Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash

Fatimatus Zahro, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Matematika adalah ilmu yang mengkaji struktur, hubungan, dan pola, yang penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis pada peserta didik. Pembelajaran matematika menawarkan berbagai manfaat, termasuk peningkatan pola pikir sistematis dan kemampuan penyelesaian masalah. Media pembelajaran berfungsi sebagai alat yang mempermudah proses belajar mengajar, dan terdiri dari berbagai jenis seperti audio, visual, dan interaktif. Salah satu alat populer adalah Macromedia Flash, yang digunakan untuk membuat animasi dan grafik interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dengan data sekunder yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Validasi penelitian dilakukan melalui triangulasi sumber data untuk memastikan keakuratan dan relevansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash dapat membantu siswa memahami konsep-konsep matematika yang kompleks dengan lebih mudah melalui visualisasi interaktif. Implementasi media ini memerlukan perencanaan tujuan pembelajaran, desain konten yang relevan, pengembangan media, uji coba, pelatihan untuk guru, integrasi dalam kurikulum, serta dukungan teknis dan pemeliharaan yang memadai.

Kata kunci— matematika, media belajar, macrimedia flash

 

 

 

abstract— Mathematics is a science that studies structures, relationships, and patterns, which are crucial for developing logical, critical, and systematic thinking skills in students. Learning mathematics offers various benefits, including the enhancement of systematic thinking and problem-solving abilities. Educational media serve as tools that facilitate the teaching and learning process and consist of various types such as audio, visual, and interactive media. One popular tool is Macromedia Flash, which is used to create animations and interactive graphics. This study employs the Systematic Literature Review (SLR) method, with secondary data collected from various sources. Research validation is carried out through data source triangulation to ensure accuracy and relevance. The results show that mathematics learning media based on Macromedia Flash can help students understand complex mathematical concepts more easily through interactive visualization. Implementing this media requires planning learning objectives, designing relevant content, developing media, conducting trials, training teachers, integrating it into the curriculum, and providing adequate technical support and maintenance.

Keywords— mathematics, educational media, macromedia flash

 

 


Keywords


mathematics, educational media, macromedia flash

Full Text:

PDF

References


Hidayat, M., A., & Rahmi, S. (2022). Teknik belajar matematika yang menyenangkan bagi siswa sekolah menengah atas (SMA). Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 20-25. http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1464 .

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 131-143. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/232.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan , 2(2), 184-192. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917.

Ibrahim, M. A., Fauzan, M., Lutfti Y., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-113. https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/5287.

Karo, IR, Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91-96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91-96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Komariyah, S., Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal penelitian pendidikan dan pengajaran matematika, 4(2). 56 – 60. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/523.

Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5, 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339 .

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 1(2), 95-105. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2101944.

Munson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akutansi Indonesia , 8 (2), 1-10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949 .

Nugroho, A. (2015). Pemrograman multimedia dengan flash. Gramedia.

Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran: Pengertian media pembelajaran, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran, dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran.CV Jejak (Jejak Publisher)

Nurrita, T. (2018) . Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat 3 (1), 171-187. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=media+pembelajaran&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1716269161313&u=%23p%3DLodVfbjmhUsJ .

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1), 19-35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706 .

Ompusunggu, V., D., K. (2022). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di SMP Negeri 1 Paranginan. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum), 5, 1-8. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/view/129.

Putra, A. (2018). Desain dan pengembangan aplikasi interaktif dengan flash. Andi..

Santoso, R. (2017). Animasi dan multimedia interaktif dengan flash. Informatika.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 1906-1012. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1883

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. Journal of mathematics education and science, 2(1). 58 – 67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117 .

Sriantini, A., & Kristiawan, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika bisnis berbasis macromedia flash. Didaktik Matematika: Jurnal Pendidikan Matematika , 8 (2), 152-162. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1816.

Suhartawan, B., Daawia, D., Prastawa, S., Reba. Y. A., Abdullah, G., Arifin, A., Sirjon, S., Purnama, Z. R., dan Veronika, P. (2024). Konsep dasar media pembelajaran. CV Rey Media Grafika.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan sains, 2(2), 180-191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/890 .

Wulandari, A., Salsabila, A., Cahyani, K., Nurazizah, T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Jurnal Pendidikan , 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.