Pemanfaatan Media Peraga untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Moch Ichsan, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Media peraga adalah alat untuk membantu pembelajaran supaya lebih jelas, efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan memanfaatkan media peraga. Metode pada penelitian ini menggunakan Sistematic Literatur review (SLR) dengan mengidentifikasi dan mengkaji suatu literatur. Data penelitian ini merupakan data sekunder yaitu data dari jurnal atau buku yang telah diterbitkan. Teknik simak, catat, dan libat digunakan mengumpulan data penelitian ini. Teknik validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi data sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah media peraga memiliki banyak manfaat serta dapat diimplementasikan dengan 1) Kenali tujuan pembelajaran matematika, 2) Pemilihan media peraga yang tepat, 3) Perencanaan aktivitas pembelajaran serta pengimplementasian dalam pembelajaran, 4) Refleksi dan evaluasi. Simpulan penelitian ini adalah media peraga memiliki banyak manfaat serta terdapat 4 langkah penggunaan game pengimplementasian yang bias dterapkan untuk mengoptimnalkan pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Kata kunci—pembelajaran matematika, sekolah dasar, media peraga

abstract—Display media is a tool to help learning to be clearer, more effective and efficient. The aim of this research is to optimize mathematics learning in elementary schools by utilizing visual media. The method in this research uses Systematic Literature Review (SLR) by identifying and reviewing literature. This research data is secondary data, namely data from published journals or books. Observe, note and engage techniques were used to collect data for this research. Data validation techniques are carried out using source data triangulation techniques. The research results show that demonstration media steps have many benefits and can be implemented by 1) Recognizing the objectives of mathematics learning, 2) Selecting appropriate demonstration media, 3) Planning learning activities and implementing them in learning, 4) Reflecting and evaluating. The conclusion of this research is that demonstration media has many benefits and there are 4 steps in using game implementation that can be applied to optimize mathematics learning in elementary schools.
Keywords—mathematics learning, elementary school, display media

Keywords


mathematics learning, elementary school, display media

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik, 6(1), 80-81. http://dx.doi.org/10.24952/paedagogik.v6i01.166

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37. https://dx.doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2). 79-89. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177

Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2020). Model pembelajaran inovatif untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Sleman : Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Asmaningrum, H. P. (2017). Efektivitas penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar kimia dan fisika pada siswa kelas IX SMP Satu Atap Wasur Merauke. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(2), 69-77. https://dx.doi.org/10.20527/quantum.v8i2.4015

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hasan, H. (2015). Kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. PESONA DASAR: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 1(2). 40-51. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7524/6192

Hidayat, M. A., & Rahmi, S. (2022). Teknik belajar matematika yang menyenangkan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 20-25. https://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1464

Ismail, M. I., dkk. (2018). Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Makassar : Cendekia Publisher

Kharisma, A. I. (2020). Pengaruh penggunaan alat peraga Gatotkaca Terbang terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.828

Kleden, M. A., Atti, A., & Lobo, M. (2021). Pembuatan Dan Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10-19. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/5916

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114. https://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07

Musa, L. (2018). Alat peraga matematika. Makassar : Aksara Timur.

Mustadi, A., dkk. (2018). Landasan pendidikan sekolah dasar. Yogyakarta : UNY Press.

Mustapa, M. (2024). Kelas matematika seru dengan model pembelajaran CRH, RME dan TAI. Indramayu : CV. Adanu Abimata.

Nasaruddin, N. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21-30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nasution, M. (2014). Konsep standar proses dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(1), 120-138. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249

Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilestari, A., & Husen, W. R. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Tasikmalaya : EDU PUBLISHER.

Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., Mardiawati, M., Kmurawak, R. M., Supriatna, A., Dharmayanti, P. A., Mesalina, J., & Judijanto, L. (2024). Teknologi media pembelajaran (penerapan teknologi media pembelajaran di era digital). Bantul : PT. Green Pustaka Indonesia.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449-459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735-1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Suliani, M. (2020). Persepsi siswa terhadap penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 92-100. http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 248-262. https://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.107

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305. https://dx.doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Trianingsih, R. (2016). Pengantar praktik mendidik anak usia sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197-211. https://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Umbara, U. (2017). Psikologi pembelajaran matematika (melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan tinjauan psikologi). Sleman : Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wahyuningsih, B. Y. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga sederhana untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. ISLAMIKA, 2(1), 84-96. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.647

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2). 286-295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.