Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Semua Ini Tentang Orang Tua Karya Manda Marika dalam Antalogi Cerpen Butir-Butir Kenangan

Manal Afia Sovitri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Unsur Intrinsik cerpen adalah unsur-unsur yang terdapat di dalam karya itu sendiri dan membangun keseluruhan cerita. Tujuan dalam penelitian yakni ingin mengetahui serta menganalisis unsur intrinsik Cerita Pendek Semua Ini tentang orang tua Karya Manda Marika. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta teknik analisis data dalam penelitian menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Hasil dalam penelitian yaitu analisis unsur Intrinsik Cerita Pendek Semua ini tentang Orang Tua Karya Manda Marika terdiri dari 1) Tema pada Cerpen Semua ini tentang Orang Tua Karya Manda Marika 2) Tokoh atau penokohan pada Cerpen Semua ini tentang orang Tua Karya Manda Marika 3) Alur atau plot pada cerpen Semua Ini tentang Orang Tua Karya Manda Marika 4) Latar pada Cerpen Semua Ini tentang Orang Tua Karya Manda Marika 5) Gaya bahasa pada Cerpen Semua Ini tentang Orang Tua Karya Manda Marika 6) Sudut pandang pada Cerpen semua Ini tentang Orang Tua Karya Manda Marika. 7) Amanat pada Cerpen semua Ini tentang Orang Tua Karya Manda Marika.
Kata kunci—Cerita pendek, unsur intrinsik, antalogi

abstract— The intrinsic elements of short stories are the elements contained in the work itself and build the whole story. The purpose of the research is to find out and analyze the intrinsic elements of the short story All of this is about parents by Manda Marika. The method used in the research uses a qualitative research type method, the data collection technique in the research uses listening, note taking, and involvement techniques, and the data analysis technique in the research uses content analysis content from Milles and Huberman. The results in the study are the analysis of the intrinsic elements of the Short Story All of this is about parents by Manda Marika consisting of 1) Theme in the short story All this is about parents by Manda Marika 2) Character or characterization in the short story Semua ini tentang orang Tua Karya Manda Marika 3) Flow or plot in the short story Semua Ini tentang orang Tua Karya Manda Marika 4) Setting in the short story All of this about the parents by Manda Marika 5) Language style in the short story All of this about the parents by Manda Marika 6) Point of view in the short story All of this about the parents by Manda Marika. 7)The mandate in all of these short stories about parents by Manda Marika.
Keywords— Short story, intrinsic elements, anthology

Keywords


Short story, intrinsic elements, anthology

Full Text:

PDF

References


Adnan. F. 2021. Kepak Sayap Bahasa: Kata, Makna, dan Ruang Budaya Himpunan Esai. Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.

Ahmad I. Y. (2008). Bahasa Indonesia tataran unggul untuk SMK dan MAK kelas XII. Jakarta: Erlangga

Anding, M. F., Saud, S., & Rijal, S. (2021). Peningkatan kosakata bahasa jerman melalui penggunaan media cerita pendek. INTERFERENCE Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 57-63. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25636.

Azmi, M. P. (2017). Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 100-111. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.12.

Cancerine, K. G. Produktif dimasa Pandemi dengan Menulis Antologi: Disertai dengan Jurus Jitu.

CHAIRIAH, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Unsur Intrinsik Dan Unsur Ekstrinsik Cerpen Berdasarkan Pengalaman OranLain.EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(3), 216-226.https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501.

Christin. M , Obadyah. A. B ,dan Ali. D. S. F. • 2021 Transmedia Storytelling. Indonesia : Syiah Kuala University Press.

Cindy, C. V. H., Nurhasanah, E., & Triyadi, S. (2021). Analisis Struktural Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel The Sun Of The Rain Karya Viona Prameswari. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 292-299. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.136

Damayanti, R. (2018). DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. https://ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/261-278-rini-UWK.pdf.

Darmayanti, N., Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia untuk sekolah menengah kejuruan tingkat unggul (kelas XII). Bandung: Grafindo media pratama.

Dewi, A. C. (2023). Menulis Kreatif. Jawa Timur: Indonesia Emas Group.

Fatin, I., & Camelia, M. (2017). New edition big book bahasa Indonesia SMP kelas VII, VIII & IX. Jakarta: Cmedia.

Febriani, A. A. (2023). Analisis unsur pembangun cerpen pada kumpulan cerpen mata yang enak dipandang karya ahmad tohari dan implementasinya sebagai bahan ajar (doctoral dissertation, fkip unpas. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66261.

