Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Ande-Ande Lumut Mahasiswa Semester 2

Novia Adinda Aji Ramadhani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Membaca adalah keterampilan yang dimiliki dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan membaca dongeng yang berjudul Ande Ande Lumut pada mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro semester 2. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, subjek penelitian ini adalah mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro semester 2, penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2024, data diperoleh dengan melakukan tes membaca dongeng Ande Ande Lumut, pada pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, instrument pengumpulan data yang digunakan sebagai pedoman penilaian keterampilan membaca dongeng yang diadopsi dari teori Dalman dalam Subur (2022), analisis data pada penelitian ini menggunakan teori dari Milles dan Hubberman, serta penelitian ini divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Pedoman penilaian yang digunakan dalam menganalisis keterampilan membaca dongeng Ande Ande Lumut pada mahasiswa semester 2 yakni: 1) pengucapan dan pelafalan yang keras dan tepat, 2) menggunakan intonasi yang tepat dan variative, 3) membaca dengan suara jelas, 4) membaca dengan ekspresif. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat empat aspek pedoman penilaian yang digunakan dalam menganalisis keterampilan membaca dongeng Ande Ande Lumut mahasiswa semester 2.
Kata kunci—membaca, dongeng, mahasiswa

abstract— Reading is a skill that is owned and related to science. This study aims to analyze the reading skills of fairy tales entitled Ande Ande Lumut in 2nd semester students of IKIP PGRI Bojonegoro. This type of research is qualitative, the subject of this research is the 2nd semester students of IKIP PGRI Bojonegoro, this research was conducted in the 2nd semester of the 2024 academic year, the data was obtained by conducting a test on reading fairy tales Ande Ande Lumut, in data collection using test techniques and unstructured interviews, data collection instruments used as fairy tale reading skills assessment guidelines adopted from Dalman's theory in Subur (2022), data analysis in this study using the theory of Milles and Hubberman, and this study was validated using triangulation techniques. The assessment guidelines used in analyzing the reading skills of Ande Ande Lumut fairy tales in 2nd semester students are: 1) pronunciation and pronunciation that is loud and precise, 2) using the right and varied intonation, 3) reading with a clear voice, 4) reading with expressiveness. The conclusion of this study is that there are four aspects of assessment guidelines used in analyzing the reading skills of Ande Ande Lumut fairy tales of 2nd semester students.
Keywords—reading, storytelling, college students

Keywords


reading, storytelling, college students

Full Text:

PDF

References


Adityasari, A. (2013). Main matematika yuk!. Jakarta: PT gramedia pustaka utama.

Ajat, A., Ruyanah, R., Widayanti, R., & Komara, I. N. (2024). Pengembangan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui membaca nyaring buku berbasis nilai agama dan moral di TKIT Permata Bunda Merauke. Syntax idea, 6(2), 556-567. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i2.2965.

Amalia, U. (2021). Mandiri belajar tematik SD/MI kelas 3 semester 1. Jakarta: Bmedia.

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan penggunaan media kartu huruf dengan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. KINDERGARTEN: journal of islamic early childhood education, 4(1), 73-81. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958.

Astuti, D. S. (2016). Hubungan penguasaan kosakata dan minat dengan keterampilan membaca. Jurnal pendidikan bahasa, 5(2), 173-187. https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i2.323.

Aulia, N. A. N., & Wicaksono, M. F. (2021). Revitalisasi dongeng dalam membumikan minat baca anak-anak di kampung dongeng Blitar. Shaut Al-Maktabah: jurnal perpustakaan, arsip dan dokumentasi, 13(2), 157-176. https://doi.org/10.37108/shaut.v13i2.493.

Bua, M. T., & Mangiri, J. (2023). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa di masa pandemi. Jurnal elementaria edukasia, 6(2), 529-540. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5260.

Burhanudin, A. A. (2019). Kontribusi mahasiswa dalam upaya pencegahan korupsi. El-Faqih: jurnal pemikiran dan hukum islam. 5 (1). 78-95. https://doi.org/10.35799/ijidsv2i1.

Cahyadi, H. (2017). Paideia: mendidik negarawan menurut platon. Yogyakarta: PT kanisius.

Darmadi, D. (2018). Membaca yuk strategi menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini. Bogor: Guepedia.

Elis, R. (2022). Dahsyatnya dongeng. Yogyakarta: Cahaya harapan.

Fatonah, N. (2022). Peran orangtua dalam literasi anak. Garut: Cahaya smart nusantara.

Fitriani, W. (2019). Dongeng dapat membentuk karakter anak menuju Budi pekerti yang luhur. Jurnal review pendidikan dan pengajaran (JRPP), 2(1), 178-183. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.270.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan dinamika dunia kampus. Bandung: CV. Rasi terbit.

Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242. .https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73.

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi peran mahasiswa sebagai agent of change melalui karya tulis ilmiah. Dimasejati: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 4(2), 175-184. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i2.12036.

Hasanudin, C. & Asror, A. G. (2017). Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI se-Kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal pendidikan, 6(2), 150-159. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.907.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618.

Herminingrum, S., & Sahiruddin, S. (2020). Pengembangan budaya baca anak anak usia dini. Malang: Media nusa creative.

Jun, K. (2017). Jurus jitu mahir mendongeng. Bantul: Hikam pustaka.

