. (2017). Pemanfaatan vlog sebagai media pembelajaran teritegrasi tekhnologi informasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 1(2). https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/313-316.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Fitur Short pada YouTube sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMA. In Seminar Nasional Daring Sinergi 1(1), 1666-1674. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1890.

Rahayu, A. P. (2012). Analisis Makna Fukugoudoushi~ au Dalam Kalimat Bahasa Jepang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ramadhani, S. R. (2018). Tokoh pendukung sebagai tanda penguat pesan pada film talak 3 (Doctoral dissertation, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN).

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rimawan, I; Purba, A. W; Oktavia, K. (2022). Cara mudah menulis cerpen. Bogor: Guepedia.

Robentien, Y., Zulfiki, Z., Chasanah, N., Riyono, R., Prasetya, Y., Endriana, F., Isriani, Y., Handini, A., Annae, C. E., Nursanti, I., Auliya, H., Nurhayati, I., Kusmiati, K., Syafiudin, S., & Syamsiddi'ayah, U. (2020). Antologi Kalimats Koma. Guepedia: Bogor.

Rokhmansyah, A. (2018). Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel The Sweet Sins Karya Rangga Wirianto Putra. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 25-36. https://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i2.1139.

Romadhon, I. F., & Khoiri, A. A. (2020). Analisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen عمارة Karya Kamil KaelaniI. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 795-806. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/707.

Ruslan, H. (2023). Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita rakyat Vova Saggayu di Kabupaten Pasangkayu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 73-90. https://www.dmi-journals.org/deiktis/article/download/449/367.

Sabban, M. M. (2019). Unsur Intrinsik Tema dan Amanat dalam Novel Mirah dari Banda Karya Hanna Rambe. Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 31-40. https://doi.org/10.62176/paradigma.v5i1.118.

Saragih, D. K. (2020). Analisis Cerpen ZELMANIA Karya Tika Ditinjau dari Unsur Intrinsik Psikologi Sastra. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), 151-163. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1009.

Sarasati, R. N., Sari, F. D. N., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Pasif bagi Siswa SMA pada Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 1(1), 109-116. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2261.

Sidiq, M., & Manaf, N. A. (2020). Karakteristik Tindak Tutur Direktif Tokoh Protagonis Dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13-21. https://doi.org/10.30651/lf.v4i1.3882.

Sidiqin, M. A., & Ginting, S. U. B. (2021). Kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 60-65. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.458

Sopaheluwakan, Y. B. (2017). Perencanaan Lembar Kerja Mahasiswa Berkarakter Pada Mata Kuliah Nihon Bungaku Kenkyu. Jurnal Asa, 4,(1) 139-49. https://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/viewFile/2482/1598.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 158-165. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7300/10/Bab10_Penelitian%20Kualitatif_3.pdf.

Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(1). https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/190

Sumasari, Y. J. (2014). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam hikayat cerita taifah. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1). https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2336.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057.

Wulandari, W. M. (2020). Kreativitas unsur-unsur intrinsik cerita fantasi. Basindo, 4(2), 178-188. https://www.neliti.com/publications/376413/kreativitas-unsur-unsur-intrinsik-cerita-fantasi.

Yulianawati, D. (2023). KEMAMPUAN ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “ASAP-ASAP ITU TELAH MENGHILANG" KARYA RIZQI TURAMA SISWA KELAS XI SMA TUNAS BANGSA. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 15-22. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/648.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.