Fridayanthi, P. D., & Ekasriadi, I. A. A. (2024). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Mengkonstruksikan Resensi Cerita Pendek Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xi Smkn 5 Denpasar. Widyadari, 25(1), 83-94. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3656.

Henny, P. & Tri, H. (2020). Berkarya Melalui Buku Antologi untuk Meningkatkan https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17800.

Heriyanto, S. P. (2021). Buku Siswa Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 8. Jakarta Pusat: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (Eds.). (2022). Think pair share solusi memahami unsur pemmbangun cerpen. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Insiyah, S. J. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menganalisis Unsur Pembangun Cerpen pada Buku Antologi Cerpen di Kelas XI MIPA 1 MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Khazanah: Jurnal Edukasi, 1(1), 31-43. http://jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/5.

Irwansyah. (2021). Tinjauan Kritis terhadap Ontologi Ilmu (Hakikat Realitas) Dalam Prespektif Sains Moderen. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 5(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.396.

Khaerunnisa, (2023).Menyelami Dunia Sastra Anak. Indonesia : Penerbit K-Media.

Lagousi, K. (2018). 1. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Demonstrasi Siswa Kelas Vii/A Smp Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 1(2). https://dx.doi.org/10.30605/onoma.2015.889.

Marsela, N. P. Dkk. (2018). Analisis Citraan Dalam Antologi Puisi Rumah Cinta Karya Penyair Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sastra Indonesia. 2(2). http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i2.73.

Mayasari, N. (2021). Kajin Intertekstual Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Dengan Novel Surga yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.125

Mulyati, A., & Hanifah, M. P. N. (2022). Intisari materi bahasa indonesia SMA: Plus Soal AKM. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher).

Mulyati, A., & Hanifah, M. P. N. (2022). Intisari materi bahasa indonesia SMA: Plus Soal AKM. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher

Munaris, Anantama. M. D, Yanti. Y. 2023.Unsur Pembangun Prosa. Indonesia ): Selat Media.

Musdalifah, A. (2017). Menekan Angka Kematian Ibu. Yogyakarta: Samudra Biru.

Noprina, W. (2023). Mudah Menulis Cerita Pendek. Jawa Timur: Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Noprina. W • 2023. Mudah Menulis Cerita Pendek. Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Nurasa, A Dkk (2022). Tinjauan Kritis terhadap Ontologi Ilmu (Hakikat Realitas).Dalam Prespektif Sains Moderen. Jurnal ilmiah ilmu Pendidikan.5(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.396.

Nurcahyati, D., Yulianti, A., & Abdurrokhman, D. (2019). ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 979-986. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3772.

Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1336.

Prasetya, K. H., Kusuma, D. A., Syahamah, A., Marsela, D., & Sinambela, S. M. (2024). Pelatihan Menulis Teks Cerita Pendek Sebagai Keterampilan Bahasa Pada

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana

Purwanto, R., Retnowati, E., Sofyan, F., Dewi, N. K., Yestina, R., Daniati, I. (2018). Top one bedah kisi-kisi terlengkap UN-USBN SMP/MTS 2019. Jakarta: Bintang Wahyu

Rahmawati, L. E. & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (n.p.): Muhammadiyah University Press.

Rimawan. I, Purba. A. W, Dan Oktaviana. K.(2020) Cara Mudah Menulis Cerpen : Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Pelajaran Bahasa Indonesia. Indonesia: GUEPEDIA.

Riska, AR (2020). Analisis Unsur Intrinsik Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere-Liye. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 3 (3), 515-522. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/4936..

Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif untuk Menjadi Penulis Cerpen yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis/article/view/94.

Shanty, I. L., Kurmalasari, T., Elfitra, L., Malik, A., & Irawan, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran arcer (augmented reality cerpen) berbantuan assemblr edu dan canva pada materi teks cerpen siswa kelas ix sekolah menengah pertama negeri 4 tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 528-545. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3471.

Sidauruk, D. Y., & Sitanggang, N. D. (2022). ANALISIS KONFLIK PADA CERPEN YANG BERJUDUL “SAHABAT” KARYA AGNES YODO. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 117-123. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.117-123

Siswa di SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1494-1501.https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8963.

Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82-91. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501.

Wijaya, P. (2023). Kritik Sastra Cerpen “Tidak” Karya. Kumpulan Kritik Sastra Cerpen Karya Putu Wijaya, 97. https://www.researchgate.net/profile/Ikfi-Choirun-Nisak/publication


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.