Jurahman, Y. D. (2022). Implementasi mendongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk penanaman karakter anak sekolah dasar. Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 12(2), 161-167. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p161-167.

Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di SMK PGRI 3 Bogor. SINKRON: jurnal pengabdian masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82-92. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. EduMa: mathematics education learning and teaching‏‏‎, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8.

Listyowati, T. (2017). Pengembangan speaking skills melalui mendongeng dengan pemodelan dalam VCD. Malang: Media nusa creative.

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal dinamika pendidikan, 11(3), 210-228. https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892.

Nugrohoadhi, A. (2022). Kepustakaan dalam ragam aktivitas pustakawan: kumpulan tulisan apa itu, dan apa saja tentang jagad kepustakawanan. Magelang: Pustaka rumah cinta.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gadjah mada university press.

Patiung, D. 2016. Membaca sepengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gadjah mada bagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: jurnal hukum pidana dan ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.

Palupi, A. T., Sismulyasih, N., Farikah, F. N., & Wasilah, Z. (2023). Metode dan media inovatif. Semarang: Penerbit cahya ghani recovery.

Purwati, P. D., Wijaya, L. K. L., Zahra, F. F., Fatimatuzzahro, F., Sasqia, L. A. C., Ananta, P. P., Agustin, R. S., Fasza, D. F., Ramadhani, D., S.R. Nurmala, D., adibah, Y., Amalia, F. F., & Adaninggar, P. (2023). Bunga rampai inovasi keterampilan Bahasa dalam kurikulum merdeka. Semarang: Cahya ghani recovery.

Puspitasari, W. (2019). Pintar bercerita. Surakarta: Kekata publisher.

Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk karakter anak melalui habituasi dongeng pada pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ilmiah bahasa dan sastra, 8(2), 68-77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259.

Rahmawati, R. D., & Liana, I. (2021). Pengembangan kamus saku Arab-Indonesia untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas VIII di Pesantren Roudhotul Qur’an An-Noer. DINAMIKA: jurnal kajian pendidikan dan keislaman, 6(1), 41-54. https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1273.

Rahim, A. R. (2022). Meningkatkan kecerdasan anak melalui keterampilan mendongeng. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), 90-102. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i1.202.

Restiyani, A. (2017). Dongeng profesi. Jakarta: Wahyumedia.

Romadona, A., Wida, R., & Molli, W (2023). Analisis kemampuan membaca awal pada siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 10 Tanjung Kedabu. Pendas jurnal ilmiah pendidikan dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7280.

Rubiyanto, R. (2019). Katalog dalam terbitan perpustakaan nasional Republik Indonesia peran akademi di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 dalam mengembangkan ipteks. Semarang: C.V. harian harian jateng network.

Sasono, A. (2021). Buku pendamping siswa cerdas modul Bahasa Indonesia kelas III. Jakarta: PT bumi aksara.

Sasono, A. (2021). Buku pendamping siswa cerdas modul Bahasa Indonesia SD/MI kelas IV. Jakarta: PT bumi aksara.

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran mahasiswa kampus mengajar 2 sebagai “agent of change dan social control”. Dinamisia: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 5(6), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592.

Setyawati, C. K. (2011). Pengembangan pembelajaran keterampilan membaca melalui penerapan teknik tari bambu. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 15(02). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5513.

Subur, S., Mufliha, M., Kurniawan, H., & Ali, M. (2022). Pengembangan pemahaman nilai sosial anak usia dini melalui membaca nyaring buku dongeng Toki si Kelinci Bertopi karya Tere Liye. KINDERGARTEN: journal of islamic early childhood education, 5(1), 81-89. http://dx.doi.org/10.24014/kjicce.v5.1.13914.

Sukasih, S. (2022). Teori dan apresiasi sastra di sekolah dasar. Gorontalo: Ideas publishing.

Sukenti, D., Tinambunan, J., & Mukhlis, M. (2021). Studi fenomenologi: penilaian membaca dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah atas pekanbaru. GERAM: gerakan aktif menulis, 9(2), 117-128. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7754.

Sulastriana, E. (2017). Sikap bahasa dan pemilihan bahasa mahasiswa urban di ikip pgri pontianak. Jurnal pendidikan bahasa, 6(2), 258-270. https://doi.org/10.31571/bahasa.v4i1.40.

Suryani, A. I., Melindawati, S., & Hendriani, M. (2020). Analisis validitas intrumen penerapan strategi PACER terhadap keterampilan membaca skimming mahasiswa PGSD STKIP Adzkia. Jurnal DIDIKA: wahana ilmiah pendidikan dasar, 6(2), 146-154. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2695.

Sutardi, T. (2007). Antropologi: mengungkap keragaman budaya untuk kelas XI sekolah menengah atas/ mafrasah Aliyah program bahasa. Bandung: PT setia purna inves.

Syofiani, S. (2020). Budaya literasi melalui teks dongeng sebagai upaya meningkatkan karakter siswa SD Islam Khaira Ummah. Jurnal cerdas proklamator, 8(2), 110-117. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.64.

Tarsinih, E., & Juidah, I. (2021). Kemampuan public speaking mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Wiralodra di masa pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta pembelajarannya, 5(2), 375-387. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6198.

Yahzunka, A, N. & Astuti, S. (2022). Pengaruh penggunaan media pop up book berbasis literasi digital terhadap kemampuan membaca dongeng siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.